10 Peluang Kerja Lulusan Pelayaran Lengkap dengan Kisaran Gajinya

20-08-2022

Sebagian orang mungkin masih asing dengan jurusan pelayaran. Padahal saat ini sudah banyak sekolah khusus dengan berbagai jurusan yang berhubungan dengan pelayaran dan kelautan.

Selain menarik, jurusan pelayaran juga memiliki peluang atau prospek kerja yang meluas. Salah satunya menjadi nahkoda.

Lantas, apa saja sih pekerjaan yang menjanjikan untuk jurusan ini? Berikut beberapa peluang kerja lulusan pelayaran beserta kisaran gajinya.

1. Nahkoda

Peluang kerja yang pertama adalah nahkoda. Untuk menjadi seorang nahkoda, kamu harus memiliki ilmu atau keahlian nautika.

Selain ilmu untuk mengemudikan kapal, kamu juga akan belajar menjadi perwira jaga untuk navigasi laut.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 6.500.000 per jam.

2. Perusahaan Pelayaran

Peluang kerja yang kedua adalah bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran, baik negeri maupun swasta. Ada banyak posisi yang dapat Kamu tempati di perusahaan seperti ini.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 3.000.000 per bulan.

3. Pelabuhan Dan Galangan Kapal

Peluang kerja yang ketiga adalah bekerja di pelabuhan dan galangan kapal. Dibandingkan dengan staff industri lain, menjadi staff dalam bidang ini memiliki gaji yang cukup besar.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 4.000.000 per bulan.

4. Industri Perikanan

Peluang kerja yang keempat adalah bekerja di industri perikanan. Ada banyak pekerjaan yang dapat menjadi prospek kerja kamu pada industri, terlebih jika kamu memahami ilmu seputar kelautan.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 15.000.000 per bulan.

5. Pembuat Hukum Regulasi Dan Transportasi

Peluang kerja yang kelima adalah pembuat hukum regulasi dan transportasi. Di bawah Kementrian Perhubungan dan Dinas Perhubungan, lulusan pelayaran dibutuhkan untuk membuat berbagai hukum serta regulasi mengenai transportasi laut.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 2.500.000-Rp.33.000.000 per bulan.

6. Pegawai Kementerian Kelautan Dan Perikanan

Peluang kerja yang keenam adalah menjadi pegawai kementerian kelautan dan perikanan. Buat Kamu lulusan pelayaran yang berkeinginan bekerja di instansi pemerintahan pekerjaan ini merupakan pilihan yang tepat.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 2.500.000-Rp.33.000.000 per bulan.

7. Perusahaan Minyak Dan Gas Bumi

Peluang kerja yang ketujuh adalah bekerja di perusahaan minyak dan gas bumi. Pekerjaan sebagai karyawan di perusahaan minyak dan gas bumi ini akan membuat kamu bekerja di wilayah lepas pantai. Perusahaan ini juga dikenal banyak orang sebagai salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup menggiurkan.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 27. 000.000 per bulan.

8. Industri Manufaktur

Peluang kerja yang kedelapan adalah bekerja di industri manufaktur. Lulusan pelayaran sangat dibutuhkan pada industri manufaktur, terutama untuk bagian-bagian pekerjaan yang berkaitan dengan proses pengiriman yang harus melalui jalur laut.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 9. 000.000 per bulan.

9. Tenaga Pengajar

Peluang kerja yang kedelapan adalah kesembilan adalah menjadi pengajar. Saat ini semakin banyak berdiri sekolah pelayaran di Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut tentu membutuhkan tenaga-tenaga pengajar dengan bidang yang sesuai. Maka dari itu, kamu dapat menjadi seorang guru atau dosen.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 5. 000.000 per bulan.

10. Wiraswasta

Peluang kerja yang kesembilan adalah wiraswasta. Dengan ilmu yang kamu mililiki, Kamu bisa menjadi pengusaha dalam bidang yang berhubungan dengan perkapalan atau transportasi laut.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatlam gaji sekitar Rp 4. 000.000 per bulan.

Itulah beberapa peluang kerja lulusan pelayaran yang dapat kamu jadikan referensi sebelum mengambil jurusan ini. Semoga bermanfaat.