5 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Kalimantan

06-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Siapa sih yang tidak kenal dengan pulau Kalimantan? Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia.

Selain menjadi salah satu pulau terbesar, Kalimantan juga memiliki kualitas pendidikan yang tidak diragukan lagi.

Menjadi mahasiswa resmi dari Universitas negeri di Kalimantan adalah impian setiap orang yang ingin menempuh pendidikan tinggi. Apalagi jika PTN tersebut masuk ke dalam deretan universitas terbaik di Indonesia.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan daftar Universitas negeri terbaik di Kalimantan, kami akan mengatasi rasa penasaran kamu dengan membaca penjelasan kami di bawah ini!

1. Universitas Tanjungpura

Universitas terbaik pertama adalah Universitas Tanjungpura. Universitas Tanjungpura merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Pontianak, Kalimantan Barat.

Universitas yang berdiri sejak tahun 1959 ini awalnya bernama Universitas Daya Nasional, Untan. Namun, mengalami berbagai perubahan hingga akhirnya menggunakan nama Universitas Tanjungpura.

Universitas ini populer karena bangunan ikonik, lengkap dengan Tugu Digulis. Berawal dari dua fakultas, yaitu Hukum dan Tata Niaga, lembaga ini akhirnya berhasil membangun hingga 9 fakultas serta 96 program studi.

2. Universitas Lambung Mangkurat

Universitas terbaik kedua adalah Universitas Lambung Mangkurat. Universitas Lambung Mangkurat atau ULM merupakan perguruan tinggi negeri atau PTN di Banjarbaru, Kalimantan yang masuk ke dalam deretan Universitas negeri di Kalimantan dengan kualitas terbaik. PTN ini juga dikenal sebagai perguruan tinggi tertua di pulau Kalimantan. 

Berdiri sejak 1958, lembaga perguruan tinggi ini baru menyandang status sebagai PTN tahun 1960. Nama universitas tersebut berasal dari Kerajaan Negara Dipa, tepatnya seorang patih bernama Lambung Mangkurat.

Motto dari PTN ini adalah Waja Sampai Kaputing dengan nama julukan Universitas Perjuangan.

3. Universitas Mulawarman

Universitas terbaik ketiga adalah Universitas Mulawarman. Universitas yang berada di Kalimantan Timur ini menjadi perguruan tinggi tertua, berdiri sejak tahun 1962.

Lembaga perguruan tinggi negeri ini menjadi satu-satunya PTN di Samarinda, Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman berasal dari nama seorang Raja Kerajaan Kutai, yakni Mulawarman Nala Dewa yang memimpin pada abad 4.

Menurut data Webometrics tahun 2021, PTN ini berhasil menduduki ranking ke-51 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Sedangkan menurut Kemenristekdikti, lembaga perguruan tinggi ini berada pada peringkat ke-88.

4. Universitas Palangka Raya

Universitas terbaik keempat adalah Universitas Palangka Raya. Universitas yang bediri sejak 1963 ini menjadi PTN tertua di Kalimantan Tengah dengan lokasinya yang strategis. Kamu dapat menemukan perguruan tinggi ini di Palangka Raya, ibukota Kalimantan Tengah.

Menurut Webometrics tahun 2021, Universitas Palangka Raya berada pada urutan ke-119 pilihan perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

Selain itu, universitas ini juga mempunyai kesempatan tinggi untuk membuka sumber daya manusia berkualitas, termasuk mempercepat pembangunan Kalimantan Tengah dan pembangunan nasional.

5. Universitas Borneo Tarakan

Universitas terbaik kelima adalah Universitas Borneo Tarakan. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di Tarakan, Kalimantan Utara. Universitas ini berdiri sejak 1999 dan pendirinya adalah Yayasan Pinekindi. Lembaga ini baru beroperasi pada tahun 2001.

Webometrics menyebutkan bahwa universitas ini berada pada urutan ke-742 tahun 2021. Selain itu, terdapat hingga 7 fakultas dan 17 program studi tersedia. Informasi terbaru menyebutkan bahwa UBT berniat membuka fakultas kedokteran dan program studi pascasarjana atau doktor.

Oke sobat, itulah informasi lengkap universitas negeri terbaik di Kalimantan. Semoga bermanfaat.