5 Prospek Karier dan Gaji Lulusan Ilmu Komputer

05-12-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Hai sahabat Bangun Pendidikan, gini nig kabarnya? Apakah kamu tertarik mengambil jurusan ilmu komputer? Jika iya, maka kamu berada di pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Karena jurusan ilmu komputer memiliki prospek karier yang cerah. Terlebih di era bidang teknologi yang semakin berkembang.

Salah satu faktor yang membuat prospek karier ilmu komputer begitu meluas yaitu mulai dari pengembang software hingga programmer. Lantas, apa saja sih prospek kerjanya dan berapa pula gajinya? Penasaran kan? Yaudah, yuk simak ulasan berikut.

Prospek Karier Menjanjikan Lulusan Ilmu Komputer

1. Software Developer

Prospek kerja yang pertama adalah Software Developer atau pengembang perangkat lunak. Profesi ini berhubungan dengan membuat software seperti aplikasi berbasis komputer atau gadget lainnya.

Adapun beberapa hal yang akan dikerjakan oleh Software Developer adalah menyusun bahasa pemrograman, mempersiapkan desain, melakukan riset dan analisis, maintenance, hingga pengujian software.

Profesi ini sangat menjanjikan di masa depan karena hampir segala pekerjaan dalam proses penciptaan software baru akan ditangani oleh seorang software developer. Adapun gajinya yaitu mulai dari Rp8.000.000 per bulan

2. Programmer Freelance

Prospek kerja kedua adalah Programmer Freelance. Pekerjaan ini bisa Kamu tekuni bahkan sejak masih duduk di bangku kuliah. Dengan bekerja freelance, Kamu dapat memiliki portofolio kerja sekaligus memiliki pengalaman untuk memasuki dunia profesional.

Profesi ini berkaitan dengan pembuatan website, program komputer dan lain-lain. Adapun gajinya yaitu mulai dari Rp6.000.000 per bulan.

3. Teknisi Jaringan

Prospek kerja ketiga adalah Teknisi Jaringan. Seperti yang kita tahu, tiap perusahaan kini telah memanfaatkan jaringan wifi untuk bekerja. Karena itu, hampir setiap perusahaan membutuhkan teknisi jaringan untuk membenahi masalah jaringan yang mungkin muncul.

Adapun gaji yang akan didapatkan jika bekerja sebagai Teknisi Jaringan mulai dari Rp3.000.000 sampai dengan Rp8.000.000 per bulan.

4. Konsultan IT

Prospek kerja keempat adalah Konsultan IT. Sebagai konsultan, Kamu perlu memiliki hampir semua pengetahuan tentang dunia IT. Jika Kamu memilih profesi ini, kamu akan bertugas untuk memberikan rekomendasi mengenai sistem aplikasi kepada klien, misalnya perusahaan ataupun perorangan.

Gaji dari profesi ini bisa terbilang tinggi, yaitu mulai dari Rp6.000.000 hingga mencapai Rp11.000.000 per bulan.

5. Computer and Network Engineer

Prospek kerja kelima adalah Computer and Network Engineer. Profesi ini mungkin masih asing di telinga. Namun, di era dunia digital yang semakin berkembang berbagai jenis bisnis digital.

Dengan kemampuan yang dimiliki, lulusan ilmu komputer bisa menjadi seorang digital entrepreneur profesional. Tugasnya antara lain menganalisis data hingga strategi pemasaran dan menganalisis database bisnis yang dijalankan, guna mendapat suatu keputusan yang bisa dipakai dalam proses digital marketing.

Adapun gaji yang akan diterima bila bekerja sebagai Computer and Network Engineer Rp7.000.000 hingga mencapai Rp10.000.000 per bulan.

Nah sahabat Bangun Pendidikan, itulah seputar prospek karier untuk lulusan ilmu komputer beserta gajinya. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengambil jurusan ilmu komputer?