6 Daftar Universitas Terbaik dengan Jurusan Jurnalistik di Indonesia

08-06-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Jurnalis kini telah menjadi salah satu profesi yang paling digemari. Maka dari itu, tak heran jika sekarang ini jurusan tersebut banyak peminatnya. Terlebih, banyak kampus terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan Jurnalistik.

Lulusan Jurnalistik nantinya dapat menjadi  penyiar berita, pembawa acara, pengarah acara di televisi, jurnalis lapangan, editor, fotografer, hingga menjadi produser sebuah film maupun acara televisi.

Bagaimana apakah kamu tertarik dengan jurusan Junalistik? Jika iya, ini dia informasi seputar Universitas jurusan Jurnalistik terbaik di Indonesia.

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Jurusan Jurnalistik di Undip masuk ke dalam Program studi Ilmu Komunikasi yang masih menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Disini, kamu akan diajari bagaimana cara menghimpun, mengolah, menyajikan data hingga menyampaikan informasi secara luas melalui berbagai pilihan media massa.

Fakultas ini terbagi menjadi dua konsentrasi, yakni jurusan Public Relations dan Marketing serta konsentrasi Jurnalistik.

Untuk kualitas pendidikan, kamu tak perlu khawatir karena Program studi Ilmu Komunikasi Undip sudah mendapatkan Akreditasi khawatir karena Program studi Ilmu Komunikasi Undip sudah mendapatkan Akreditasi A dan BAN-PT. 

2. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Jurnalistik di UI sama seperti Undip yang masuk ke dalam ranah program studi Ilmu Komunikasi.

Menyandang akreditas A dari BAN-PT, Universitas Indonesia telah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal untuk para mahasiswanya.

Nah, untuk kamu yang tertarik mengambil jurusan Jurnalistik di UI nantinya tidak akan dibebani dengan uang gedung dan biaya kuliah karena akan disesuaikan dengan pendapatan wali masing-masing.

Sebagai info tambahan, kamu bisa mengambil peminatan Jurnalistik pada jurusan Ilmu Komunikasi melalui beragam jalur seleksi mahasiswa baru di Universitas Indonesia, seperti SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI-Paralel, Talent Scouting, dan SIMAK UI.

3. Universitas Esa Unggul (UEU)

Jurusan Jurnalistik di Universitas Esa Unggul masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komunikasi. Di Universitas ini kamu akan dibina menjadi seorang jurnalis yang handal.

Disini setiap mahasiswa akan diajari cara menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa melalui pengumpulan, penulisan, penafsiran, dan metode lainnya hingga dipublikasikan di media massa.

4. Universitas Airlangga (Unair)

Jurusan Jurnalistik di Universitas Airlangga berada dibawah Program studi Ilmu Komunikasi yang masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lebih tepatnya, jurusan Jurnalistik menjadi bagian dari peminatan Studi Media (Media Studies).

Selain akan mendapatkan wawasan seputar dunia jurnalistik, disini kamu akan mempelajari seputar media semisal televisi, radio, film dan advertising.

5. Universitas Padjajaran (Unpad)

Jurusan Jurnalistik Unpad ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komunikasi dimana telah menyandang akreditasi A dari BAN-PT.

Berbicara tentang mata kuliah, menjadi seorang mahasiswa Jurnalistik di Unpad mengharuskan kamu untuk mempelajari Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial, Komunikasi Lintas Budaya, Metode Penelitian Komunikasi, Kapita Selekta Jurnalistik, Teknik Reportase, Jurnalisme Televisi, In Depth Reporting, maupun Penulisan Berita Elektronik.

6. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Jurusan Jurnalistik di UMN berfokus pada pemanfaatan teknologi baru  untuk mempelajari bentuk-bentuk baru dari jurnalistik.

Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran juga ditunjang dengan teknologi yang memadai. Beberapa mata kuliah juga disesuaikan dengan kebutuhan industri serta perkembangan teknologi yang ada, seperti mata kuliah mobile and social media journalism yang memanfaatkan penggunaan gawai dalam memproduksi dan menyebarkan produk jurnalistik melalui  media sosial.

Mahasiswa program studi jurnalistik di UMN akan mempelajari segala bentuk jurnalisme (baik dalam bentuk tulisan, audio, visual maupun audio visual) mulai dari proses perencanaan, produksi, penyebaran/publikasi, hingga pemantauan konten di media sosial.

Nah, itulah seputar informasi terkait Universitas terbaik dengan jurusan Jurnalistik yang ada di Indonesia. Jangan bingung lagi yah!