8 Arah Mata Angin Lengkap dengan Derajatnya

Bangun Pendidikan - DUNIA (30-11-2023)

8 Arah Mata Angin (Pinterst/frewaremini)

Tahukah kamu betapa pentingnya kemampuan membaca arah mata angin bagi para petualang dan pelancong? Skill ini tidak hanya bermanfaat untuk navigasi di laut, tetapi juga sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari di darat.

Secara umum, terdapat empat arah mata angin klasik, yakni Utara, Selatan, Barat, dan Timur. Namun, terdapat arah lainnya yang tak kalah penting untuk dipahami, yakni Barat Laut, Barat Daya, Timur Laut, dan Tenggara.

8 Arah mata angin ini menjadi satu kesatuan sebagai penunjuk arah yang akan membantu kita saat pergi berpetualang.

Dengan demikian, kamu bisa lebih percaya diri dalam melakukan perjalanan ke mana pun. Baik itu menjelajahi hutan belantara, menaklukkan gurun pasir, atau menjelajahi kota-kota baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Untuk itu, simak penjelasan tentang 8 arah mata angin lengkap dengan derajatnya dalam ulasan berikut ini.

1. Utara (0 atau 360 derajat)

Utara adalah titik referensi paling utama dalam sistem koordinat dan peta. Posisi ini memiliki nilai nol derajat dan menjadi panduan kardinal yang fundamental dalam navigasi dan penentuan lokasi.

Sebagai titik awal dari 8 arah mata angin, utara memberikan fondasi untuk pemahaman arah yang akurat.

Selain itu, kehadiran utara memberikan pedoman vital bagi para pelaut dan penjelajah daratan untuk menentukan posisi dan merencanakan jalur perjalanan dengan tepat.

2. Timur (90 derajat)

Timur adalah 1 dari 8 arah mata angin yang berada pada 90 derajat. Arah mata angin ini menunjukkan arah matahari terbit.

Keberartian timur dalam orientasi geografis sangat penting, terutama dalam sejarah penemuan wilayah baru dan eksplorasi.

Arah ini menjadi panduan yang tak ternilai untuk menavigasi perairan dan daratan, dengan matahari sebagai pemandu alami.

3. Selatan (180 derajat)

Selatan merupakan mata angin yang mengarah ke Kutub Selatan pada 180 derajat. Tak hanya menciptakan kontrast geografis dengan utara, Selatan juga dianggap sebagai arah yang hangat dan penuh kehidupan.

Dalam konteks navigasi, selatan memiliki peran penting dalam menentukan letak dan arah, terutama di belahan bumi selatan.

4. Barat (270 derajat)

Barat adalah mata angin yang mengarah ke matahari terbenam dan terletak pada 270 derajat. Sama seperti timur, arah mata angin barat telah menjadi petunjuk penting dalam sejarah manusia, terutama dalam eksplorasi dan navigasi di daratan dan laut.

Keberadaan arah mata angin Barat memberikan dasar bagi manusia untuk menentukan arah kembali ke rumah atau pelabuhan setelah perjalanan yang panjang.

5. Timur Laut (45 derajat)

Timur Laut merupakan kombinasi antara Timur (90 derajat) dan Utara (0 atau 360 derajat), relevan terutama dalam navigasi laut.

Arah mata angin ini memberikan petunjuk untuk perjalanan ke arah Timur dan Utara secara bersamaan, menjadi kunci untuk menemukan jalur laut yang efisien dan aman.

6. Tenggara (135 derajat)

Hampir sama dengan Timur Laut yang menjadi kombinasi antar dua mata angin, Tenggara juga menjadi kombinasi antara Timur dan Selatan pada sudut 135 derajat.

Arah mata angin ini menjadi arah yang berguna dalam navigasi daratan dan perjalanan ke arah timur dan selatan secara bersamaan.

Keberadaan tenggara tidak hanya memberikan petunjuk tentang kondisi cuaca dan lingkungan, tetapi juga memengaruhi keputusan manusia dalam memilih jalur perjalanan yang paling tepat.

7. Barat Daya (225 derajat)

Barat daya adalah gabungan arah Barat dan Selatan yang berada pada 225 derajat. Dalam konteks navigasi, baik di laut maupun daratan, arah ini terkait dengan perubahan cuaca dan musim.

Oleh karena itu, pemahaman yang baik terhadap Barat Daya menjadi hal penting untuk mengelola perjalanan dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini.

8. Barat Laut (315 derajat)

Nama mata angin terakhir dari 8 arah mata angin yaitu Barat Laut. Arah ini merupakan hasil gabungan arah Barat dan Utara yang terletak pada 315 derajat.

Dalam pelayaran laut, arah ini dianggap menantang dan menjadi penting dalam eksplorasi lautan yang luas.

Pengetahuan terhadap arah Barat Laut memungkinkan pelaut untuk menghadapi arah yang lebih sulit dan mempertimbangkan tantangan navigasi yang mungkin dihadapi.

Demikianlah penjelasan tentang 8 arah mata angin dan derajatnya yang perlu diketahui. Kuasailah cara menentukan arah angin, maka dunia akan terbuka lebar di hadapan Anda.


Tag :