foto: freepik/rawpixel.com

Membaca buku adalah kegiatan yang memberikan pengalaman mendalam dan wawasan baru. Namun, setelah menyelesaikan buku, terkadang kita ingin berbagi pandangan atau merefleksikan pengalaman membaca kita kepada orang lain.

Salah satu cara yang efektif untuk melakukan hal ini adalah dengan membuat resensi buku. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah cara membuat resensi buku, baik untuk buku fiksi maupun non-fiksi.

Apa itu resensi? Mengetahui bagaimana cara membuat resensi buku non fiksi dan fiksi akan membuat pengetahuan tentang resensi kita meningkat. Simak berikut ini!

1. Pahami Jenis Buku

Sebelum memulai menulis resensi, penting untuk memahami jenis buku yang akan kita ulas. Buku dapat dibagi menjadi dua kategori utama: fiksi dan non-fiksi.

Buku fiksi termasuk novel, cerpen, dan puisi, sementara buku non-fiksi mencakup biografi, ensiklopedia, dan buku panduan. Pemahaman ini akan membantu kita menentukan pendekatan yang sesuai.

2. Baca dengan Teliti

Langkah pertama dalam membuat ccontoh resensi buku adalah membaca buku dengan cermat. Perhatikan unsur-unsur kunci seperti plot, karakter, tema, dan gaya penulisan.

Jika itu adalah cara membuat resensi buku non fiksi, perhatikan informasi yang disajikan dan apakah penulis berhasil menyampaikan pesan dengan jelas.

3. Catat Poin-Poin Penting

Selama membaca, catat poin-poin penting yang ingin kita sertakan dalam resensi. Fokus pada elemen-elemen yang memengaruhi pengalaman membaca, seperti konflik dalam buku fiksi atau keakuratan informasi dalam buku non fiksi.

Catatan dan cara membuat resensi buku fiksi dan non fiksi ini akan menjadi dasar untuk menulis resensi dengan lebih terstruktur.

4. Tentukan Struktur Resensi

Setiap resensi memiliki struktur umum yang melibatkan pengantar, ringkasan, analisis, dan kesimpulan. Mulailah dengan pengantar yang menarik perhatian pembaca dan menyajikan informasi dasar tentang buku. Selanjutnya, berikan ringkasan singkat tentang plot atau isi buku.

Kemudian, masukkan analisis mendalam tentang apa yang Anda sukai atau tidak sukai, sertakan kutipan yang relevan, dan bandingkan dengan karya lain jika mungkin. Akhiri resensi dengan kesimpulan yang merangkum pandangan keseluruhan.

5. Gunakan Gaya Bahasa yang Menarik

Ketika menulis cara membuat resensi buku fiksi, pastikan menggunakan gaya bahasa yang menarik dan sesuai dengan audiens yang dituju.

Hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis jika resensi ditujukan untuk pembaca umum. Juga, jangan ragu untuk menyelipkan sedikit keunikan atau gaya pribadi agar resensi tetap menarik.

6. Jujur dan Objektif

Ketika mengekspresikan pendapat dalam resensi, jadilah jujur dan objektif. Jelaskan dengan jelas apa yang Anda sukai atau tidak sukai tentang buku tersebut. Pembaca resensi menghargai pandangan yang transparan, meskipun berbeda dari pendapat mereka sendiri.

7. Edit dan Perbaiki

Setelah menulis resensi novel ataupun buku, luangkan waktu untuk mengedit dan memperbaiki tulisan. Periksa tata bahasa, ejaan, dan pastikan struktur tulisan tetap koheren.

Hal ini membantu meningkatkan kualitas cara membuat resensi buku fiksi ataupun non fiksi dan meninggalkan kesan positif pada pembaca.

Dengan mengikuti cara membuat resensi buku non fiksi dan fiksi di atas, kita dapat membuat resensi buku yang informatif dan menarik.

Ingatlah bahwa resensi bukan hanya tentang menyampaikan pendapat pribadi, tetapi juga memberikan panduan bagi pembaca potensial.

Semoga panduan ini bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan menulis resensi Anda!


Tag :