10 Cara Menghindari Sifat Munafik dalam Islam

Bangun Pendidikan - AGAMA (25-12-2023)

Cara Menghindari Sifat Munafik (Winda:Canva)

Penting bagi para umat muslim untuk memahami bagaimana cara menghindari sifat munafik. 

Sebab, sebenarnya sifat ini lebih berbahaya daripada sifat kafir.

Orang yang tergolong munafik dapat mengaku sebagai muslim tetapi perilaku mereka tidak memiliki keimanan sama sekali. Orang munafik ini mudah dijumpai dalam setiap kehidupan.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, penting untuk menyikapi sikap ini dengan bijak dan berpegang teguh kepada ajaran Al-Qur'an dan Hadist Rasulullah.

Lantas, bagaimana cara menghindari sifat munafik sesuai dengan syariat Islam? Temukan jawaban selengkapnya pada artikel berikut ini, ya!

1. Selalu Rajin Beribadah

Ada kalanya manusia sangat malas beribadah. Padahal sudah jelas, malas untuk menunaikan ibadah adalah sifat orang munafik. Seperti firman Allah SWT dalam Surat An Nisa ayat 142:

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali."

2. Bersyukur

Meski terlihat sederhana, mengucap rasa syukur terhadap nikmat Allah sekecil apapun akan menghindarkan kita dari kekufuran.

Jika tidak, kita akan dihadapkan dengan penyakit hati seperti sombong, amarah, dengki, dan nafsu dunia yang akan mengarahkan pada sifat munafik.

3. Perbanyak Bersedekah

Cara menghindari sifat munafik adalah dengan sedekah. Orang munafik biasanya enggan bersedekah, kecuali jika untuk mengangkat citra dirinya atau semata mata untuk pembentukan imej baik dirinya.

Maka, jika kamu ingin menjauhkan diri dari sifat munafik, perbanyaklah bersedekah, baik sedekah yang nampak maupun yang sembunyi sembunyi.

4. Memperbanyak Dzikir

Orang munafik hatinya lalai dari mengingat Allah sebab terdapat keutamaan dzikir pagi dan petang.

Oleh sebab itu jika kamu mengharapkan terhindar dari sifat nifak, hendaknya memperbanyak berdzikir mengingat Allah, baik di tengah keramaian maupun di kala sendirian.

5. Shalat Tepat Waktu

Salah satu cara menghindari sifat munafik adalah segera melaksanakan shalat jika waktunya telah tiba dan berusaha mendapatkan takbiratul ihram imam shalat jamaah di masjid.

Hal ini mengingat hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang menunaikan shalat berjamaah selama 40 dengan memperoleh takbiratul ihram imam, maka ia akan ditetapkan terbebas dari dua hal, yakni terbebas dari neraka dan terbebas dari kenifakan” (HR At Tirmidzi).

6. Memiliki Akhlak Terpuji

“Ada dua sifat yang tidak akan pernah tergabung dalam hati orang munafik: perilaku luhur dan pemahaman dalam agama”(HR At-Tirmidzi)”

Akhlak yang baik serta pemahaman agama yang mendalam takkan bisa dimiliki oleh orang munafik. Maka tanamkanlah sifat dan akhlak baik yang terpuji.

7. Menepati Janji

Berdusta adalah ciri utama perbuatan dibenci Allah SWT. Oleh sebab itu, umat Muslim sebaiknya sebisa mungkin menepati janji yang telah dibuat.

Kewajiban orang Islam dalam memenuhi janjinya juga tercantum dalam Al-Qur'an Surat An-Nahl ayat 91 yang artinya:

"Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat."

8. Berkata Jujur

Cara menghindari munafik yaitu dengan berbicara jujur. Dalam Islam, kejujuran merupakan salah satu prinsip utama yang ditekankan. Rasulullah Muhammad SAW adalah contoh utama kejujuran dalam kata dan tindakan.

Seseorang yang jujur akan selalu mengungkapkan kebenaran tanpa mengada-ada, berbohong, atau menyembunyikan informasi yang penting. Hal ini menunjukkan integritas dan ketulusan dalam komunikasi.

9. Meningkatkan Keimanan

Individu yang memiliki keimanan yang kuat tidak akan mudah tergoda untuk melakukan perbuatan yang tercela.

Seseorang yang rajin dalam beribadah akan senantiasa diberkahi oleh Allah, yang akan membimbing mereka menuju tindakan yang baik dan menjauhkan mereka dari tindakan yang tidak diridhai oleh Allah Ta'ala.

10. Berdoa kepada Allah SWT

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadist riwayat Al-Hakim nomor 1944 menjelaskan bahwa:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْكُفْرِ ، وَالْفُسُوقِ ، وَالشِّقَاقِ ، وَالنِّفَاقِ ، وَالسُّمْعَةِ ، وَالرِّيَاءِ

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kekufuran, kefasikan, kedurhakaan, kemunafikan, sum'ah, dan riya."

Itulah deretan cara menghindari sifat munafik yang wajib umat muslim pahami.Semoga kita semua bisa menghindari perbuatan tercela ini ya.


Tag :