Contoh Visi Misi OSIS SMP, SMA, SMK Lengkap dengan Program Kerjanya

28-11-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Sama halnya seperti pemiihan umum saat memilih calon wakil rakyat, baik eksekutif maupun legislatif, pemilihan OSIS juga memiliki sistem yang sama, yaitu harus menyiapkan visi misi yang meyakinkan.

OSIS menjadi organisasi yang paling umum kita ketahui karena kegiatannya selalu bersinggung dengan kegiatan yang ada di sekolah.

Secara umum, OSIS dikelola oleh siswa yang terpilih menjadi pengurus di bawah bimbingan guru yang bertugas sebagai pembina. OSIS juga merupakan jantungnya organisasi-organisasi yang ada di sekolah seperti Paskibra, PKS, Pramuka dan lain sebagainya. Tak heran, jika organisasi ini berperan penting dalam peningkatan dan kemajuan suatu sekolah.

Maka dari itu, untuk mencalonkan sebagai anggota OSIS, perlu persyaratan, keyakinan, dan konsistensi yang harus disiapkan. Adapun salah satu persyaratan yang diperlukan adalah visi misi OSIS.

Nah, buat kamu yang sedang mencari referensi mengenai visi misi OSIS, kamu dapat mengikuti ulasan kami di bawah ini!

Contoh Visi Misi OSIS

  • Visi Misi Ketua OSIS

VISI

- Menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan segala potensi yang ada sehingga terbentuk siswa yang cerdas, kreatif, dinamis, berprestasi, dan berakhlak mulia. Kemudian, diharapkan bisa menjaga nama baik sekolah menuju sekolah yang unggul di tingkat nasional.

- Meningkatkan keimanan dan ketakwaan para siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kepedulian siswa terhadap OSIS dan juga sekolah. Kemudian, diharapkan bisa menciptakan generasi muda yang berkualitas, berakhlak mulia, dan amanah.

- Menjadikan OSIS sebagai mitra kerja dalam membangun siswa/siswi yang berbudi pekerti luhur dan berprestasi serta melatih dalam bersosialisasi dan berorganisasi.

- Menjadikan OSIS sebagai organisasi mandiri, cekatan, terampil dan bertakwa yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

- Menjadikan OSIS sebagai sarana penampungan kreativitas, inspirasi, dan aspirasi. Selain itu, saya juga ingin meningkatkan sekolah sebagai wadah yang bermutu, berani tampil beda, jujur, berakhlak mulia, adil, dan disiplin.

MISI:

- Membentuk karakater pengurus yang cerdas dan solid.

- Melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan hubungan positif antarguru dan siswa.

- Menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang kondusif dalam belajar untuk menghasilkan siswa yang berkompetensi dan mandiri.

- Mengaktifkan kelompok belajar dari masing-masing kelas.

- Memaksimalkan peran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan.

- Memajukan kualitas ekskul di sekolah agar banyak diminati siswa dan mampu mengukir prestasi di luar sekolah.

- Mengadakan kerja sama dengan sekolah lain dari sisi akademik, olah raga dan seni.

- Membentuk karakter siswa yang unggul dari SQ. IQ, dan EQ.

- Menjalin kerja sama dengan organisasi internal sekolah lainnya untuk memicu kreativitas siswa.

- Aktif menyerap dan berbagi informasi tentang kondisi dunia pendidikan.

- Menjadi jembatan siswa berprestasi untuk mendapatkan beasiswa.

Nah sobat Bangun Pendidikan, itulah beberapa contoh visi dan misi OSIS yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.