BANGUN PENDIDIKAN – Mengetahui isi dan arti Dasa Dharma Pramuka serta Tri Satya adalah salah satu hal yang penting untuk diketahui setiap anggota kepramukaan. Pramuka (Praja Muda Karana) sendiri adalah sebuah organisasi pendidikan nonformal tentang kepanduan di Indonesia.

Organisasi ini memiliki pedoman serta nilai-nilai moral yang disebut sebagai Dasa Dharma Pramuka. Di samping itu, Pramuka juga memiliki janji yang disebut sebagai Tri Satya.

Meski merupakan sebuah pedoman, namun tidak semua orang anggota pramuka paham mengenai janji ini. Padahal, hal ini merupakan pegangan setiap anggota untuk menjalankan nilai-nilai yang benar dalam berorganisasi.

Untuk memahami setiap pedoman tersebut, di bawah ini kami sudah memberikan artikel arti dari Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka yang wajib dipahami setiap anggota organisasi ini.

Dasa Dharma Pramuka

Dalam Pramuka, arti Dasa Dharma adalah kode kehormatan gerakan Pramuka yang terdiri atas sepuluh butir janji yang wajib diamalkan.

Bunyi Dasa Dharma Pramuka berisi tentang ketentuan moral dan perilaku yang harus diterapkan oleh anggota Pramuka.

Hanya saja, kode kehormatan ini ditujukan kepada anggota Pramuka yang sudah mencapai tingkat Penggalang ke atas. Sementara untuk anggota Pramuka Siaga, kode kehormatannya hanya terdiri atas dua janji yang disebut Dwi Darma.

Dasa Dharma Pramuka 1-10:

1.     Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.     Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3.     Patriot yang sopan dan kesatria

4.     Patuh dan suka bermusyawarah

5.     Rela menolong dan tabah

6.     Rajin, terampil, dan gembira

7.     Hemat, cermat, dan bersahaja

8.     Disiplin, berani, dan setia

9.     Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

10.Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Dasa Dharma Pramuka 1-10 memiliki makna dan perannya masing-masing. Adapun makna isi Dasa Darma Pramuka yakni sebagai berikut:

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Isi Dasa Darma Pramuka yang pertama ini bermakna bahwa setiap anggota Pramuka harus taat dan patuh kepada Tuhan, dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Anggota Pramuka juga diwajibkan untuk memupuk rasa kasih sayang kepada sesama manusia sekaligus menjaga alam dengan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

3. Patriot yang sopan dan kesatria

Sebagai anggota Pramuka, harus menjadi pribadi yang sopan dengan bertingkah laku dan bertutur kata yang baik. Serta berani menjaga persatuan dan kesatuan tanah air.

4. Patuh dan suka bermusyawarah

Menjadi anggota Pramuka, berarti harus senantiasa mematuhi tugas yang diamanahkan. Begitu pula dalam mengambil keputusan, anggota Pramuka wajib bermusyawarah demi mendapatkan kesepakatan bersama.

5. Rela menolong dan tabah

Kode kehormatan ini mewajibkan seluruh anggota Pramuka untuk saling tolong-menolong tanpa membeda-bedakan ras, suku, dan golongan. Dalam menghadapi cobaan, anggota Pramuka juga dituntut tabah.

Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas dan ditempati oleh ribuan suku dengan karakteristik dan keunikan setiap sukunya. Keberagaman itu lah yang membuat kita harus rela tolong menolong demi kebaikan bersama.

6. Rajin, terampil, dan gembira

Menjadi anggota Pramuka, berarti siap menjadi pribadi yang rajin dan tidak bermalas-malasan dalam mengemban tugas maupun di kehidupan sehari-hari. Sehingga keterampilan diri meningkat dan hati selalu riang gembira.

7. Hemat, cermat, dan bersahaja

Anggota Pramuka harus mengutamakan hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan, dengan membiasakan diri berhati-hati dalam memakai uang untuk menghindari perilaku boros.

8. Disiplin, berani, dan setia

Setiap anggota Pramuka juga harus mempunyai sikap disiplin atau taat pada peraturan yang berlaku, serta berani menghadapi segala tantangan dan berpegang teguh pada tuntunan.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Hal ini juga menjadi landasan bagi anggota Pramuka agar berani bertanggung jawab atas perbuatannya, tanpa mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan.

10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Melalui nilai-nilai kehormatan ini, setiap anggota Pramuka juga diminta agar mampu mengendalikan perkataan, perbuatan, dan pikiran, supaya dapat menjadi teladan bagi masyarakat.

Isi Tri Satya

Selain memiliki kode kehormatan, Pramuka juga memiliki janji yang dinamakan dengan Tri Satya. Berikut ini isi dari Tri Satya adalah:

Tri Satya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :

1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia.

2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.

3. Menepati Dasa Dharma.

Adapun Tri Satya tersebut diatas mengandung arti bahwa seorang Pramuka berkewajiban sebagai berikut:

  • Menjalankan kewajiban/Perintah Tuhan, serta menjauhi segala apa yang menjadi larangan-Nya.
  • Kewajiban terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Kewajiban terhadap Pancasila, yaitu dengan cara menghayati dan mengamalkan isinya.
  • Kewajiban terhadap sesama masyarakat.
  • Kewajiban menhayati dan mengamalkan Dasa Dharma.

Manfaat Dasa Dharma Pramuka Di Sekolah Bagi Anak Sekolah:

  • Menjadikan siswa lebih Mandiri
  • Menjadikan siswa yang Berdisiplin dan Bertanggungjawab
  • Belajar untuk lebih dekat dan mencintai alam
  • Belajar Berorganisasi dan Bekerja sama
  • Meningkatkan Kepedulian sosial
  • Meningkatkan Keberanian, Kepemimpinan, dan Ketrampilan

Perbedaan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka

Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka sangat berbeda, dimana bunyi Tri Satya adalah sebuah janji yang diikrarkan oleh para anggota Pramuka. Artinya adalah tiga kesetiaan yang harus di penuhi atau dipatuhi oleh setiap anggota Pramuka.

Sedangkan Dasa Dharma Pramuka adalah sepuluh sikap/nilai yang harus dimiliki oleh seorang Pramuka. Itulah perbedaan antara Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Itulah isi Dasa Dharma dan Tri Satya sekaligus perbedaannya yang wajib dipahami. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa untuk membaca ulasan menarik lainnya seputar pendidikan di artikel kami selanjutnya.


Tag :