BANGUN PENDIDIKAN - Buat kamu kaum wanita yang sangat menyukai permedisan dan anak kecil, kamu bisa memilih jurusan ini. Yup, jurusan yang dengan kaum hawa ini merupakan jurusan yang paling penting dalam menolong sebuah persalinan.

Ingin tahu lebih dalam mengenai jurusan yang satu ini? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Kebidanan?

Jurusan kebidanan merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang menolong sebuah persalinan. Jurusan ini sangat berperan penting dalam membantu dan memimpin persalinan di masa depan.

Selain membantu sebuah proses persalinan, jurusan yang ini juga membantu melakukan edukasi kepada ibu hami dan ibu pasca melahirkan untuk mendapatkan pemulihan secara optimal. Kalau bisa dibilang sih jurusan bidan tak hanya sekadar teori saja. Namun jurusan ini membutuhkan banyak praktek yang dilakukan.

Mata Kuliah Jurusan Kebidanan S1

Adapun beberapa mata pelajaran yang akan kamu temui bila mengambil jurusan kebidanan, yaitu:

1. Anatomi

Perlu Kamu tahu, anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur atau bagian tubuh manusia. Seorang mahasiswa kebidanan akan mendapat mata kuliah ini dengan tujuan untuk bisa mengenal dan memahami struktur tubuh manusia

2. Biokimia

Mata kuliah Kebidanan S1 selanjutnya adalah tentang biokimia. Kamu akan mempelajari beberapa aspek kimia dalam tubuh manusia, seperti enzim, fungsi protein, metabolism, karbohidrat, dan lain sebagainya.

3. Etika Umum

Berikutnya, untuk bisa menjadi seorang bidan profesional, Kamu juga harus belajar mengenai etika umum terkait dengan profesi bidan. Kamu memerlukan mata kuliah ini untuk memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan etika yang berlaku.

4. Fisiologi

Sebagai calon bidan Kamu juga harus mengetahui fungsi sel dan jaringan dalam tubuh manusia. Maka dari itu penting untuk Kamu mempelajari mata kuliah Kebidanan S1 yang satu ini.

5. Konsep dan Pelayanan Kebidanan

Agar nantinya Kamu bisa memberikan pelayanan kesehatan dengan tepat dan baik, Kamu butuh mata kuliah yang satu ini. Nantinya saat Kamu terjun langsung ke lapangan untuk praktek, Kamu tidak akan merasa bingung lagi bagaimana cara memberikan pelayanan kepada pasien.

6. Asuhan Kebidanan

Di mata kuliah ini Kamu akan belajar berbagai hal yang menyangkut kehamilan, tumbuh kembang bayi, persalinan, dan lainnya.

7. Dokumentasi Kebidanan

Kamu akan belajar cara pencatatan dan pelaporan pelayanan kebidanan yang dilakukan oleh seorang bidan dalam mata kuliah ini. Pencatatan yang dilakukan tidak boleh sembarangan, ada beberapa prosedur yang harus diikuti agar pencatatan lebih mudah dipahami.

8. Mikrobiologi

Mikrobiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme atau parasit yang berpotensi mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi.

9. Dasar-dasar Obstetri dan Ginekologi

Bagi Kamu yang belum mengerti apa itu obstetri dan ginekologi, jadi obstetri adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang kehamilan dan persalinan, sedangkan ginekologi mempelajari penyakit pada sistem reproduksi wanita.

10. Pelayanan KB

Mata kuliah Kebidanan S1 yang terakhir adalah Pelayanan KB. Tak hanya belajar mengenai kehamilan dan persalinan, seorang mahasiswa kebidanan juga mempelajari pelayanan KB. Hal ini merupakan salah satu fasilitator dalam urusan ini.

Prospek Kerja Lulusan Kebidanan

Menjadi mahasiswa di jurusan ini, kamu bakal terjun langsung ke beberapa pekerjaan ini:

- Dosen

- Entrepreneur

- Pekerja medis

- Bidan

- Penyuluh kesehatan desa

Nah sobat Bangun Pendidikan, itulah seputar penjelasan mengenai jurusan kebidanan lengkap dengan mata kuliah dan prospek kerjanya. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengambil jurusan ini?


Tag :