Deretan Mata Kuliah yang dipelajari Pada Program Studi Televisi dan Film

19-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Buat kamu yang duduk di bangku SMA/SMK semester akhir mungkin masih kebingungan akan mengambil jurusan apa setelah lulus nanti. Bukan begitu?

Nah, dari pada kebingungan kami akan merekondasi salah satu jurusan yang cocok buat kamu khususnya pecinta film. Jurusan tersebut adalah televisi dan film. Program studi televisi dan film ini fokus mempelajari mengenai perfilm-an, loh.

Jadi buat kamu yang suka dalam perfilm-an sangat cocok mengambil jurusan yang satu ini. Buat kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai jurusan ini berikut seputar penjelasan mengenai televisi dan film, lengkap dengan mata pelajaran yang akan dipelajari.

Apa itu Televisi dan Film?

Program studi Televisi dan Film ini mempelajari teknik-teknik program saiaran pertelevisian dan pembuatan film hingga ketahap penilaian. Pada program studi ini kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari belajar menulis skrip, tata kamera, penyutradaraan, membuat story board, produksi film dan program televisi, editing, hingga mempelajari teori dan sejarah dunia film dan pertelevisian. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif, managemen proyek, dan kemampuan komunikasi dan riset ini juga beberapa keahlian yang akan kalian dapatkan dalam program studi Televisi dan Film.

Kenapa sih, harus Program Studi Televisi dan Film?

Memilih sebuah program studi memanglah tidak mudah, harus banyak pertimbangan di dalamnya. Program studi televisi dan Film ini sangat rekomended untuk kamu yang mempunyai cita-cita berkarir dalam dunia pertelevisian. Sekaligus untuk kamu yang peduli dengan dunia pertelevisian di Indonesia yang meliputi kualitas setiap konten-kontennya.

Apa Saja sih Mata Kuliah yang Ada Dalam Program Studi Televisi dan Film?

1. Fotografi

Dalam mata kuliah ini kalian akan mempelajari teori dan praktek dasar fotografi.

2. Jurnalistik Televisi

Teori dan praktik tentang jurnalistik televisi, pembuatan naskah berita, format berita televisi, dan program berita yang sesuai dengan etika jurnalistik akan kalian dapatkan pada mata kuliah ini.

3. Tata kamera

Pengetahuan teori dan praktik dasar-dasar kamera seperti; Sejarah, SOP, pengetahuan dasar Teknik kamera, dan jobdes; macam-macam piranti kamera beserta fungsinya, serta teknik pengambilan gambar (level, angel, komposisi, size, type, serta movement)

4. Editing

Mata kuliah ini mempelajari pengetahuan teori dan praktik editing; Tahapan editing, proses editing, penyambungan gambar dari sisi teknik dan estetika film.

5. Penyutradaraan

Dasar -dasar penyutradaraan film; tugas dan wewenang, metode penyutradaraan, dan praktek menyutradarai akan dipelajari pada mata kuliah ini mulai dari teori hingga praktiknya.

6. Penulisan skenario

Mata kuliah ini memberi pengetahuan praktis tentang pembuatan dan penulisan skenario film dokumenter yang berkultur.

7. Tata Suara

Disini kalian akan belajar tentang cara pengambilan dan penyuntingan suara yang diperlukan untuk pembuatan karya audio visual; tentang teori bunyi, klasifikasi suara, atmosfir, dan vocal.

8. Metode Penelitian

Metode penelitian ini memberikan pengetahuan teori dan praktik tentang sebuah metodologi penelitian; meliputi pengenalan paradigma, pendekatan, tata cara penelitian, Teknik pengumpulan data, perspektif, Teknik analisis, dan cara penulisan laporan dalam kepentingan membuat dan mengkaji film documenter.

9. Film dokumenter

Pengetahuan teori dan praktik tentang film dokumenter akan kalian pelajari disini, diantaranya meliputi sejarah, jenis-jenis, kaidah-kaidah, hingga metode pembuatan film documenter pendek.

Itulah sederet mata kuliah inti pada program studi Televisi dan Film. Bukan hanya itu, ada beberapa mata kuliah pendukung lainnya yang tak kalah menarik.

Jadi bagi kalian yang menyukai dan berkeinginan untuk berkarir pada dunia pertelevisian dan perfilm-an program studi Televisi dan Film ini sangat cocok, selain itu hal-hak yang dipelajarinya pun tidak kalah menarik dan asik pastinya!