Deretan perguruan Tinggi Tertua di Indonesia

Bangun Pendidikan - BLOG (26-08-2022)

BANGUN PENDIDIKAN - Menempuh pendidikan tinggi merupakan salah satu hal yang sangat penting. Tak heran jika di Indonesia ada puluhan bahkan ratusan perguruan tinggi yang tersedia untuk anak Bangsa.

Lantas, universitas apa saja yang masuk ke dalam perguruan tinggi tertua di Indonesia? Penasaran? Berikut ulasannya!

1. Universitas Indonesia (UI)

Dulunya, Universitas Indonesia atau UI ini bernama Dokter-Djawa School yang sudah berdiri sejak 1849, Adjarian. Pada tahun 1954, perguruan tinggi ini berganti nama menjadi Universitas Indonesia.

Adanya kebijakan eksploitasi bumiputera menjadi inisiasi berdirinya perguruan tinggi yang berada di Depok ini.

Dengan melonjaknya jumlah penduduk di Pulau Jawa, menimbulkan masalah kesehatan berupa kurangnya tenaga kesehatan, sehingga dibutuhkan para dokter-dokter tambahan.

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga berdiri pada 10 November 1954 dan mengalami sejarah yang cukup panjang.

Di tahun 1847, disampaikan usul kepada Pemerintah Kolonial Belanda untuk mendidik pemuda-pemuda Jawa menjadi tenaga kesehatan. Usulan ini terealisasi pada tahun 1849 dengan didirikannya NIAS (Nederlandsch Indisce Artsen School) sebagai penddidikan dokter di Surabaya.

Lalu, di tahun 1923, gedung NIAS dipindahkan ke tempat berdirinya Fakultas Kedokteran Unair saat ini, yaitu di Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo, Surabaya.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sama seperti universitas Indonesia dan Airlangga, Institut Teknologi Bandung juga berdiri pada masa kolonial Belanda, yakni pada 1920 bernama TH te Bandoeng. Barulah di tanggal 2 Maret 1959 universitas ini berganti nama menjadi Institut Teknologi Bandung.

Saat ini, ITB menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik dan terfavorit di Indonesia yang sudah terakreditasi secara internaisonal.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada atau UGM didirikan oleh pemerintah pada tahun 1949. Saat itu, UGM hanya memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Filsafat, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Kedokteran Hewan.

Seiring dengan perkembangan zaman dan pendidikan, UGM kini sudah mempunyai 18 fakultas dan dua sekolah (Vokasi dan Pascasarjana).

5. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Universitas Hasanuddin atau yang sering disebut dengan UNHAS didirikan pada 10 September.

UNHAS merupakan sebuah perguruan tinggi negeri tertua yang terlentak di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Perguruan tinggi ini awalnya merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden.

Hingga saat ini, Universitas Hasanuddin telah memiliki 14 fakultas yang terdiri dari 10 fakultas eksakta dan 4 fakultas non-eksakta.

Oke teman-teman, itulah beberapa universitas tertua di Indonesia. Dari beberapa universitas di atas kampus kamu yang mana nih?


Tag :