Doa Sehari – hari untuk Anak yang Mudah untuk Dihafalkan

25-01-2023

Bangun Pendidikan – Sebagai orang tua, mengenalkan anak tentang Islam dapat dimulai sedini mungkin. Sebagian orang tua mungkin telah mengenalkannya sejak anak masih dalam kandungan. Misalnya mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran, mengajarkan doa untuk orang sakit.

Kini ketika anak mulai beranjak besar, selain mengajarkan salat orang tua bisa juga mengajarkan anak – anaknya berdoa. Mengapa berdoa begitu penting? Karena salah satu keutamaan berdoa merupakan perbuatan yang paling mulia dan dicintai oleh Allah SWT.

Abu Hurairah Rasulullah bersabda, "Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah dari doa."

Dikutip dari buku Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad karya Imas Kurniasih, SpDI., doa juga penting karena selain mengasah fitrahnya untuk selalu dekat dengan Allah SWT. Selain itu juga berdoa turut memberikan dampak positif bagi perkembangan spiritual dan mental anak.

Berdoa juga bukan hanya sekadar melafalkan saja, tapi meresapi makna di balik doa tersebut. Misalnya, saat orang tua memberikan pemahaman bahwa hakikat doa sebelum makan adalah semua makanan yang dimakan berasal dari Allah SWT. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan kebiasaan berdoa pada anak sejak dini. Termasuk kebiasaan membaca doa sebeluum melakukan berbagai aktivitas harian.

Berikut doa untuk anak sehari – hari yang mudah dilafalkan:

Doa Sebelum Tidur

“Bismikalloohumma ahyaa wa amuutu”

Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati."

Doa Bangun Tidur

“Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur”

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan."

Doa Masuk Kamar Mandi

“Alloohumma innii a'uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi”

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung dari godaan iblis jantan dan betina."

Doa Sebelum Belajar

“Rodlittu billahiroba, wabil islaamidiinaa, wabimuhammadin nabiyya warasuula, robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan”

Artinya: "Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

Doa Sebelum Makan

“Allohumma baariklanaa fiima rozaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar”

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Doa Setelah Makan

“Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa waja'alanaa minal muslimin”

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam."

Doa Masuk Rumah

“Allohumma innii as-asluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbinaa tawakkalnaa”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal."

Doa Masuk Masjid

“Allohummaf tahlii abwaaba rohmatika”

Artinya: "Ya Allah, bukakan bagiku pintu-pintu rahmat-Mu."

Doa Keluar Masjid

“Allohumma innii as-aluka min fadlika”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu."

Doa untuk Kedua Orang Tua

“Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumma kama rabbayaanii shogiiroo”

Artinya: "Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Demikianlah beberapa doa harian yang dapat diajarkan kepada anak – anak. Semoga bermanfaat.