Yuk, Intip 9 Fauna Endemik Negara Thailand

Bangun Pendidikan - DUNIA (25-07-2023)

Fauna Endemik Negara Thailand (Foto : RDS)

Thailand merupakan negara yang wilayahnya didominasi oelh hutan tropis yang lebat, pegunungan, rawa dan sungai. Oleh sebab itu, Thailand memiliki banyak sekali hewan endemik yang unik sekaligus langka yang menjadi daya tarik tersendiri.

Fauna endemik dari negara Thailand adalah hewan yang tumbuh berkembang dan hidup di wilayah Thailand serta tidak bisa ditemukan di wilayah lain. Keanekaragaman hayati negara ini membuatnya menjadi salah satu tujuan ekowisata yang menarik bagi para pengunjung yang tertarik dengan keindahan alam dan keunikan flora dan fauna. Usaha pelestarian dan konservasi alam di Thailand sangat penting untuk melindungi keberagaman hayati yang luar biasa ini agar tetap lestari untuk generasi mendatang.

Lantas, fauna endemik dari negara Thailand adalah? Berikut penjelasannya.

1. Gajah Asia

Gajah Asia(Foto:Miaden Antonov)

Thailand mendapat julukan Negeri Gajah Putih dikarenakan banyaknya spesies gajah yang hidup di alam liar di negara tersebut. Salah satu spesies gajah paling terkenal di Thailand adalah gajah Asia dengan ukuran tubuhnya yang sangat besar. Seekor gajah Asia rata-rata memiliki bobot tubuh seberat 4 ton, dan yang terbesar bisa mencapai tinggi 3,5 meter dan panjang hingga 8 meter. Hewan ini dapat memakan rumput hingga 150 kilogram dalam satu hari. Gajah Asia dapat dengan mudah ditemukan di Taman Nasional Khao Yai. Saat ini, diperkirakan hanya tersisa sebanyak 4.000 ekor gajah yang hidup di alam liar.

2. Giant Black Squirrel

Giant Black Squirrel(Foto:Thai National Parks)

Fauna endemik dari negara Thailand adalah giant black squirrel. Spesies tupai ini memiliki tubuh besar bahkan beratnya mencapai 1,5 kilogram dan panjang hingga 1 meter. Bulu dari tupai ini didominasi oleh warna hitam serta cokelat pada bagian dadanya. Hewan ini dikenal memiliki ekor yang sangat panjang dengan intensitas bulu yang lebat. Diketahui bahwa untuk bertahan hidup, hewan ini memakan berbagai jenis biji-bijian dan buah-buahan.

3. Harimau Indocina

Harimau Indocina(Foto:Istock)

Ada beberapa jenis harimau di dunia, salah satunya merupakan hewan endemik Thailand, yaitu harimau Indochina. Diperkirakan harimau jenis ini hanya tersisa sebanyak 200 hingga 250 ekor yang hidup di alam liar. Maka dari itu, hewan ini termasuk dalam daftar hewan terancam punah.

Berat badan harimau Indochina bisa mencapai 200 kilogram dan memiliki panjang hingga 3 meter. Sementara karakteristik harimau Indochina adalah memiliki warna kulit dasar yang lebih gelap dari harimau jenis lainnya. Selain itu, hewan ini juga memiliki jenis belang yang lebih halus dan pendek.

4. Buaya Siamese

Buaya Siamese(Foto:Wikipedia)

Fauna endemik dari negara Thailand adalah Buaya Siamese atau yang disebut juga dengan buaya air tawar. Ini merupakan salah satu jenis buaya yang paling langka, dengan populasinya kurang dari 5.000 di seluruh dunia. Sesuai namanya, ini merupakan buaya yang hidup di air tawar dan menjadi reptil terbesar di Thailand. Meskipun beberapa masih hidup di alam bebas, namun mayoritas sudah dimasukkan ke penangkaran.

Di Thailand sendiri, ada beberapa tempat yang menjadi pusat penangkaran buaya ini, contohnya adalah Bangkok’s Lumphini Park, Pang Sida National Park, dan juga Samut Prakan Crocodile Farm and Zoo.

5. Crab-eating Macaque

Crab-eating Macaque(Foto:Istock)

Fauna endemik dari negara Thailand adalah crab-eating macaque. Bagi masyarakat Thailand, crab-eating macaque termasuk salah satu hewan suci yang sangat dihormati. Hewan ini dinamai crab-eating macaque karena kebiasaannya yang suka memakan kepiting sebagai makanan utamanya. Monyet ini memiliki kemampuan berenang yang handal karena setiap hari harus berjuang mencari kepiting dan hewan laut lainnya di laut. Crab-eating macaque dapat dijumpai di hampir seluruh wilayah di Thailand, hidup berdampingan bersama manusia.

6. Siamese Fireback

Siamese Fireback atau yang di Indonesia disebut dengan ayam pheasant dari Thailand, memiliki nama ilmiah Lophura Diardi dan menjadi Burung Nasional di Thailand. Terdapat banyak perbedaan antara Siamese Fireback jantan dan betina. Salah satu yang paling menonjol adalah adanya pola titik berwarna kuning di punggung untuk jantan. Penampilannya juga lebih cantik jika dibandingkan dengan betina.

Dalam hal ukuran, versi jantan juga memiliki ukuran lebih besar. Bisa tumbuh sampai dengan 80 cm dengan panjang ekor 36 cm. Sementara untuk betina, ukuran panjangnya maksimal 60 cm dengan ekor yang tidak lebih dari 26 cm.

7. Beruang Hitam

Ada pula Beruang Hitam atau yang disebut juga dengan Sun Bear. Ini merupakan spesies beruang terkecil yang ada, dan makanan utamanya adalah madu. Karena itulah juga disebut dengan Beruang Madu.

Di Indonesia, hewan ini juga banyak ditemukan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Sebagian lainnya ada di berbagai kebun binatang di Tanah Air, contohnya saja di Bandung Zoo. Sementara jika sedang berada di Thailand, kamu bisa menemukannya di Khao Sok dan Khao Yai National Park.

8. Bos Gaurus atau Gaur

Bos Gaurus atau yang disebut juga dengan Indian Bison, merupakan hewan dengan karakteristik kuat dan ukurannya besar serta memiliki ciri khas tonjolan cukup besar di dahi di antara tanduk. Jika dewasa, berat dari Gaur ini bisa mencapai 1 ton.

Karakteristik dari hewan ini agresif, bahkan saat jika tidak ada pemicunya. Jadi bisa dibilang cukup berbahaya jika didekati oleh manusia. Namun, sayangnya, jumlahnya juga semakin berkurang akibat pengerusakan hutan dan perburuan liar yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Sampai saat ini diperkirakan ada sekitar 900-an ekor Gaur di Thailand, namun berada di konservasi. Sementara untuk di alam liar, belum ada laporan terbaru. Jika ingin melihat Gaur, bisa datang ke Huai Kha Khaeng Wildlife Sanctuary.

9. Kucing Siam

Fauna endemik dari negara Thailand adalah Kucing Siam. Karakteristik dari mamalia ini adalah sifatnya yang ramah, memiliki mata warna biru, tubuhnya yang lentur, dan berbulu krem.

Berkat karakteristiknya, kucing endemik Thailand ini menjadi salah satu yang paling dicintai di dunia. Kucing ini tidak hanya ramah, namun juga cerdas, sehingga sangat mudah dipelihara di rumah. Malahan, konon katanya dahulu kucing ini sangat dihargai oleh para bangsawan di Thailand.

Berat dari kucing siam jantan biasanya maksimal sampai 8,4 kg. Sementara untuk betinanya, hanya sampai 3,6 kg. Dengan ukuran itulah, tidak mengherankan jika kucing ini tumbuh menjadi menggemaskan dengan warna bulu cantiknya.

itulah beberapa fauna endemik dari negara Thailand adalah yang unik dan dapat Anda jumpai di wilayah Thailand. Sebagian besar populasi dari hewan-hewan tersebut di habitat aslinya semakin langka keberadaannya.


Tag :