Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Ingin Sekolah Keluar Negeri

23-05-2022

Bangun pendidikan - Sekolah di luar negeri merupakan sebuah impian bagi semua orang. Siapa yang tidak ingin menuntut ilmu dan memiliki banyak teman dari berbagai negara.

Kita akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan kualitas, sebagai pelajar Indonesia yang peduli dengan pendidikan.

Kuliah di luar negeri akan menambah pengalaman kita bagaimana cara bersosial dan bermasyarakat dengan negara lain.

Selain itu apabila kita kuliah di luar negeri kita akan paham bagaimana cara bertahan hidup pada negara asing, dan juga penguasaan bahasa secara internasional.

Namun ternyata terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan apabila ingin berkuliah di luar negeri.

1. Mengetahui Syarat dan Waktu

Apabila anda memiliki sebuah keinginan untuk berkuliah di luar negeri, maka anda harus memperhatikan bagaimana persyaratannya. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah meminta informasi ke sekolah.

Anda juga dapat mencari informasi dari web resmi pemerinah dan dewan studi, untuk memeriksa apakah kewarganegaraan anda diterima untuk visa pelajar di negara tersebut.

Selain itu perhatikan juga batas waktu pendaftarannya, agar tidak kelewatan waktu untuk ujian masuknya.

2. Memilih Progam

Sebelum kuliah di luar negeri, anda harus menentukan program yang anda minati. Bidang studi yang dipilih harus sesuai dengan latar belakang akademis, hal ini merupakan suatu syarat untuk kuliah di luar negeri.

Ketika kamu memilih suatu program, sesesuaikan dengan prospek karir anda, kemudian pilih universitas yang memiliki peringkat dan reputasi yang tinggi untuk pelajaran yang anda inginkan.

3. Meminta Surat Rekomendasi

Ketika anda ingin berkuliah di luar negeri, anda memerlukan surat rekomendasi dari guru anda. Tujuan surat rekomendasi tersebut dapat menunjukkan hubungan baik anda dengan guru,

Jangan malu untuk meminta guru menuliskan surat rekomendasi, mintalah mereka untuk membuat surat rekomendasi sedini mungkin dan pastikan surat rekomendasi tersebut terperinci.

4. Mempersiapkan Diri Untuk Tes TOEFL atau IELTS

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika anda ingin berkuliah di luar negeri adalah kemampuan bahasa Inggris. Anda memerlukan sebuah tes berbahasa Inggris ketika ingin merencanakan jadwal studi anda.

Oleh karena itu, apabila anda sudah mempunyai rencara untuk berkuliah di luar negeri, anda harus mengikuti les bahasa, agar mempunyai memampuan untuk memahami bahasa internasional.

5. Menerjemahkan Dokumen

Ketika kita ingin mengirim data data pribadi anda, seperti ijazah dan nilai sekolah anda, maka anda harus menejemahkan data tersebut kedalam bahasa Inggris. Terjemahan yang anda buat harus mendapat pengesahan terhadap pihak berwenang. Untuk meyakinkan anda ketika mendaftar, lebih baik anda menanyakan terlebih dahulu tentang hal ini ke universitas yang anda pilih.

6. Mendaftar Ujian Masuk

Pada beberapa universitas seperti pada negara India, anda perlu ujian untuk menguji kemampuan seperti bahasa, dan matematika. Anda juga harus memperhatikan tanggal ujian anda agar tidak ketinggalan

Ujian pada universitas biasanya diselenggarakan satu atau dua bulan sebelum pembukaan.

7. Tes Wawancara

Pada suatu universitas elit, seperti universitas Oxford menerapkan tahap wawancara kepada calon mahasiswanya. Program ini memiliki bertujuan untuk menemukan calon mahasiswa yang memenuhi syarat.

Beberapa pertanyaan saat wawancara tersebut biasanya tentang motivasi dan juga alasan anda bersekolah pada universitas tersebut.

Sebaiknya anda mepersiapkan diri agar tidak gugup ketika di wawancara oleh peguruan tinggi yang anda inginkan.

8. Memperhitungkan Biaya

Ketika anda memiliki keinginan untuk berkuliah di luar negeri, anda juga harus mempertimbangkan biaya yang berkaitan dengan ujian pendaftaran, biaya aplikasi visa, tes bahasa inggris, dsb.

Tetapi anda jangan terlalu pesimis dengan hal ini. Sebaiknya anda mempersiapkan dari beberapa waktu sebelumnya, sehingga anda sudah siap ketika terdapat biaya mendadak.

Itulah beberapa hal, yang harus dipersiapkan ketika ingin berkuliah ke luar negeri. Tidak ada cara yang singkat dan sempurna, ketika anda ingin berkuliah keluar negeri. Semoga beberapa hal tersebut dapat anda persiapkan ketika ingin mendaftar ke sebuah universitas internasional.