Kuala Lumpur, Ibu Kota Negara Malaysia (Foto : Pixabay)

Ibukota Malaysia adalah salah satu negara yang paling banyak dikunjungi di dunia apakah kamu tahu?

Malaysia merupakan negara anggota ASEAN ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur. ASEAN adalah sebuah organisasi regional yang terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama politik, ekonomi, sosial, dan budaya antara negara-negara anggotanya.

Ibukota negara Malaysia adalah Kuala Lumpur yang terletak di negara bagian Selangor. Kuala Lumpur pernah berada di bawah pemerintahan Selangor. Kuala Lumpur juga merupakan pusat pemerintahan, ekonomi, dan budaya negara tersebut dan menjadi salah satu kota paling penting di kawasan Asia Tenggara dan memiliki banyak atraksi wisata, pusat perbelanjaan, dan makanan khasnya.

Dikutip dari buku Backpacking Keliling Malaysia karya Olenka Priyadarsani & Puput Ariyanto, nama ibukota negara Malaysia adalah Kuala Lumpur. Malaysia terbagi menjadi dua, yaitu Malaysia Timur (Pulau Borneo) dan Malaysia Barat (Semenanjung). Negara ini terdiri dari 3 wilayah federal dan 13 negara bagian.

Profil Negara Malaysia

Ibukota dari negara Malaysia adalah Kuala Lumpur. Berikut profil dari negara Malaysia, yaitu:

  • Kepala negara : Yang di-Pertuan Agong
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Jumlah penduduk : 34.219.975 jiwa (2023)
  • Etnis : Melayu, Cina, dan India
  • Mata uang : Ringgit Malaysia
  • Pendapatan perkapita : 12,471.769 USD (2022)
  • Ekspor utama : Minyak kelapa sawit
  • Luas wilayah Malaysia : 329.718 km2 terdiri dari
  • Wilayah Semenanjung : 131.598 km2
  • Wilayah Serawak : 124.449 km2
  • Wilayah Sabah : 73.620 km2
  • Perbatasan Negara Malaysia :

Malaysia Barat

Utara : Thailand

Selatan : Singapura dan Indonesia

Barat : Indonesia

Timur : Indonesia, Thailand, Kamboja dan Vietnam

Malaysia Timur

Utara : Laut China Selatan

Selatan : Indonesia

Barat : Indonesia

Timur : Filipina

Fakta Menarik Negara Malaysia

Malaysia merupakan negara anggota ASEAN ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur. Berikut fakta menarik dari negara Malaysia:

Letak KLIA

Malaysia memiliki bandara bernama Kuala Lumpur International Airport atau KLIA. Bandara ini terletak di Sepang, Selangor, membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Kuala Lumpur, bukan di ibukotanya.

Harga Makanan

Ternyata, biaya hidup di Kuala Lumpur relatif sama dengan di Indonesia, termasuk harga makanan dan biaya akomodasi. Jika hendak mengunjungi Kuala Lumpur, tidak perlu bingung berapa nominal yang harus dibawa.

Bebas Macet

Rasanya menyenangkan berjalan-jalan di Kuala Lumpur karena kota ini bebas dari kemacetan. Jalan protokol di kota ini cenderung lengang, meskipun pada hari kerja. Selain itu, jalan tol di sana juga dapat dilewati oleh sepeda motor tanpa biaya tambahan.

Multi Etnis

Kuala Lumpur menjadi tempat kediaman untuk berbagai jenis etnis. Etnis yang paling banyak adalah Melayu, India, dan Tionghoa. Setiap etnis memiliki wilayah berkumpul sendiri, seperti Melayu di Masjid Jamek, Tionghoa di Petaling Street, dan India di kawasan Brickfields.

Oleh-oleh

Ketika berlibur ke Kuala Lumpur, belum lengkap rasanya jika belum membeli oleh-oleh berupa coklat Malaysia yang sangat terkenal dengan kelezatannya. Ada banyak rasa coklat yang bisa dibeli di Belice Chocolate Kingdom, Harriston Boutique, atau Central Market.

Durian Musang King

Ada satu wisata kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di Kuala Lumpur, yaitu durian Musang King. Bagi pecinta durian, kamu harus mencoba durian dengan rasa khas yang dapat ditemukan dengan mudah di kota ini.

Nah, itulah informasi mengenai ibukota negara Malaysia adalah Kuala Lumpur beserta dengan fakta menariknya. Gimana sobat bangun tertarik untuk mengunjungi negara ini?


Tag :