Jurusan Teknik Kimia (Foto: Pexels/@ThisIsEngineering)

BangunPendidikan - Jurusan Teknik kimia merupakan salah satu cabang ilmu yang fokus pada teknologi perancangan pabrik, seperti pabrik makanan, pabrik kimia, dan pabrik bioproses. Tim perancang yang banyak berperan dalam berdirinya pabrik-pabrik tersebut sebagian besar merupakan lulusan sarjana teknik kimia. 

Namun, tidak hanya di sektor industri pabrik, lulusan teknik kimia juga dibutuhkan dalam bidang lain seperti bisnis pertanian, di mana mereka merancang zat kimia untuk produksi pupuk atau pengembangan pertanian yang lebih produktif. 

Dengan begitu, teknik kimia dapat disimpulkan sebagai cabang ilmu rekayasa yang berfokus pada pemrosesan bahan mentah menjadi barang jadi yang lebih bermanfaat dan dapat dimanfaatkan.

Nah, bagi para calon mahasiswa yang ingin mengejar karir di industri kimia. Kamu dapat memilih universitas yang menawarkan program teknik kimia yang berkualitas, agar bisa memperoleh pendidikan yang baik.

Dalam artikel ini, Penulis akan merangkum apa saja mata kuliah jurusan teknik kimia, prospek kerja dan universitas negeri dan swasta. Yuk simak ulasan secara lengkap di bawah ini.

Mata Kuliah Untuk Jurusan Teknik Kimia

(Foto: Instagram/@Itenas)

Berikut adalah beberapa mata kuliah yang umumnya diajarkan dalam program jurusan Teknik Kimia, antara lain

1. Kimia Dasar

Mata kuliah jurusan Teknik Kimia memberikan landasan penting tentang kimia yang diperlukan dalam pemahaman tentang bidang tersebut. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari topik-topik seperti struktur atom, ikatan kimia, reaksi kimia, termokimia, dan kesetimbangan kimia.

2. Termodinamika

Termodinamika merupakan salah satu mata kuliah jurusan teknik kimia dimana membahas prinsip-prinsip termodinamika yang diterapkan dalam sistem-sistem kimia. Di mana kita akan mempelajari konsep entropi, entalpi, energi bebas, dan hubungannya dengan perubahan fisik dan kimia dalam sistem.

3. Rekayasa Proses Kimia

Rekayasa proses kimia adalah mata kuliah yang fokus pada perancangan, analisis, dan optimasi proses kimia. Kamu akan mempelajari tentang aliran massa dan energi, pemisahan zat, reaktor kimia, operasi unit, dan simulasi proses.

4. Operasi pemisahan

Mata kuliah jurusan ini akan membahas teknik-teknik pemisahan yang digunakan dalam industri kimia. Kamu juga akan mempelajari metode pemisahan seperti destilasi, ekstraksi, adsorpsi, kristalisasi, filtrasi, dan distilasi.

5. Reaksi Kimia

Jurusan ini membahas tentang kinetika reaksi kimia, mekanisme reaksi, dan pengaruh kondisi operasi terhadap kecepatan reaksi. Selain itu, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip dasar reaksi kimia dan bagaimana menerapkannya dalam desain reaktor kimia.

6. Teknik Instrumentasi

Ketika memilih jurusan ini kita akan membahas penggunaan instrumen dan teknik analisis dalam teknik kimia. Selain itu kamu akan mempelajari tentang pengukuran parameter fisik dan kimia, teknik analisis spektrofotometri, kromatografi, serta penggunaan alat pengukur seperti pH meter, termometer, dan lain-lain.

7. Teknik Kinetika Reaksi

Teknik Kinetika Reaksi adalah mata kuliah yang membahas tentang laju reaksi kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai persamaan laju reaksi, model kinetika, faktor pengaruh laju reaksi, serta cara merancang dan mengoptimalkan reaksi kimia.

8. Proses Kontrol

Mata kuliah ini membahas tentang kontrol proses dalam industri kimia. Selain itu juga bakal belajar dasar-dasar pengendalian proses, sistem kontrol, instrumen pengukuran, teknik kendali otomatis, serta pemodelan dan simulasi sistem kontrol.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

Jurusan ini menawarkan prospek yang cerah bagi para lulusannya. Saat ini, industri minyak dan gas menjadi salah satu sektor yang paling diminati oleh lulusan Teknik Kimia. Selain itu, perusahaan-perusahaan perkebunan seperti kelapa sawit dan karet juga membutuhkan lulusan Teknik Kimia dalam mengelola bahan baku menjadi produk yang bernilai tambah, seperti pengolahan kelapa sawit menjadi minyak goreng.

Industri pulp dan kertas juga membutuhkan tenaga ahli Teknik Kimia dalam mengelola proses pembentukan bahan baku menjadi produk jadi. Selain itu, sektor semen, pupuk, dan bahan kimia juga membutuhkan lulusan Teknik Kimia dalam berbagai bidang pekerjaan.

Perusahaan makanan dan minuman seperti Indofood, Wingsfood, Danone, Unilever, dan perusahaan besar lainnya juga memberikan peluang bagi lulusan Teknik Kimia. Mereka dapat bekerja di bagian produksi atau di laboratorium sebagai pengontrol kualitas produk yang akan diproduksi.

Selain industri-industri tersebut, lulusan Teknik Kimia juga memiliki peluang untuk bekerja di sektor perbankan. Hal ini didasarkan pada kemampuan analisis ekonomi dan keterampilan komunikasi yang mereka dapatkan selama kuliah.

Secara keseluruhan, lulusan jurusan Teknik Kimia memiliki peluang kerja yang luas dan dapat diterapkan di berbagai sektor industri, baik dalam pengolahan sumber daya alam maupun dalam industri manufaktur.

Universitas Negeri Terbaik yang Ada Jurusan Teknik Kimia

(Foto: Instagram/@Itb)

Berikut adalah beberapa universitas negeri di Indonesia yang menawarkan program studi Teknik Kimia:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB adalah kampus yang memiliki program studi Teknik Kimia dan dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Selain itu, dalam program ini menawarkan kurikulum yang komprehensif dan fasilitas laboratorium cukup modern.

2. Universitas Indonesia (UI)

UI merupakan universitas jurusan teknik kimia, sebab dalam kampus ini menawarkan program studi Teknik Kimia yang berkualitas. Selain  juga fokus pada pengembangan keahlian dalam desain proses, teknologi energi, dan pengelolaan lingkungan.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang terletak di Surabaya merupakan perguruan tinggi yang diakui secara nasional dengan program studi Teknik Kimia yang unggul. Program ini menekankan pengembangan keahlian dalam proses industri, energi, dan lingkungan sebagai fokus utama.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) juga merupakan salah satu perguruan tinggi yang terkenal dengan program studi Teknik Kimia yang berkualitas. Program ini memiliki fokus utama pada pengembangan keahlian dalam teknologi pengolahan sumber daya alam, energi, dan lingkungan. Hal ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam secara efisien, mengembangkan solusi energi yang berkelanjutan, serta menjaga keberlanjutan lingkungan.

5. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran (UNPAD) memiliki program studi Teknik Kimia yang telah terakreditasi dengan baik. Program ini menawarkan kurikulum yang komprehensif dengan penekanan khusus pada pengembangan keahlian dalam proses industri serta kesadaran terhadap isu lingkungan.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro (UNDIP) adalah universitas yang ada jurusan teknik kimia. Sebab dalam kampus ini menawarkan kurikulum yang berfokus pada pengembangan keahlian dalam proses industri, energi, dan lingkungan. Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengolahan industri, teknologi energi, serta pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dalam kegiatan industri.

Universitas Swasta Terbaik yang Ada Jurusan Teknik Kimia

(Foto: Instagram/@unpar)

Berikut ini beberapa universitas swasta terbaik jurusan teknik kimia di Indonesia yang menawarkan program studi Teknik Kimia:

1. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Program studi Teknik Kimia di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) telah terakreditasi dengan baik. Selain itu, program ini menyediakan kurikulum yang komprehensif dengan penekanan khusus pada pengembangan keahlian dalam proses industri dan pelestarian lingkungan.

2. Universitas Kristen Petra (UK Petra)

Universitas yang ada jurusan teknik kimia yaitu UK Petra, di mana dalam kampus ini memiliki program  studi teknik kimia yang terkenal. Selain itu, program ini menawarkan kurikulum yang berfokus pada pengembangan keahlian dalam proses industri dan rekayasa material.

3. Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya (UBAYA) juga menyediakan program studi Teknik Kimia yang telah terakreditasi dengan baik. Program ini memiliki fokus pada pengembangan keahlian dalam desain proses, teknologi energi, dan pengelolaan lingkungan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek terkait perancangan proses industri, pengembangan teknologi energi yang berkelanjutan, serta pemahaman tentang pentingnya pengelolaan lingkungan dalam kegiatan industri.

4. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Program studi Teknik Kimia di Universitas Pelita Harapan (UPH) dikenal sebagai salah satu yang terkemuka. Program ini menawarkan kurikulum yang komprehensif dengan penekanan khusus pada pengembangan keahlian dalam proses industri dan kepedulian terhadap lingkungan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek teknis dan praktis terkait proses industri, serta pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dalam konteks kegiatan industri.

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) juga menawarkan program studi Teknik Kimia yang telah terakreditasi dengan baik. Selain itu program ini memiliki fokus pada pengembangan keahlian dalam desain proses, teknologi energi, dan pengelolaan lingkungan. Mahasiswa akan diajarkan berbagai aspek terkait perancangan proses industri, pemanfaatan teknologi energi, serta pentingnya pengelolaan lingkungan dalam kegiatan industri.

6. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Binus adalah universitas terbaik jurusan teknik kimia yang memiliki program studi teknik kimia. Selain itu, program ini menawarkan kurikulum yang fokus pada pengembangan keahlian dalam proses industri dan rekayasa materi.

Itulah pembahasan mengenai mata kuliah jurusan teknik kimia, prospek kerja dan universitas negeri dan swasta. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.


Tag :