Karakteristik Negara Thailand (Foto : RDS)

Karakteristik Negara Thailand - Thailand adalah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Indonesia karena masih termasuk dalam satu kawasan regional. Thailand dikenal dengan julukan Negeri Gajah Putih dan juga negara Seribu Pagoda. serta Rumah Rakyat Merdeka.Nama-nama tersebut memiliki alasan tersendiri; gajah dianggap sebagai binatang suci di Thailand, banyak pagoda yang menjadi tempat peribadatan umat Buddha, dan Thailand tidak pernah dijajah oleh Bangsa Eropa. Selain itu, Thailand juga merupakan negara maju dalam sektor industri dan pariwisata serta memiliki pengaruh yang signifikan di Asia Tenggara.

Thailand memiliki banyak keistimewaan yang belum banyak diketahui orang. Sebagai negara di wilayah Asia Tenggara,Thailand memiliki keunikkan yang menjadi penting untuk diketahui.

Negara ini memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya unik dan menarik. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

5 Karakteristik Negara Thailand

Negara Thailand merupakan negara yang memiliki yang istimewa. Salah satu keistimewaan yang dimiliki negara ini adalah negara ini satu-satunya negara di Asia Tenggara yang belum pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Negara Thailand memiliki banyak karakteristik yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Karakteristik negara Thailand adalah sebagai berikut:

1. Bentang alam berbentuk pegunungan dan perbukitan

Bentang alam negara Thailand bermacam-macam. Ada bentang alam yang berupa dataran tinggi, ada yang berupa dataran rendah maupun pegunungan. Mayoritas kenampakan atau bentang alam di wilayah Thailand berupa dataran tinggi atau pegunungan. Di bagian tengah negara ini berupa dataran rendah yang dialiri oleh Sungai Chao Praya. Daerah tengah ini merupakan daerah yang paling subur di Thailand dan merupakan lumbung padi di negara ini. Di bagian utara dan barat negara ini berupa pegunungan dan puncak tertinggi adalah di Gunung Dai Inthanon yaitu kira-kira setinggi 2.594 m. Di bagian timur negara ini berupa pegunungan kapur. Di Pegunungan kapur ini terdapat Plato Korat yang luasnya mencakup lebih dari seperempat luas daratan dan di wilayah ini pula mengalir aliran anak Sungai Mekong.

2. Beragam mata pencaharian penduduk

Negara Thailand merupakan negara yang unggul dalam bidang pertanian. Hasil pertanian unggulan di negara ini adalah padi. Thailand adalah negara lumbung padi terbesar di Asia Tenggara. Selain hasil pertanian, hasil hutan negara ini berupa kayu jati. Di bidang pertambangan, negara ini menghasilkan timah dan mangan. Di bidang industri, Thailand unggul dalam produksi semen, tekstil, dan barang-barang elektronik. Selain itu, negara ini juga unggul dalam bidang pariwisata. Kota-kota yang menjadi kiblat pariwisata di negara ini adalah Bangkok, Chiang Mai, dan Pattaya.

3. Terdiri atas Berbagai suku

Berbagai suku bangsa di Thailand hidup berdampingan. Mayoritas suku yang menempati negara ini adalah suku Thai. Maka dari itu, negara ini juga dikenal dengan sebutan Muangthai. Selain suku Thai, suku lainnya yang menempati wilayah negara ini adalah suku Cina, India, dan Melayu.

4. Agama mayoritas Buddha

Berbeda-beda suku yang tinggal bersama menyebabkan agama yang dianut setiap orangnya pun berbeda-beda. Seperti halnya Indonesia yang mengakui lima agama yang sah, di Thailand pun ada beberapa agama yang diakui sah dianut oleh masyarakatnya. Agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Thailand adalah Buddha. Buddha adalah agama yang paling banyak dianut, maka dari itu banyak pagoda-pagoda berdiri sebagai tempat ibadah umat Buddha, sehingga pada akhirnya negara ini diberi julukan sebagai negara seribu pagoda.

5. Negara yang belum pernah dijajah bangsa lain

Ciri-ciri karakteristik negara Thailand yang paling menonjol adalah negara ini belum pernah mengalami penjajahan oleh negara lain sebelumnya, terutama oleh bangsa Eropa. Sehingga dapat dikatakan negara ini sangat merdeka, dan dijuluki sebagai Rumah Rakyat Merdeka.

Nah itulah karakteristik negara Thailand. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi sobat bangun, ya.


Tag :