Ketahui Prospek Kerja Lulusan Public Relation yang Menjanjikan

04-12-2022

BANGUN PENDIDIKAN – Hai sobat Bangun Pendidikan, apa kabar nih? Buat kamu yang sedang menempuh pendidikan jurusan public relation, apakah kamu sudah tahu apa saja peluang kerja kamu nantinya?

Jika belum, maka kamu telah berada di artikel yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu public relation dan juga prospek kerja bagi mereka yang menempuh pendidikan dengan jurusan tersebut.

Apa itu Publik Relation?

Public relation merupakan bagian dari ilmu komunikasi. Program studi ini merupakan kombinasi dari konsep serta teori ilmu komunikasi dan juga hubungan masyarakat.

Saat kamu mengambil program studi public relation, maka akan ada dua pilihan konsentrasi ilmu, yakni komunikasi merek serta komunikasi perusahaan.

Kamu akan diajarkan cara membangun serta melakukan pemeliharaan atas citra dari sebuah organisasi maupun perusahaan.

Saat ini industri hubungan masyarakat di tanah air tengah berkembang pesat. Sebab itulah prospek kerja dari bidang ini sangat luas.

Prospek Kerja Lulusan Public Relation

1. Presenter

Prospek kerja yang pertama adalah presenter. Dengan menjadi presenter, kamu akan berkesempatan untuk meniti karir di dunia hiburan.

Sudah bukan rahasia, jika dunia hiburan menjanjikan pundi-pundi penghasilan yang menggiurkan jika kamu memang memiliki kualitas dan kemampuan.

2. Juru Bicara

Prospek kerja kedua adalah juru bicara. Profesi ini bertugas untuk membuat keterangan secara resmi kepada publik terkait kondisi suatu perusahaan ataupun organisasi, membutuhkan skill komunikasi.

Sesuai dengan konsentrasi dari program studi public relation yang sebelumnya sudah dipaparkan, profesi ini menjadi salah satu yang sesuai dengan skill dari prodi tersebut. Kamu akan lebih mudah dalam mengemban tanggung jawab, ketika memiliki basic keterampilan yang sesuai.

3. Copywriter

Prospek kerja ketiga adalah copywriter. Kemampuanmu dalam berkomunikasi, tidak hanya terbatas pada lisan tetapi juga tulisan. Oleh sebab itu kamu bisa membuat tagline persuasif dengan kemampuan tersebut.

4. Hubungan Masyarakat (Humas) Industri

Peluang kerja keempat adalah staff humas atau hubungan masyarakat. Profesi ini merupakan posisi awal, kamu bisa meniti karir hingga level senior manager dalam profesi ini.

Humas merupakan salah satu profesi dengan gaji yang menjanjikan. Oleh sebab itu, kamu dituntut untuk cakap dalam berkomunikasi dengan media maupun mitra kerja, kreatif, penuh ide-ide segar dan juga mampu memberikan solusi terbaik dalam berbagai keadaan.

5. Humas Instansi Pemerintah

Peluang kerja kelima adalah humas instansi pemerintah. Dengan profesi ini kamu dapat membangun citra positif instansi pemerintah di mata masyarakat.

Profesi ini bertanggung jawab untuk menciptakan komunikasi yang efektif, efisien, persuasif antara instansi pemerintah dengan masyarakat umum. Soal gaji, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.

6. Marketing Public Relation

Peluang kerja keenam adalah marketing public relation. Kemampuan komunikasi juga interaksi yang baik dari lulusan program studi public relation, akan sangat cocok jika bekerja di dunia marketing.

Posisi marketing public relation, bukan hanya bertugas mengenai pemasaran tetapi juga memberikan informasi yang komunikatif juga persuasif. Dengan begitu, sebuah produk akan lebih mudah diterima oleh para konsumen dengan penuh keyakinan akan kualitas ataupun manfaat dari produk tersebut.

Nah sobat Bangun Pendidikan, itulah beberapa prospek kerja lulusan public relation yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.