Mahasiswa Universiti Malaya (Foto : govinsider)

Kuliah di Malaysia pakai bahasa apa, menjadi pertanyaan yang sering muncul di lini masa bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya ke negeri Jiran ini.

Malaysia menjadi salah satu negara favorit dalam menuntut ilmu. Di negeri Jiran ini, terdapat beberapa universitas terbaik yang menjadi pilihan para pelajar dari sejumlah negara, seperti Indonesia, Singapura, bahkan Korea Selatan.

Negara ini juga memiliki biaya hidup dan kuliah yang cukup rendah. Tak heran jika banyak pelajar yang memilih untuk melanjutkan studi di Malaysia. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di negara dengan karaktersitik Menara Kembar ini, sudah sepatutnya kamu mengetahui informasi tentang negara tersebut. Salah satunya adalah bahasa yang digunakan saat kuliah di Malaysia.

Untuk menjawab pertanyaan kuliah di Malaysia pakai bahasa apa, berikut Bangun Pendidikan akan mengulasnya untuk Anda. Langsung pantengin ulasan di bawah ini ya.

Bahasa Pengantar Kuliah

Malaysia menjadi salah satu negara pilihan untuk menuntur ilmu. Negara dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional ini memiliki kebudayaan yang hampir sama dengan Indonesia. Selain memiliki suku bangsa yang  beragam, Malaysia juga memiliki bahasa yang beragam.

Dilihat dari jenjang studinya, penggunaan bahasa yang digunakan juga beragam.

  • Bahasa Melayu adalah bahasa pengantar utama di sekolah-sekolah umum Malaysia. 
  • Bahasa Inggris dijadikan bahasa kedua di sekolah dasar dan menengah.
  • Di sekolah dasar tipe nasional Cina dan Tamil, bahasa Melayu diajarkan sebagai bahasa kedua dan bahasa inggris diajarkan sebagai bahasa ketiga.

Nah,kalau kuliah di Malaysia pakai bahasa apa ya?

Pada program Sarjana bahasa pengantar yang diperlukan adalah bahasa Melayu kecuali untuk pelajaran yang berkaitan dengan sains, matematika dan komputasi dan mata pelajaran IT, yang umumnya diajarkan dalam bahasa Inggris.

Studi Pascasarjana juga dilakukan dalam bahasa Inggris. Di lembaga pendidikan tinggi swasta, bahasa Inggris biasanya dijadikan sebagai bahasa pengantar.

Tahun Akademik

Di negara ini tahun ajaran berlangsung dari Januari hingga November. Di perguruan tinggi, mata pelajaran biasanya diajarkan selama beberapa semester.

Beberapa universitas memiliki semester ketiga dari 8-12 minggu yang memungkinkan siswa untuk menyelesaikan program dalam waktu yang lebih singkat.

Sistem Perkuliahan

Saat ini, Malaysia berfokus pada pengembangan kualitas dan kuantitas penelitian dan universitas-universitas utamanya, dan negara tersebut saat ini membelanjakan 1% dari PDB untuk penelitian dan pengembangan.

Sejauh ini telah diberikan status 'universitas riset' , yang berarti tambahan dana pemerintah dan peningkatan otonomi. Kelima universitas riset tersebut adalah sebagai berikut:

  • Universiti Malaya
  • Universiti Putra Malaya
  • Universiti Kebangsaan Malaya
  • Universiti Sains Malaysia
  • Universiti Teknologi Malaysia

Oleh karena itu, calon mahasiswa yang berencana kuliah di Malaysia sebaiknya mengecek persyaratan bahasa yang berlaku di universitas dan program yang diminati untuk mempersiapkan diri dengan baik.


Tag :