Bendera dan Lambang Negara Malaysia

Bangun Pendidikan - DUNIA (15-07-2023)

Lambang dan Bendera Negara Malaysia (Foto:RDS)

Lambang Negara Malaysia - Malaysia merupakan negara di Asia Tenggara. Negara ini terletak di bagian timur laut Pulau Sumatera dan bagian selatan Semenanjung Malaya. Malaysia memiliki perbatasan darat dengan Thailand di sebelah utara dan Indonesia di sebelah selatan. Selain itu, Malaysia juga memiliki wilayah yang terpisah yaitu negara bagian Sarawak dan Sabah yang terletak di Pulau Borneo.

Malaysia memiliki keragaman etnis, budaya, dan agama, dengan mayoritas penduduknya adalah Melayu. Tak heran, jika makanan khas Malaysia kebanyakan makanan Melayu.

Malaysis menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bukan hanya makanan khasnya saja, melainkan juga karena destinasi wisata di negara ini yang sangat beragam dan cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga.

Namun, sebelum berkunjung ke negara tersebut. Apakah sobat bangun mengetahui lambang negara Malaysia? Berikut ini Bangun Pendidikan akan membahas tentang lambang negara Malaysia dan artinya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Lambang Negara Malaysia?

Gambar Lambang Negara Malaysia (Foto: RDS)

Lambang negara Malaysia adalah Jata Negara. Lambang tersebut terdiri dari perisai yang ditopang dua harimau. Di atas perisai terdapat bintang dan bulan sabit berwarna kuning. Kemudian di bawahnya terdapat pita dengan semboyannya "Bersekutu Lebih Mutu".

Arti Lambang Negara Malaysia

Arti Lambang Negara Malaysia (Foto: RDS)
  • Dua ekor harimau melambangkan keberanian.
  • Bintang dengan 14 sudut melambangkan 13 negara anggota dan wilayah persekutuan di Malaysia.
  • Bintang dan bulan melambangkan agama resmi negara Malaysia, yaitu Islam.
  • Lima bilah keris melambangkan Johor, Kedah, Perlis, Terengganu, dan Kelantan.
  • Warna hitam dan putih melambangkan Pahang.
  • Warna merah dan kuning melambangkan Selangor.
  • Warna hitam, putih, dan kuning melambangkan Perak.
  • Warna merah, hitam, dan kuning melambangkan Negeri Sembilan.
  • Pohon pinang dan jembatan melambangkan Pulau Pinang.
  • Pohon melaka melambangkan Melaka.
  • Lambang di kiri bawah melambangkan Sabah.
  • Lambang di kanan bawah melambangkan Sarawak.
  • Bunga sepatu melambangkan bunga nasional negara Malaysia.
  • Moto "Bersekutu Bertambah Mutu" memiliki arti persatuan merupakan kekuatan.
  • Warna kuning pada bintang, bulan, dan pita melambangkan kedaulatan kerajaan untuk para raja Malaysia.

Bendera Negara Malaysia

Bendera Malaysia (Foto: RDS)

Bendera Malaysia disebut dengan bendera Jalur Gemilang. Bendera ini terdiri dari 14 garis merah dan putih yang melintang dengan lebar yang sama. Garis-garis dimulai dengan garis merah di bagian atas dan diakhiri dengan garis putih yang melambangkan jumlah anggota dalam persekutuan, yaitu 13 negara bagian dan Wilayah Persekutuan.

Makna Jalur Gemilang

Terdapat 14 garis merah dan putih yang melintang dengan lebar yang sama, di mana jumlah 13 melambangkan negara bagian atau persekutuan, yaitu Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Pulau Pinang, Perak, Perlis, Sabah, Sarawak, Selangor, dan Terengganu.

Bagian yang berwarna biru tua di bagian atas sebelah kiri mengalir ke bawah hingga mencapai jalur merah kelima, melambangkan persatuan rakyat Malaysia. Bagian biru tua ini juga menampilkan gambar bulan sabit yang melambangkan Agama Islam, yang merupakan agama resmi Malaysia.

Bintang dengan 14 pecahan melambangkan persatuan dari 13 negeri dan Kerajaan Persekutuan. Warna kuning pada bulan sabit dan bintang melambangkan warna Diraja bagi Yang Mulia Raja-Raja. Warna merah melambangkan keberanian, sedangkan warna putih melambangkan kesucian. Terakhir, warna biru melambangkan persatuan.

Itulah penjelasan tentang bendera dan lambang negara Malaysia. Semoga informasi ini bermanfaat.


Tag :