Manfaat Komputer Di Sekolah. Sekolah Harus Melengkapinya

27-04-2022

BangunPendidikan.com - Laboratorium komputer merupakan fasilitas yang disediakan oleh sekolah yang berfungsi untuk menunjang terlaksananya Proses Belajar Mengajar. Salah satu fasilitas laboratorium (lab) komputer di sekolah yang diminati yaitu jaringan internet. Apakah manfaat jaringan komputer di sekolah?

Banyak sekali manfaat jaringan komputer di sekolah, bukan hanya untuk sekedar pelengkap proses belajar mengajar atau bukan hanya untuk sekedar update status sosmed. Pada salah satu materi Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) dan siswa kelas XII belajar bagaimana caranya membuat blog, disitulah manfaat komputer di sekolah berperan besar.

Untuk penambahan materi bisa kita cari di Om Google. Apakah manfaat lab komputer di sekolah mengganggu PBM? Semua tergantung bagaimana kita mengatur waktu senggang kita dan jadwal penggunaan Lab Komputer untuk proses belajar mengajar.

Salah satu manfaat komputer di sekolah adalah untuk mempermudah operator dan tata usaha dalam pembuatan surat dan pengerjaan dapodik sekolah.

Manfaat Komputer di Sekolah Bagi Siswa

  1. Memudahkan pencarian informasi
  2. Dapat memanfaatkan aplikasi pembelajaran
  3. Inovasi kelas daring

Manfaat Lab Komputer Di Sekolah Dan Persyaratannya

Mengingat banyaknya manfaat komputer di sekolah dalam mengembangkan keterampilan siswa dan dalam akselerasi proses pembelajaran, maka perlu dilakukan upaya manajemen laboratorium komputer yang baik untuk mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal.

Berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007, laboratorium komputer berfungsi sebagai tempat mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Setiap laboratorium komputer harus memenuhi berbagai persyaratan atau standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Seperti :

  1. Sekolah harus mengatur jumlah rombongan belajar agar disesuaikan dengan jumlah komputer yang ada di laboratorium. 1 komputer hanya diperbolehkan digunakan maksimum oleh 2 siswa.
  2. Laboratorium komputer harus mempunyai luas ruang yang cukup untuk menampung seluruh siswa dalam rombongan belajar. 1 siswa minimal harus dapat mempunyai ruang 2m2
  3. Luas minimum ruang laboratorium komputer 30 m2. Luas minimal sebuah laboratorium adalah 30 m2 jika jumlah siswa dalam satu rombongan belajar kurang dari 15.
  4. Lebar minimum ruang laboratorium komputer 5 m Laboratorium komputer harus didesain untuk dapat dijadikan sebagai tempat belajar siswa dengan nyaman. Lebar minimal dari Laboratorium komputer adalah 5 m. Walaupun luasnya mencukupi, laboratorium komputer tidak boleh mempunyai bentuk memanjang seperti gerbong kereta api, melainkan harus proporsional antara panjang dan lebar.
  5. Tata letak komputer perlu didesain agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Manfaat Laboratorium TIK

  1. Mengunakan laboratorium sebagai sarana untuk kegiatan praktek, baik berupa pelajaran tentang pengenalan Microsoft office maupun pengenalan tentang hardwere. Yang perlu diperhatikan adalah, dalam kegiatan ini perlu adanya pengawasan yang benar baik itu oleh guru mata pelajaran atau olehpengawas laboratorium.
  2. Laboratorium bisa dugunakan untuk mata pelajaran yang lain, yang membutuhkan media pembelajaran Audio Visual.
  3. Laboratorium dapat digunakan oleh anak didik yang sibuk dengan kegiatan UKM. Contohnya dalam pembuatan surat menyurat dan keperluan lain yang berhubungan dengan kegiatan di Kampus.
  4. Laboratorium dapat digunakan sebagai sarana bimbingan belajar. Dimana waktunya dapat dilaksanakan diluar Kegiatan Belajar Mengajar.
  5. Jika sudah terkoneksi dengan internet, dapat pula dimanfaatkan sebagai sebagai metode e-learning sebagai media pembelajaran. Dimana guru dan murid dapat terus berinteraksi setiap saat.
  6. Koneksi Internet yang baik memungkinkan sekolah dapat mengelola website di laboratorium komputer. Sehingga Profil  sekolah akan lebih mudah diakses oleh semua masyarakat umumnya, khususnya anak didik dan alumni.

Begitulah manfaat komputer di sekolah dan manfaat lab komputer di sekolah yang bisa bangun pendidikan publikasikan kepada sahabat semua. Semoga manfaat komputer di sekolah anda bis dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh siswa dan guru.