Manfaat Surat Al Insyirah

Setiap kandungan surat dalam Al-Qur'an memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendırı.

Terdapat banyak pelajaran yang ada dan bisa dijadikan sebagai pedoman hidup untuk umat muslim berbuat kebaikan.

Salah satu surat yang memiliki keutamaan luar biasa yaitu Surat Al Insyirah atau dikenal dengan Surat Alam Nasroh.

Surat ini merupakan salah satu surat ke-94 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 8 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah.

Ada berbagai manfaat surat Al Insyirah yang bisa dapat dirasakan rasakan baik untuk anak, keluarga, suami, ibu dan lainnya.

Salah satu manfaat yang paling menonjol yaitu melapangkan hati, membuka pintu rezeki serta mempermudah segala urusan.

Surat ini juga dikenal sebagai penenang hati, terutama bagi yang sedang menghadapi kesulitan atau beban berat dalam hidup.

Lantas apa saja manfaat surat Al Insyirah dan bagaimana cara mengamalkannya? Berikut kami sajikan informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Manfaat Surat Al Insyirah

Adapun berbagai manfaat yang dapat dirasakan, seperti:

1. Manfaat Surat Al Insyirah untuk Anak

Surat Al Insyirah dapat membantu anak-anak dalam pengembangan spiritual dan kebijaksanaan.

Pesan yang terkandung dalam surat ini, seperti meyakini bahwa setiap kesulitan akan diikuti oleh kemudahan, dapat memberikan mereka ketenangan dalam menghadapi tantangan hidup.

Surat ini juga mengajarkan pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat Allah, yang merupakan pelajaran penting dalam mendidik anak-anak agar menjadi individu yang berterima kasih.

2. Manfaat Surat Al Insyirah untuk Suami

Surat Al Insyirah mengandung pesan tentang kemurahan Allah dan nikmat-nikmat yang diberikan-Nya.

Dengan membaca surat ini secara rutin, suami dapat lebih menghargai dan bersyukur atas kehadiran istri atau pasangannya dalam hidupnya. Hal ini dapat memperkuat ikatan cinta dan kasih sayang antara suami dan istri.

3. Manfaat Surat Al-Insyirah untuk Jodoh

Surat Al-Insyirah dapat menjadi doa dan permohonan kepada Allah untuk mendapatkan pasangan hidup yang baik dan harmonis.

Pesan dalam surat ini tentang pengalaman Nabi Muhammad SAW dapat memberikan inspirasi bahwa dalam hidup, ada saat-saat kesulitan yang akan diikuti oleh kemudahan.

Hal ini dapat memberikan harapan kepada mereka yang mencari jodoh bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi mereka.

4. Manfaat Surat Al Insyirah untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, Surat Al Insyirah dapat memberikan ketenangan pikiran dan hati. Surat ini mengajarkan tentang proses kesulitan selama mengandung janin.

Allah SWT memberikan dorongan semangat dan keyakinan kepada ibu hamil akan memberikan kemudahan dalam proses kelahiran dan merawat anak agar kelak bisa menjadi orang sukses dan berguna bagi agama dan akhirat.

5. Ketentraman Hati

Surat Alam Nasroh juga memiliki manfaat dalam meredakan kegelisahan hati seseorang ketika menghadapi masalah atau kesulitan.

Hati yang tenang akan membawa kedamaian dalam hidup dan meningkatkan kebahagiaan.

Selain itu, membaca surat Al Insyirah dapat membantu mengatasi rasa malas, terutama dalam bekerja, sehingga memotivasi untuk menjalani hidup dengan semangat.

6. Mengatasi Rasa Malas

Manfaat lain dari surat Al Insyirah adalah mengatasi rasa malas dalam beribadah dan bekerja.

Menghilangkan rasa malas dalam beribadah akan mendekatkan diri pada Allah SWT, sehingga Allah akan memberikan kemudahan dalam menghadapi segala kesulitan yang dihadapi.

7. Diberikan Rezeki yang Lancar

Rezeki akan lebih mudah dicapai apabila kita membaca Surat Al Insyirah secara rutin. Ini akan membawa kebahagiaan dalam kehidupan, dan rezeki yang dimaksud tidak hanya terbatas pada aspek materi, tetapi juga mencakup kesehatan dan kebahagiaan.

8. Kemudahan dalam Menghadapi Rintangan

Sebagai umat muslim tentunya menginginkan kemudahan dalam kehidupan, meskipun pasti ada rintangan yang dihadapi.

Membaca Surat Al Insyirah memberikan manfaat, yaitu kesulitan yang kita hadapi akan menjadi lebih mudah diatasi dan akan ada jalan keluar yang diberikan oleh Allah SWT.

Tata Cara Mengamalkan Surat Al Insyirah

Adapun cara mengamalkan surat Al Insyirah

  • Membacanya setiap malam sebanyak 1000 kali sambil juga membaca shalawat sebanyak 11 kali.
  • Mengamalkannya setelah shalat hajat sebanyak 152 kali, disertai dengan membaca shalawat sebanyak 11 kali.
  • Membaca Surat Al Insyirah setelah menyelesaikan shalat fardhu sebanyak 40 kali, sambil juga melanjutkannya dengan membaca shalawat kepada Nabi sebanyak minimal 11 kali.
  • Menyertakan Surat Al-Insyirah dalam amalan setelah menyelesaikan shalat dhuha sebanyak 200 kali.

Untuk merasakan manfaat Surat Al Insyirah, mari tingkatkan amalan dengan membacanya secara rutin dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu, dapat mendekatkan diri kepada Allah, meraih ketenangan hati dengan ikhlas, dan menghadapi hidup dengan lebih optimis dan penuh kebahagiaan.


Tag :