Jurusan Peternakan: Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

28-11-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Hai sobat Bangun Pendidikan, apakah kamu tertarik dengan Jurusan Perternakan? Jika iya, kali ini kita akan membahas mengenai jurusan Peternakan, mulai dari mata kuliah, hingga prospek kerjanya. Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Peternakan?

Jurusan Peternakan merupakan jurusan yang mempelajari pemeliharaan, pengelolaan, pengembangan teknologi, sampai pemasaran hewan ternak dan hasil ternaknya. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari mengenai cara pengembangan penelitian menggunakan bioteknologi.

Tak hanya bertekun pada ilmu peternakan saja, mahasiswa jurusan ini juga akan dibekali ilmu manajeman, teknik, dan gizi.

Jika mengambil jurusan ini, kamu tidak hanya akan mempelajari mengenai teori saja. Tapi, kamu juga akan mempelajari mengenai praktik-praktik berkaitan dengan peternakan dan teknologinya. Bahkan, kamu akan sering melakukan praktikum yang waktu penelitiannya berhari-hari lamanya hingga praktikum yang kamu lakukan berhasil.

Uniknya, di beberapa universitas memiliki kandang ternak yang diurus juga oleh mahasiswa Jurusan Peternakan, loh. Mahasiswa pun diberi tugas untuk mengurus ternak-ternak ini, mulai dari perawatan ternak, kebersihan kandang, dan tentunya makanan untuk hewan ternak. Tujuannya agar mahasiswa dapat sekaligus mempraktikkan apa yang dipelajari dalam perkuliahan.

Mata Kuliah Jurusan Peternakan

1. Mikrobiologi

Mata kuliah yang pertama adalah Mikrobiologi. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang seluk beluk mikroorganisme seperti fungi, bakteri, protozoa, dan lain-lain.

2. Kimia Biofisik

Mata kuliah kedua adalah Kimia Biofisik. Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep struktur, termodinamika dan kinetika di bidang ilmu kimia yang bisa menjelaskan perilaku dan fungsi biomolekul pada sistem biologi.

3. Ilmu Ekonomi Peternakan

Mata kuliah ketiga adalah Ilmu Ekonomi Peternakan. Mata kuliah ini mempelajari tentang perekonomian, permintaan, penawaran, dan analisis finansial usaha peternakan. Mata kuliah ini wajib kamu pelajari jika berencana menjadi pengusaha ternak Indonesia yang masih potensial kedepannya.

4. Genetika Dasar

Mata kuliah keempat adalah Genetika Dasar. Genetika Dasar merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari agar Kamu memahami konsep hubungan dan pemindahan informasi dari satu sel ke sel lain dan pewarisan sifat induk pada anaknya.

5. Biokimia

Mata kuliah kelima adalah Biokimia. Mata kuliah ini mempelajari tentang reaksi kimia yang terjadi pada sel atau makhluk hidup.

6. Anatomi Ternak

Mata kuliah keenam adalah Anatomi Ternak. Mata kuliah ini mempelajari tentang bentuk dan susunan tubuh ternak secara keseluruhan dan bagian serta hubungan masing-masing alat tubuh dengan bagian lain.

7. Agrostologi

Mata kuliah ketujuh adalah Agrostologi. Mata kuliah ini mempelajari tentang rumput, klasifikasi dan pemanfaatannya.

8. Ilmu Ternak Potong

Mata kuliah kedelapan adalah Ilmu Teknak Potong. Tidak semua jenis ternak bisa dipotong sehingga Kamu akan belajar mata kuliah Ilmu Ternak Potong yang terbagi dalam dua kelompok yaitu ternak potong besar (sapi, kerbau, kuda) dan ternak potong kecil (kambing, domba, babi, kelinci).

9. Ilmu Ternak Unggas

Mata kuliah kesembilan adalah Ilmu Ternak Unggas. Pada mata kuliah ini, kamu akan mempelajari tentang teknik unggas.

10. Manajemen Usaha Ternak

Mata kuliah terakhir adalah Manajemen Usaha Ternak. Manajemen Usaha Ternak merupakan mata kuliah penting yang mempelajari studi peternakan dan ekonomi.

Prospek Kerja Lulusan Peternakan

- Ahli Epidemiologi

- Peneliti Hewan

- Manager Pertanian dan Peternakan

- Ahli Teknologi Kulit

- Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan

- Manajer Akuakultural

- Ahli Ilmu Hewan dan Satwa Liar

Nah sobat Bangun Pendidikan, itulah seputar penjelasan mengenai jurusan Peternakan lengkap dengan mata kuliah dan prospek kerjanya.