Mata Kuliah Jurusan Astronomi

24-10-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Apa sih yang terlintas di kepala kalian Ketika kita mendengar jurusan Astronomi? Astronot dong pastinya! Bagi kalian yang bercita-cita menjadi astronot inilah jurusan yang patut kalian ambil untuk membantu meraih mimpi kalian menjadi astronot.

Memangnya ada ya jurusan astronomi? Apa sih jurusan Astronomi itu? Apa aja ya mata kuliah dipelajari dalam jurusan ini?

Nah, jika kalian tertarik dengan jurusan ini mari kita bahas!

Apa Itu Jurusan Ilmu Astronomi?

Jurusan Ilmu Astronomi memberi mahasiswa kurikulum yang bervariasi dan menarik yang berfokus pada prinsip-prinsip astronomi yang berkaitan dengan objek di dalam tata surya kita, sifat bintang, apa yang membentuk galaksi, dan topik astronomi yang lebih luas seperti evolusi fisik dan interaksi materi-cahaya.

Ilmu Astronomi ini menggunakan ilmu-ilmu dasar fisika, kimia, matematika, biologi, dan evolusi yang berkesinambungan dengan tata surya dan benda langit. Pembelajaran awal dari jurusan ilmu astronomi ini mungkin lebih terkhususkan dalam topik astronomi atau astrofisika setelah tahun pertama, dan topik dapat mencakup kosmologi, bintang dan pembentukan bintang, sistem planet, dan astrofisika energi tinggi.

Lalu, apa saja sih mata Kuliah yang dipelajari pada jurusan ilmu astronomi ini?

Mata Kuliah jurusan ilmu Astronomi

Ilmu MIPA

Mata Kuliah pertama adalah ilmu MIPA, yang meliputi Matematika, Fisika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pada dasarnya kalian hanya akan mengulang beberapa mata pelajaran yang kalian pelajari waktu di bangku sekolah menengah atas. Hal ini ditujukan agar mahasiswa lebih siap menyambut materi-materi di semester berikutnya.

Astrofisika

Mata Kuliah deretan ke-dua ada astrofisika, mata Kuliah ini mempelajari tentang fisika alam semesta dan sifat fisik yang dimilikinya. Contohnya seperti suhu, luminositas, kepadatan, dan lainnya.

Tata Surya

Mata Kuliah ke-tiga, ada mata Kuliah tata surya, seperti namanya kalian akan mempelajari banyak hal tentang fenomena alam semesta dan isi kandungannya. Sangat menarik, kalian akan mempelajari tentang planet, satelit, bintang dan masih banyak lagi di dalamnya.

Pengantar Kosmologi

Mata Kuliah ke-empat, kalian akan menerima matkul pengantar kosmologi yang dimana nantinya kalian akan mempelajari tentang asal muasal terbentuknya alam semesta dan nasib akhir alam semesta. Pemahaman kosmologi menyangkut hubungan perilaku struktur terbesar di alam semesta kita (planet, bintang, galaksi, dan gugus galaksi) bersama dengan struktur terkecil di alam semesta kita (partikel fundamental).

Sejarah Astronomi

Mata Kuliah ke-lima, ada Sejarah Astronomi. Seperti namanya, mata Kuliah ini memberikan materi tentang sejarah astronomi. Seperti menemukan segala sesuatu di bidang astronomi, termasuk planet, satelit, dan sebagainya.

Oke sobat, itulah beberapa mata Kuliah yang akan kalian pelajari bila kalian mengambil jurusan ilmu astronomi ini. Jangan sampai salah memilih jurusan yah!