Yuk intip! Apa Saja Mata Pelajaran Dalam Program Studi Hubungan Masyarakat

19-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Apa itu Program Studi Hubungan Masyarat?

Hubungan Masyarakat atau yang biasa kita kenal dengan Public Relations adalah salah satu bagian dari Fakultas Ilmu Komunikasi. Hubungan masyarakat (humas) adalah sebuah program studi yang mempelajari tentang penjagaan citra dan reputasi sebuah organisasi tertentu, yang di dukung dengan kemampuan digitalisasi, keilmuan komunikasi, negosaisi, advertising, presentasi, dan creative thingking yang dapat diterima oleh masyarakat dengan baik dan benar.

Mengapa Memilihi Program Studi Hubungan Masyarakat?

Bagi kamu yang suka berpikir kristis, memiliki wawasan luas, ketrampilan interpersonal, public speaking, dan menyukai riset dan observasi program studi ini sangatlah cocok untukmu. Prospek kerjanya pun cukup menjanjikan ya untuk program studi Hubungan Masyarakat ini sendiri, seperti event organizer, Mass Communication (MC), Konsultan Kemuhasan, dan masih banyak lagi yang artinya tidak menutup kemungkinan kalian untuk memasuki instansi pemerintahan.

Perkuliahan dan Mata Kuliah dalam Program Studi Hubungan Masyarakat

Pada semester awal atau semester satu dan dua biasanya kalian akan mempelajari ilmu komunikasi secara umum. Dasar-dasar ilmu komunikasi seperti pengantar ilmu komunikasi, dan teori komunikasi.

Lalu memasuki semester tiga atau lima kalian akan memilih konsentrasi jurusan, diantaranya ada Public Relations, Advertising, Broadcasting, hingga Markerting Communication.

 Setelah mengambil salah satu konsentrasi jurusan tersebut diatas barulah kalian fokus mempelajari Manajemen Proyek, Etika komunikasi, Psikolog Konsumen hingga edufriends serta yang lainnya. 

Apa Saja Sih Mata Kuliah yang dipelajari di Program Studi Hubungan Masyarakat?

1. Pengantar Ilmu Komunikasi

2. Teori Komunikasi

3. Psikolog Komunikasi

4. Filsafat dan Etika Komunikasi

5. Hukum dan Peraturan Kehumasan

6. Komunikasi Massa

7. Pengantar Kehumasan

8. Komunikasi Organisasi

9. Manajemen Humas

10. Teknik MC dan Protokoler

10. Marketing Public Relation

11. Perencanaan Kerja Humas

12. Retorika dan Public Speaking

13. Hubungan Masyarakat

14. Hubungan Media

15. Komputer Grafis Kehumasan

16. Krisis dan Strategi Humas

17. Lobby dan Negosiasi

18. MC dan Protokoler

19. Media Kehumasan

20. Online Public Relation

21. Public Relation Writing

Prospek Kerja Program Studi Hubungan Masyarakat

Seperti beberapa pekerjaan yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa peluang karir lain untuk lulusan program studi Hubungan Masyarakat. Apa saja ya kira-kira? Yuk, kita simak!

Public Relations Spesailist

Pekerjaan ini tergolong pekerjaan yang tidak membosankan, dikarenakan seorang Public Relations Spesialist akan bertemu banyak orang bahkan bisa berkerja di luar kantor. Antara lain tugasnya adalah memahami public relations politics, manajemen krisis, serta corporate social responsibility. Tugas lainnya yaitu menjawab pertanyaan media serta wawancara public, hingga pidato.

Public Relations Manager

Hampir mirip dengan Public Relations Spesialist, namun seorang Public Relations Manager bertugas membantu memperjelas sudut pandang organisasi atau perusahaaan kepada audiens dengan media, iklan, promosi dan memastikan kampanye iklan kompatible dengan citra sebuah organisasi dan perusahaan itu.

Social Media Manager

Seorang Socail Medai Manager bertugas merencanakan, melaksanakan, mengelola, dan memantau strategi media sosial sebuah perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran. Contoh tugasnya seperti membuat konten di media sosial. Namun, disisi lain kalian harus menguasai dan memahami Opini Publik dari User ID melalui metode riset kuantitatif.

Oke sobat, Itulah beberapa hal tentang Program Studi Hubungan Masyarakat, menarik bukan!