Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi Lengkap dengan Mata Kuliahnya

22-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Jurusan Ilmu Komunikasi semakin lama semakin banyak peminatnya. Namun, pengetahuan mengenai apa sebenarnya tujuan belajar Ilmu Komunikasi hingga prospek lulusan Il Komunikasi tidak diketahui oleh banyak orang, terutama calon-calon mahasiswa baru.

Maka dari itu, kami akan membantu kamu mengetahui seputar Ilmu Komunikasi lengkap dengan mata kuliahnya yang bisa kamu perhatikan sebelum mengambil jurusan ini nantinya.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa, baik verbal dan nonverbal.

Komunikasi sendiri adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, serta masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, maka komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik tubuh atau menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, dan mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

- Pengantar Ilmu Komunikasi

- Teori Ilmu Komunikasi

- Sosiologi Komunikasi

- Komunikasi Massa

- Psikologi Komunitas

- Komunikasi Keorganisasian

- Komunikasi Antar Pribadi

- Teknologi Komunikasi

- Metode Penelitian Komunikasi

- Pengantar Ilmu Jurnalistik

- Filsafat Komunikasi

-  Komunikasi Politik

-  Hukum Etika Pers

-  Public Relations

-  Media Relations

-  Manajemen Media Massa

-  Komunikasi Lintas Budaya

-  Komunikasi Internasional

-  Public Speaking

-  Teknik Wawancara Cetak dan Elektronik

-  Penulisan Naskah Film dan TV

-  Ekonomi Politik Media

-  Jurnalistik Online

-  Penulisan Feature

-  Komunikasi Grafis

- Komunikasi Pemasaran

- Fotografi

- Jurnalistik Radio

- Kajian Iklan

- Teknik Presentasi dan Negosiasi

- Perkembangan Teknologi Komunikasi

Peluang Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

1. Reporter

Peluang kerja pertama adalah menjadi seorang reporter. Reporter merupakan para spesialis yang bertugas untuk mencari berita serta mendeskripsikannya dalam bentuk media seperti koran, majalah, radio, atau televisi.

Selain itu, mereka juga bertugas untuk melakukan peliputan berita di lapangan yang kemudian melaporkannya kepada publik melalui live report di TV atau media streaming lainnya.

2. Copywriter

Peluang kerja kedua adalah copywriter. Copywriter merupakan seorang spesialis yang menyediakan teks iklan atau materi promosi untuk aset perusahaan, termasuk halaman web, blog, artikel, iklan, posting media sosial, email, dan lain sebagainya.

3. Event organizer

Peluang kerja ketiga adalah event organizer atau EO. Seorang EO akan bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengandalkan beragam jenis event.

4. Business analyst

Peluang kerja keempat adalah business analyst. Seorang business analyst bertugas untuk melakukan analisa pasar, mengukur efektivitas produk, serta memonitor metrics data sesuai dengan kebutuhan bisnis.

5. Customer service

Peluang kerja kelima adalah customer service. Seorang lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti profesi ini harus memiliki kesabaran yang tinggi karena setiap harinya harus menghadapi keluhan para pelanggan.

Nah, itulah seputar penjelasan mengenai jurusan ilmu komunikasi. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk mengambil jurusan ini? Jangan sampai salah jurusan yah.