BANGUN PENDIDIKAN - Salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang banyak peminatnya adalah jurusan teknik pemesinan. Mengapa tidak, jurusan ini memiliki peluang kerja yang sangat besar apalagi di era yang semakin maju seperti sekarang ini.

Bukan rahasia lagi gaji di bidang teknik pemesinan sangatlah menggiurkan. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari jurusan yang satu ini.

Mau tau lebih dalam tentang jurusan ini? Berikut seputar penjelasan tentang teknik pemesinan.

Mengenal Teknik Pemesinan

Teknik pemesinan merupakan jurusan yang mempelajari tentang proses pengerjaan komponen mesin atau peralatan lainnya yang memerlukan perencanaan dengan komputer dan pengerjaannya dengan alat-alat mesin perkakas indutri.

Adapun alat-alat tersebut, yakni mesin bubut, frais, mesin gerinda, mesin nc atau cnc, mesin masterCAM dan mesin bor.

Tak hanya itu, di jurusan ini kamu juga akan. memperlajari teknik pengelasan, fabrikasi logam, pengetahuan membaca serta menggambar komponen mesin dengan teknik manual maupun dengan program komputer AutoCAD dan Solidwork.

Dijurusan Teknik Pemesinan ini, kamu juga mempelajari Pengenalan dan pengolahan bahan, mengukur dengan alat ukur mekanik presisi, menggunakan perkakas tangan serta melakukan perhitungan dasar dan praktek membuat benda kerja.

Jurusan Teknik Pemesinan sangatlah cocok buat kamu yang menyukai mesin dan hal-hal yang berkaitan dengan teknik.

Keunggulan dari jurusan ini adalah lulusannya banyak diserap di oleh berbagai industri. Mulai dari industri otomotif, industri manufaktur, pertambangan, perminyakan, penerbangan serta konstruksi.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pemesinan

1. Operator Mesin Industri

Operator mesin adalah sekelompok orang yang bertugas untuk mengoperasikan mesin.

Orang yang berkerja di operator mesin industri memiliki tanggung jawab untuk memeriksa mesin di sebuah industri atau perusahaan sebelum dinyalakan.

Mereka biasanya bertugas untuk memeriksa bahan bakar mesin, melaporkan kerusakan pada mesin kepada pengawas lapangan, serta memastikan perawatan mesin.

Profesi ini harus memiliki pengetahuan yang dalam tentang macam-macam mesin dan bagaimana cara merawatnya.

2. Drafter mesin

Drafter adalah orang yang bekerja dalam membuat gambar. Mereka lah yang membuat serta menyiapkan gambar-gambar kerja teknik, sehingga gambar tersebut bisa dengan jelas dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Biasanya drafter dibutuhkan pada pekerjaan manufaktur, mulai dari produksi mainan anak-anak, mesin-mesin industri, bangunan sipil, mekanikal elektrikal hingga pesawat terbang.

3. Teknik Las

Tukang las atau welder adalah salah satu profesi yang bertugas untuk mengelas atau menyambung benda-benda yang terbuat dari logam. Contohnya, baja, aluminium tembaga kuningan dan jenis logam lain.

Teknisi las ini sangat dibutuhkan oleh industri dan perorangan mengingat las sangat berguna untuk berbagai alat di industri ataupun rumah tangga.

4. Teknisi

Teknisi adalah seseorang yang memahami dan menguasai bidang teknologi tertentu.

Untuk kamu yang lulusan teknik pemesinan, kamu dapat menjadi seorang teknisi bubut, teknisi gerinda, teknisi frais, teknisi cnc, dan banyak lagi.

Itulah seputar penjelasan terkait jurusan teknik pemesinan lengkap dengan prospek kerjanya. Bagaimana, apa kamu tertarik dengan jurusan yang satu ini?


Tag :