Mengenal Mata Kuliah yang Sering Dipelajari pada Prodi Manajemen Informatika

05-10-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Manajemen Informatika sering menjadi salah satu program studi bawahan yang berada dibawah departemen ilmu komputer. Manajemen Informatika sendiri merupakan program studi atau prodi yang mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara bekerja dengan teknologi.

Mahasiswa akan belajar lebih banyak tentang bagaimana teknologi informasi dirancang, dianalisis, diatur dan dikembangkan untuk kemudian memfasilitasi kehidupan manusia.

Saking banyaknya kelebihan jurusan ini, banyak orang yang mengatakan bahwa solusi ketika ‘jalan buntu’ adalah prodi Manajemen Informatika. Biasanya pekerjaan utama dari lulusan Manajemen Informatika adalah menjadi penyedia solusi atau problem solver.

Ahli manajemen informatika memiliki tanggung jawab untuk selalu menjadi kreatif dan menemukan ide-ide baru yang tidak mainstream.

Apakah Jurusan Manajemen Informatika hanya Fokus pada Komputer dan Teknologi

Jurusan ini akan mengajarkan untuk mengetahui berbagai bidang pengetahuan seperti fungsi komponen dalam bisnis, HRD, dan marketing accounting. Selain itu, Manajemen Informatika juga terdiri dari beberapa mata kuliah. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Programming

Mata kuliah ini mengajarkan pemrograman melalui komputer. Mata kuliah ini tidak hanya diselesaikan dalam satu semester, tetapi dapat dibagi menjadi beberapa semester tergantung pada tingkat kesulitannya. Mata kuliah ini juga akan banyak membahas tentang bahasa pemrograman.

Database

Mata kuliah ini juga sering disebut dengan Basis Data. Basis data itu sendiri terdiri dari semua jenis informasi dan data yang tersimpan di komputer maupun server. Mata kuliah ini mencakup berbagai ilmu seperti model data relasi, aljabar relasional, lingkungan database, normalisasi dan lain sebagainya.

Management Database

Pembahasan dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar bagaimana menggunakan administrasi database dengan benar dan masih banyak lagi. Biasanya mata kuliah ini erat kaitannya dengan aspek-aspek seperti pemodelan, bahasa database, pengaturan database, dan perancangan database.

Network atau Jaringan

Komputer dan Internet tidak dapat dipisahkan dari jaringan atau network. Dalam mata kuliah ini, anda akan belajar tentang konsep dan praktik jaringan.

Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya dapat memahami konsep jaringan atau networking, tetapi mereka juga dapat membangun jaringan yang nantinya dapat melayani pelanggan dan perusahaan.

E-commerce

Selain mata kuliah di atas, ada mata kuliah yang bisa diambil selama berkuliah di prodi Manajemen Informatika. Salah satunya adalah e-commerce yang sedang populer saat ini.

E-commerce merupakan wadah berupa website yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan transaksi secara online. E-commerce juga dapat digambarkan sebagai metode atau cara untuk berbelanja dan bertransaksi secara online dengan memanfaatkan internet.

Lulusan Manajemen Informatika juga akan akrab dengan lingkungan ekonomi dan bisnis, sehingga mahasiswa diperkenalkan ke bidang lain seperti keuangan dan pemasaran.

Tujuan dari pengenalan ini adalah untuk memastikan bahwa mahasiswa sudah paham mengenai divisi lain di perusahaan dan dapat menganalisis kebutuhan TI di divisi tersebut.