Mengenal Prospek Kerja Analis Kimia Lengkap dengan Prospek Kerjanya

11-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Mengambil jurusan analis kimia merupakan salah satu impian siswa SMA lulusan IPA. Selain pelajarannya yang enak untuk diikuti, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang meluas.

Tak heran jika persaingan masuk ke salah satu jurusan favorit di FMIPA ini sangat ketat. Semua orang berlomba untuk meraih potensi karir cemerlang setelah lulus kuliah nanti.

Lantas, apa saja sih peluang atau prospek kerja jurusan analis kimia? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan berikut ini!

Prospek kerja analis kimia

1. Analis Laboratorium

Prospek kerja yang pertama adalah analis laboratorium. Seorang analis laboratorium bertugas untuk melakukan pengujian pada produk, contohnya kalau di industri pangan uji protein, asam lemak bebas, kadar air, di industri kosmetik juga misalnya uji cemaran logam dan lainnya tergantung masing-masing produk sesuai dengan acuan SNI. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp5.000.000 per bulannya.

2. Quality Control

Prospek kerja yang kedua adalah quality control (qc). Seorang quality control bertugas untuk menjaga kualitas produk yang diproduksi perusahaan. Mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan hingga berhasil menjadi produk, seorang sarjana kimia perlu ditempatkan di bagian tim QC ini. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp4.000.000 per bulan.

3. Quality Assurance

Prospek kerja yang ketiga adalah quality assurance. Seorang quality assurance bertugas untuk mengecek kualitas produk yang telah dijalankan bagian QC. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp7.000.000 per bulan.

4. Research and Development

Prospek kerja yang kempat adalah research and development. Seorang research and development bertugas untuk meneliti dan mengembangkan sebuah produk agar bisa berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp6.000.000 per bulan.

5. Tenaga Pendidik

Prospek kerja yang kelima adalah tenaga pendidik. Jika Kamu memang suka mengajar atau mengabdikan diri di dunia pendidikan, kamu bisa menjadi seorang guru atau dosen. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp5.000.000 per bulan belum termasuk tunjangan dan insentif.

6. Analis Kredit

Prospek kerja yang keenam adalah analis kredit. Kamu dapat bekerja dalam tim perusahaan di bagian analis kredit bersama dengan sarjana ekonomi. Secara spesifik, kamu akan melakukan analisis kredit untuk perusahaan yang berhubungan dengan proses analis kimia. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp4.000.000 per bulan.

7. Peneliti

Prospek kerja yang ketujuh adalah peneliti. Jika kamu ingin mengembangkan ilmu pengetahuan yang lebih luas lagi, peneliti adalah jawaban yang paling tepat. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp6.000.000 per bulan.

8. Penulis atau Editor

Prospek kerja yang kedelapan adalah penulis atau editor. Kamu dapat menjadi seorang penulis atau editor karya sains khususnya hal-hal yang berhubungan dengan kimia, contohnya buku paket sekolah. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp3.500.000 per bulan.

9. Pegawai Negeri

Prospek kerja yang kesembilan pegawai negeri. Pada profesi ini kamu akan bekerja di instansi pemerintah seperti BPOM, Dinas Kesehatan dan lain-lain. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp4.000.000 per bulan lengkap dengan tunjangan dan insentif lainnya.

10. Wirausaha

Prospek kerja yang keterakhir adalah wirasaha. Dengan pengetahuan yang kamu miliki, kamu bisa membuat produk-produk kimia yang bisa digunakan untuk sehari-hari. Siapa tahu kamu dapat menerapkan ilmu biokimia untuk menciptakan produk yang memiliki pangsa pasar besar.

Demikian beberapa prospek kerja analis kimia masih terbuka lebar bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Kamu yang ingin meraih masa depan lebih cerah.