Mengenal Mata Pelajaran di SMK Jurusan Multimedia dan Prospek Kerjanya

27-09-2022

 

BANGUN PENDIDIKAN - Jurusan Multimedia atau sering disingkat menjadi MM, adalah salah satu dari sekian banyak jurusan di SMK.

Jurusan multimedia ini mengajarkan bagaimana menggunakan komputer untuk menyajikan teks, suara, gambar, animasi, dan data video dengan menggunakan aplikasi yang ada seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Freehand, dan Adobe After Effects.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan multimedia di SMK dan prospek kerjanya, simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu Jurusan Multimedia

Pada dasarnya, multimedia dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif.

Multimedia linier adalah multimedia yang penggunanya hanya menjadi penonton dan menikmati hasil multimedia dari awal hingga akhir tanpa adanya interaksi. Contohnya seperti film dan televisi.

Sedangkan multimedia interaktif adalah bentuk dari konten multimedia yang memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi dalam konten atau hasil tersebut. Contohnya seperti video game dan belajar melalui situs internet.

Jika berdasarkan penggunaannya, multimedia terbagi menjadi dua jenis yaitu communication multimedia (komunikasi multimedia) dan multimedia content production (produksi konten multimedia). Komunikasi multimedia adalah penggunaan media yang berfungsi untuk mempublikasikan informasi.

Media yang digunakan dapat berupa televisi, radio, film, game, musik, hiburan, tutorial, internet dan media cetak. Komunikasi multimedia ini memudahkan pengguna untuk mengirim dan menerima informasi.

Sedangkan produksi konten multimedia adalah penggabungan beberapa media yang berbeda seperti teks, animasi, video, gambar untuk menghasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, dll.

Mata Pelajaran SMK Jurusan Multimedia

1. Dasar Bidang Keahlian

  • Simulasi dan Komunikasi Digital
  • Fisika
  • Kimia

2. Dasar Program Keahlian

  • Sistem Komputer
  • Komputer dan Jaringan Dasar
  • Pemrograman Dasar
  • Dasar Desain Grafis

3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)

  • Desain Grafis Percetakan
  • Desain Media Interaktif
  • Animasi 2D dan 3D
  • Teknik Pengolahan Audio dan Video
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Prospek Kerja Jurusan Multimedia

Dengan berkembangnya teknologi, media saat ini hadir dalam berbagai bentuk. Dari media cetak hingga media digital, semua jenis bisnis dapat menggunakan semua jenis media untuk pemasaran. Berikut adalah lowongan kerja untuk lulusan jurusan multimedia.

1. Web Designer

Posisi ini membutuhkan kombinasi antara kemampuan desain dan pemrograman. Desain digunakan untuk membuat tata letak situs web dan skill pemrograman akan membuatnya ke dalam situs web. Desainer web juga bertanggung jawab untuk memperbarui konten dan desain situs web sesuai kebutuhan.

2. Graphic Designer

Seorang graphic designer atau desainer grafis bertanggung jawab untuk membuat desain untuk tujuan publikasi di media cetak, situs web, poster dan kemasan produk, serta membuat logo untuk branding perusahaan.

Desainer grafis mengembangkan konsep kreatif sesuai dengan pengarahan dan tujuan yang diberikan. Selain tantangan untuk bisa menghasilkan ide-ide kreatif, desainer grafis biasanya akan mengejar deadline yang ketat dengan cepat.

3. Animator/ Illustrator

Kedua profesi tersebut membutuhkan tingkat imajinasi yang tinggi. Illustrator menggabungkan seni, desain, dan kreativitas untuk membuat gambar visual asli untuk berbagai produk dan media. Setiap ilustrator biasanya memiliki ciri khas dan gaya yang membedakan karyanya dengan ilustrator lainnya.

Lain halnya dengan para animator. Karya ini termasuk seni membuat gambar bergerak atau animasi dalam format dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D). Karya animator dapat digunakan dalam film, iklan, video, situs web, game, dan banyak media lainnya.

4.Interactive Media Designer

Interactive Media Designer bertanggung jawab untuk membuat desain yang interaktif menggunakan teks, data, grafik, suara, animasi, dan efek visual lainnya.

Pekerjaan ini diperlukan untuk membuat situs web, game, materi pembelajaran online, dll.

5. Game Designer

Kecintaan anda pada game dapat mempengaruhi pilihan karir anda, salah satunya adalah dengan menjadi game designer. Posisi ini mencakup berbagai area kerja seperti aturan, latar belakang, alur cerita, karakter, fitur, dan gameplay.