Mukjizat Nabi Khidir (Winda:Canva)

Mukjizat Nabi Khidir menjadi topik perbincangan yang mengundang rasa ingin tahu bagi umat muslim, bukan?

Mukjizat adalah bukti nyata keajaiban yang diberikan Allah kepada para Nabi sebagai tanda kebenaran misi mereka.

Salah satu Nabi yang dikenal dengan mukjizat yang luar biasa yakni Nabi Khidir. Nabi Khidir dikenal sebagai sosok misterius yang muncul dalam berbagai kisah dalam Al-Quran dan hadis.

Mukjizat Nabi Khidir AS paling populer yaitu dapat menghijaukan alam di daerah yang sangat kering.

Lantas, apa saja Mukjizat Nabi Khidir? Berikut ulasan selengkapnya pada artikel di bawah ini, ya!

1. Menghijaukan Alam Semesta

Nabi Khidir dikaruniai berbagai kemampuan luar biasa oleh Allah, salah satunya adalah kemampuannya untuk menghidupkan kembali alam yang kering dan tandus.

Riwayat dari Abu Hurairah mencatat bahwa Rasulullah SAW pernah mengatakan:

"Namanya Khidir karena dia duduk di atas tanah yang gersang, dan seketika itu tanah tersebut menjadi hidup dan bersemangat hijau." (Hadis Riwayat Al-Bukhari) Nabi Khidir juga diberi kuasa oleh Allah untuk mengendalikan lautan dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang hakikat alam.

Dalam satu riwayat lainnya, disebutkan bahwa ketika Nabi Khidir duduk di atas kayu atau tanah yang kering, kayu dan tanah tersebut berubah menjadi padang rumput hijau dan pohon-pohon yang subur.

2. Satu dari 4 Nabi Diyakini Masih Hidup

Menurut beberapa pandangan, ada keyakinan bahwa Nabi Khidir masih ada hingga saat ini.

Imam Ibnu Athailah Assakandari (1250-1309) dalam karyanya yang berjudul Lathaif menyatakan, "Wali-wali spiritual pada setiap zaman diyakini dapat bertemu dengan Nabi Khidir dan memperoleh pengajaran dari beliau."

Terdapat empat Nabi yang dipercaya masih hidup hingga kini, yaitu Nabi Idris, Ilyas, Khidir, dan Isa 'alaihimussalam. Imam Al-Baghawi rahimahullah juga menyampaikan:

 وقالوا: أربعة من الأنبياء في الأحياء اثنان في الأرض: الخضر وإلياس واثنان في السماء: إدريس وعيسى

"Ada pendapat bahwa empat Nabi masih hidup, dua di antaranya berada di dunia, yaitu Khidir dan Ilyas, sementara dua lainnya berada di langit, yaitu Idris dan Isa.”

3. Memiliki Doa yang Dahsyat

Selain memiliki banyak kisah ajaib, Mukjizat Nabi Khidir memiliki doa dahsyat dan menjadi wasilah dikabulkannya segala hajat. Doa ini sering diamallan para Wali dan ulama saleh.

Berikut doa Nabi Khidir:

"Bismillaahi maa syaa-allaahu laa yasuuqul khaira illallahu (3x). Bismillaahi maa syaa-allaahu laa yashrifus suu-a illallaahu (3x). Bismillaahi maa syaa-allaahu maa kaana min ni'matin faminallaahu (3x). Bismillaahi maa syaa-Allaahu laa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'azhiimi (3x). Subhanallaahi wa bihamdihii subhaanallaahi 'azhiimi (3x). Laa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'azhiimi.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, tidak ada yang mampu mendatangkan kebaikan kecuali Allah. Dengan menyebut nama Allah, tidak ada yang bisa menolak kejelekan kecuali Allah. Dengan menyebut nama Allah, semua kenikmatan hanya datang dari Allah. Dengan menyebut nama Allah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah Dzat Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Zat Yang Maha Agung. Dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah Dzat yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."

4. Dibekali Ilmu yang tinggi melebihi Nabi Musa

Mengenai Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa yang diceritakan dalam surat Al Kahfi, Nabi Musa menyatakan:

"Apakah saya bisa menjadi pengikutmu sehingga kamu dapat mengajarkan saya ilmu yang telah diberikan kepadamu yang merupakan ilmu yang benar di antara ilmu-ilmu yang telah kamu pelajari?”

5.  Penyabar

Mukjizat Nabi Khidir juga dikenal memiliki sifat kesabaran. Salah satu contoh nyata dari kesabaran ini dapat ditemukan dalam buku Tafsir al-Munir Jilid 8: Aqidah, Syariah, Manhaj (Juz 15-16 aI-Israa' - Thaahaa) yang ditulis oleh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili tahun 2021, menjelaskan situasi ketika Nabi Khidir bersikap sabar saat menghadapi penduduk desa yang menolak kedatangannya.

Sifat kesabaran yang dimiliki oleh Nabi Khidir ini masih menjadi teladan bagi umat Islam hingga saat ini.

Demikianlah informasi seputar Mukjizat Nabi Khidir AS, semoga dengan mengetahuinya umat muslim dapat mengambil sikap keteladanannya sesuai dengan arahan yang Allah SWT berikan.


Tag :