Negara Dengan Kualitas Perguruan Tinggi Terbaik, Simak Daftarnya

19-05-2022

bangunpendidikan.com - Pendidikan secara bahasa dapat didefenisikan sebagai proses pengubahan sikap serta perilaku individu maupun kelompok, dalam upaya-upaya untuk mendewasakan, melalui beberapa pelatihan dan pengajaran. Tidak heran jika pendidikan adalah faktor yang sangat penting untuk mendorong suatu negara agar lebih cepat maju dan berkembang.

Tujuan pendidikan menurut UU No. 2 Tahun 1985 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya, yaitu bertakwa terhadap Tuhan yang maha esa, memiliki pengetahuan, sehat jasmani dan rohani, memiliki budi pekerti luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, dan bertanggung jawab terhadap bangsa.

Pendidikan memiliki fungsi diantaranya seperti pembentukan watak, membangun minat dan bakat individu, menanamkan keterampilan, dan juga melahirkan generasi dengan pribadi yang dapat membangun negara dimasa depan.

Oleh karena itu berbagai negara berlomba lomba dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Beberapa negara dengan mutu pendidikan terbaik di dunia adalah:

1. Finlandia

Finlandia memiliki universitas yang kalah tenar dengan universitas di Amerika dan Inggris. Namun siapa sangka, negara Finlandia merupakan negara dengan tingkat pendidikan terbaik di dunia. Proses belajar mengajar yang diterapkan di negara Finlandia tergolong relatif santai. Sehingga para pelajar menjadi lebih santai untuk memperoleh materi pembelajaran. Para pengajar di negara ini juga sangat fokus dan sudah menguasai bidangnya. 

Laman sains Smithsonian Magazine mengatakan bahwa, negara Finlandia telah menjadi negara yang tingkat leterasi, pemahaman, dan kelulusan yang tinggi, terutama untuk bidang matematika. Tak heran jika negara Finlandia banyak melahiran ahli dan ilmuan dan tersebar di berbagai negara.

2. Inggris

Inggris merupakan negara yang sangat digemari oleh para pelajar dari berbagai penjuru dunia. Nama nama universitas seperti Cambridge, College London, Oxford, merupakan beberapa universitas dengan jumlah peminat yang sangat tinggi. Sehingga apabila ingin melanjutkan pendidikan di Inggris maka harus dilakukan dari jauh jauh hari.

Inggris juga merupakan negara yang memiliki tenaga pengajar yang ahli, sehingga rata-rata lulusan universitas di Ingggris, menjadikan seorang yang ahli di bidangnya. Seperti dokter, astronom, pakar kesehatan, hingga atlet profesional. 

3. Amerika Serikat

Amerika yang dijuluki Negeri Paman Sam ternyata memiliki sistem pendidikan yang sangat bagus. Sistem pendidikan di Amerika sudah diakui dunia menjadi salah satu yang terbaik dunia. Universitas Harvard, Stanford, Johns Hopkins, merupakan beberapa universitas di Amerika yang memiliki kualitas dan predikat yang baik.  

Tingginya biaya yang dikeluarkan untuk dapat melanjutkan pendidikan di Amerika, menyebabkan banyaknya siswa siswi menggunakan fasilitas beasiswa agar dapat melanjutkan pendidikan di Amerika. 

4. Kanada

Kanada termasuk salah satu negara dengan sistem pendidikan yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Laman Daily Hive Vancouver pernah mengatakan bahwa, Kanada menjadi negara yang menempati peringkat ke-3 terbaik dunia khusus untuk urusan pendidikan dan studi lanjutan. Semua ini tidak lepas dari tenaga pengajar yang hebat. 

Kanada juga memiliki tenaga pengajar yang sangat hebat, serta sudah ahli dalam bidangnya. Sehingga mampu memberikan ilmu kepada pelajar yang menuntut ilmu. 

5. Australia

Australia merupakan sebuah negara yang berada di belahan selatan, yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Australia juga memiliki sistem pendidikan yang bisa bersaing dikelas dunia. 

Maka dari itu tidak heran, banyak pelajar dari berbagai belahan dunia ingin melanjutkan pendidikan di negeri kanguru tersebut. The Australian National University, The University of Melbourne, The University of Sydney merupakan 3 nama universitas di Australia, yang masuk urutan 40 besar untuk perguruan tinggi terbaik di dunia di tahun 2022. 

6. Belanda

Belanda merupakan salah satu negara eropa yang memiliki pendidikan yang memiliki kualitas dunia. Hampir 50 persen pendidikan di belanda melakukan sistem komunikasi bilingual, yaitu komunikasi yang menggunakan dua bahasa, bahasa Inggris dan bahkan jerman. Hal ini dilakukan untuk menciptakan lulusan pelajar yang mampu bersaing di internasional.