Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini

27-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Tahukah Anda bahwa pendidikan anak usia dini itu sangat penting? Pada rentang usia 0 sampai 5 tahun merupakan fase pembentukan kepribadian hingga perkembangan kecerdasan anak. Sejak usia dini, anak-anak sudah dapat menyerap berbagai informasi dengan sangat cepat.

Salah satu pendekatan yang dapat mendukung adalah dengan memberikan anak pendidikan anak di PAUD. Pendidikan anak usia dini adalah wadah berekspresi yang dapat mendukung proses tumbuh kembang anak dengan baik. Dengan kata lain pengertian pendidikan anak usia dini yaitu suatu pendekatan pembinaan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun dengan memberikan dorongan-dorongan pendidikan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mentalnya, sehingga anak siap untuk melangkah lebih jauh pendidikan.

Pentingnya pendidikan anak usia dini guna untuk membantu mereka agar bisa berinteraksi dalam hubungan sosial.  Pada fase ini merupakan masa emas atau the golden years yang tercermin dari tingkat kepekaan pada apa yang dirasakannya. Walaupun bukan hal yang mudah, ada banyak sekali dampak dan manfaat positif yang didapat oleh orang tua jika berhasil mendidik anak dengan baik.

Kegiatan di PAUD tidak hanya memberikan kesempatan kepada anak untuk mengenal sekolah, tetapi juga mengajarkan kejujuran, disiplin dan banyak hal positif lainnya .Kemampuan komunikasi mereka akan meningkat karena terbiasa bermain, belajar, dan makan bersama teman sebayanya. Beberapa manfaat dari pendidikan anak sejak dini adalah sebagai berikut:    

1. Mengenalkan Dunia Baru

Ketika mendidik anak dimulai dari usia dini akan membantu mereka untuk mengenal dunia lebih baik. Hal ini dikarenakan pada usia dini, anak-anak mempunyai rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Ini juga akan mendukung anak agar mempersiapkan mental untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah dasar hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan ini akan berdampak pada sisi motorik anak, kognitif bahasa, dan juga perkembangan sosialnya.

 2.Membantu Perkembangan Anak

Berdasarkan pendapat para ahli, anak yang mendapat pendidikan sejak dini berpeluang mendapat kesuksesan lebih besar di masa depannya. Perkembangan ini dapat dilihat dari tingkat emosional dan intelektualnya. Beberapa diantaranya adalah membuat anak agar berpikir lebih kreatif, percaya diri, dan juga mandiri.

3. Pembentukan Karakter Anak

Membimbing anak dengan pendidikan yang baik dan positif akan melatih cara mereka bersosialisasi dan menghadapi masalah dengan baik. Kemampuan problem solving anak akan terbentuk sehingga mereka dapat masalah dengan karakter yang baik.

4. Meningkatkan Semangat Belajar

Pada masa golden ages, anak akan sangat penasaran yang membuat mereka menjadi anak yang ingin mencari tahu. Anak akan cenderung menjadi lebih semangat dan menemukan berbagai hal baru yang menarik. Anak juga dapat menemukan passion atau potensi yang bisa dikembangkan sejak dini.

5. Pembentukan Kualitas Sdm Anak

Kualitas sumber data manusia di masa depan akan sangat dipengaruhi oleh generasi anak-anaknya. Dengan mempersiapkan pendidikan anak di usia dini dapat membuat generasi penerus yang berkualitas di masa depan nanti.  Dengan kulitas sdm yang baik, bisa saja anak anda akan menjadi the thex ceo.

Walaupun sangat penting, tetapi masih banyak orang tua tidak ingin anaknya stres atau kehilangan waktu bermain, sehingga mereka tidak mengganggap serius pentingnya paud untuk anak mereka.

Pentingnya memilih PAUD yang tepat untuk anak juga harus diperhatikan agar anak menggunakan waktunya dengan tidak sia-sia. Ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan orang tua termasuk kurikulum yang ditetapkan, jarak dan juga biaya.

Selain itu, guru yang mengajar juga harus cinta terhadap anak dan bersemangat dalam menjalani pekerjannya. Hal ini dapat dilihat dari cara guru berbicara dan mengatasi tingkah laku anak.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencarikan PAUD yang baik untuk anak. Dikutip dari National for the Education of Young Children (NAEYC), PAUD yang baik untuk anak memiliki ciri sebagai berikut :

- Anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain, baik yang membuat sesuatu ataupun bermain dengan teman-temannya.

- Jadwal yang jelas. Dengan menanyakan jadwal kegiatan kelas sehari-hari sehingga orang tua dapat menilai apakah kegiatan kelas membosankan atau tidak bagi anak-anaknya.

- Hiasan dinding kelas tk/paud. Dengan memamerkan karya anak untuk mendekorasi ruang kelas, anak akan merasa bangga dan bersemangat.

- Kurikulum. Kurikulum harus dapat disesuaikan tidak hanya untuk anak-anak yang belajar lebih cepat, tetapi juga untuk anak-anak yang membutuhkan lebih banyak bantuan belajar.

- Sarana dan prasarana. Hal ini dikarenakan setiap saran dan prasana akan sangat mendukung keingintahuan anak.

Walaupun nantinya anak sudah mendapatkan pendidikan di PAUD, bukan berarti orang tua tidak perlu melakukan pembinaan lebih lanjut di rumah. Disarankan agar orang tua terutama ibu tetap mengawasi pendidikan anaknya. Hal ini karena ibu berperan sebagai pendidik utama bagi anak-anaknya.