Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Anak 

18-05-2022

Pendidikan kewarganegaraan (PKN) merupakan salah satu pendidikan yang penting untuk diajarkan pada anak sejak dini. Pendidikan kewarganegaraan mampu menumbuhkan rasa Nasionalisme dan moral moral bangsa pada anak.

Pendidikan ini dapat menjadi patokan untuk menjalankan serta memperoleh hak sebagai warga Negara yang baik.

Tujuan Anak Mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan sangat berpengaruh terhadap menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak, dengan diajarkannya pendidikan kewarganegaraan pada anak, diharapkan menjadikan generasi yang memiliki wawasan kenegaraan untuk masa depan bangsa.

Pendidikan kewarganegaraan  ini tentunya harus dipadukan dengan penguasaan ilmu dan teknologi, sehingga terciptalah generasi masa depan yang kelak bisa memberikan sumbangsih dalam pembangunan bangsa.

Manfaat Pendidikan Kewarganegaraan

Dengan di tanamkannya pendidikan kewarganegaraan diharapkan para generasi muda diharapkan memiliki kesadaran penuh akan demokrasi dan HAM.

Pendidikan kewarganegaraan tentunya akan melahirkan generasi- generasi yang mampu memberikan kontribusi yang berarti dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bangsa, seperti konflik dan kekerasan yang terjadi dalam masyarakat Indonesia, dengan cara-cara yang cerdas.

Mencetak generasi muda yang menciptakan dan mempertahankan kejayaan tanah air adalah tujuan berikutnya. Rasa simpati akan tercermin dalam partisipasi aktif generasi muda dalam pembangunan bangsa dan Negara Indonesia.

Generasi penerus diharapkan mampu menyaring pengaruh-pengaruh dari luar, mengambil sisi positifnya dan menolak hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai luhur dan moral bangsa, serta mempertahankan budaya asli Indonesia yang tentunya membawa dampak terhadap pertumbuhan bangsa

Pendidikan kewarganegaraan juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa setia terhadap tanah air dan bersedia dengan tulus iklhas untuk memberikan sumbangsi potensinya demi kemajuan tanah air, walaupun ditengah trendnya budaya asing yang sudah mulai melunturkan budaya asli Indonesia.

Hal- Hal Penting Yang Terdapat Pada Pendidikan Kewarganegaraan

1. Pendidikan kewarganegaraan memberikan pembelajaran untuk memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara secara sopan santun, jujur, dan demokratis serta ihklas dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya dan kewajibannya untuk Negara.

2. Pendidikan kewarganegaraan juga memberikan pembelajaran tentang bagaimana kita sebagai seorang warga Negara Indonesia untuk ikut dalam berpolitik secara sehat.

3. Memberikan pembelajaran akan toleransi yang tinggi terhadap sesame warga bernegara, menambahkan rasa tenggang rasa, dan juga rasa toleransi saling menghargai sesama.

4. Memberikan pengetahuan kepada para siswa dan pelajar akan sistem pemerintahan dan tentang peraturan negara yang berlaku, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Juga untuk menyadarkan kita sejak dini akan pentingnya bela dan cinta tanah air. Karena kita hidup disini dan secara bersama.

Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting untuk diajarkan oleh anak idik bangsa kita sendiri. Sesungguhnya pendidikan kewarganegaraan tidak hanya harus diajarkan dan di tanamkan pada siswa dasar dan pelajar, tetapi juga harus di laksanakan, karena pendidikan kewarganegaraan juga membawa ajaran dari pancasila yang juga harus kita amalkan baik perbuatan maupun yang lainnya.

Lalainya kita sebagai pendidik untuk mengajarkan pendidikan kewarganegaraan tentu akan membawa dampak buruk terhadap generasi penerus.

Lihat Juga: Memahami Penyebab Terbesar Turunnya Prestasi Pada Anak

Beberapa dampak akibat dari tidak di ajarkannya pendidikan kewarganegaraan adalah rakyat Indonesia akan kehilangan pedoman hidup. Hal ini terjadi akibat dari minimnya pengetahuan generasi penerus akan pedoman hidup bernegara, sehingga masing masing individu akan cuek dan mementingkan dirinya sendiri. Kemudian minimnya pendidikan kewarganegaraan akan membuat kehancuran.

Hal ini disebabkan dengan minimnya pengetahuan akan pendidikan bernegara, menjadikan generasi masa depan menjadi tidak memiliki karakter sebagai bangsa dan negara Republik Indonesia.

Hal ini akan menyebabnya mudahnya terjadi kerusuhan akibat dari pengaruh budaya negara asing. Oleh sebab itu sangat perlu disadari bahwa menanamkan rasa nasionalisme sangat perlu dilakukan.

Agar generasi bangsa mampu meneruskan perjuangan leluhur yang sudah berjuang untuk negara Republik Indonesia.