Peran Penting Fasilitas Sekolah Dalam Pembelajaran

14-04-2022

BangunPendidikan.com - Fasilitas sekolah masih merupakan aspek yang perlu diperhatikan di lembaga pendidikan di Indonesia. Di beberapa sekolah tertentu, fasilitas sekolah masih belum ikut berkembang dengan kemajuan teknologi, bahkan di pedesaan masih banyak fasilitas sekolah yang jauh dari kata layak.

Fasilitas sekolah peranannya sangat penting dalam mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM). Fasilitas sekolah yang dimaksud adalah sarana dan prasarana yang digunakan oleh semua pihak yang ada di sekolah, baik guru, murid, kepala sekolah, maupun TU.

Prasarana adalah alat yang secara tidak langsung membantu untuk mencapai tujuan dalam pendidikan, seperti lokasi, gedung sekolah, lapangan olahraga, uang dan lain-lain.

Sementara sarana artinya alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan, misalnya; papan tulis, buku, laboratorium, perpustakaan dan lain-lain.

Alasan Pentingnya Fasilitas Sekolah

1. Meningkatkan efisiensi waktu dan ruang

Fasiltas sekolah dapat membantu guru, siswa, maupun anggota sekolah lainnya untuk mengakses atau menyediakan informasi belajar secara bersamaan tanpa hambatan waktu ataupun ruang.

Dengan bantuan fasillitas sekolah, siswa dapat belajar dengan lebih cepat karena bisa menerima pelajaran dengan lebih baik.

2. Membantu siswa untuk bisa lebih fokus dalam belajar

Terkadang beberapa konsep dan pelajaran perlu dijelaskan dengan menggunakan alat bantu. Gambaran sederhananya, guru yang menerangkan konsep rumus matematika tentunya akan lebih mudah menyampaikan materi dibandingkan guru yang menjelaskan rumus matematika hanya secara lisan.

Salah satu peranan fasilitas sekolah adalah membantu guru untuk menjelaskan konsep yang abstrak secara konkrit. Dengan begitu, para siswa akan lebih bisa menangkap materi pelajaran dan bisa lebih fokus dalam mendengarkan pelajaran.

3. Meningkatkan pengalaman belajar siswa

Selain membuat siswa menjadi lebih fokus dalam belajar, fasilitas sekolah yang baik juga dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa.

Misalnya saja seperti dengan alat teknologi informasi dan komunikasi, guru dapat menjelaskan obyek yang terlalu besar, terlalu berbahaya, dan obyek lainnya yang sulit untuk dibawa ke lingkungan belajar.

4. Mendukung siswa untuk mengasah potensinya

Potensi siswa tentunya perlu diolah dan diasah secara terus menerus agar bisa berkembang. Nah, dalam proses ini, fasilitas sekolah sangat berperan penting.

Fasilitas seperti kolam renang, lapangan basket, lapangan futsal, bisa memudahkan siswa untuk mengasah skill olahraganya. Sementara fasiltias seperti laboratorium bisa mendukung siswa untuk lebih mendalami kemampuan sainsnya.

5. Membuat lingkungan belajar menjadi lebih nyaman

Fasilitas sekolah bisa mempengaruhi lingkungan belajar, baik untuk siswa, guru, staff administrasi, dan pengurus-pengurus sekolah lainnya. Semakin baik dan lengkap sarana dan prasarana sekolah, maka lingkungan belajar akan semakin nyaman dan kondusif.

Contohnya, ruangan kelas yang bersih dan ber-AC tentunya akan lebih mendukung KBM, sebab guru dan murid bisa lebih nyaman dan fokus melakukan kegiatan belajar mengajar.

Lingkungan yang nyaman secara tidak langsung juga akan memengaruhi motivasi siswa untuk belajar. Dengan fasilitas belajar yang memadai, siswa bisa belajar banyak hal baru dengan cara yang lebih menarik. Untuk itu penting sekali untuk memerhatikan kondisi dan kelengkapan fasilitas sekolah.

Berikut beberapa fasilitas mendasar yang paling tidak yang harus ada dalam kondisi baik di sekolah:

  1. Gedung sekolah
  2. Ruang kelas
  3. Ruang guru
  4. Ruang pimpinan
  5. Tempat beribadah
  6. Ruang UKS
  7. Kamar mandi
  8. Ruang sirkulasi
  9. Lapangan bermain atau olahraga
  10. Kantin sekolah
  11. Laboratorium
  12. Keamanan

Bukan hanya sekadar ada, tapi fasilitas-fasilitas di atas tentunya juga harus memiliki kondisi yang baik. Apalagi di era serba digital seperti sekarang, fasilitas yang berteknologi canggih sangat disarankan untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar baik di kelas, maupun secara daring.

Namun untuk menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan baik memang bukanlah hal yang mudah. Untuk mewujudkannya dibutuhkan suatu proses manajemen mulai dari perencanaan, organisasi, pelaksanaan, pemeliharaan dan pengawasan.

Dalam melakukan proses manajemen ini tentunya dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Hal inilah yang menjadi hambatan banyak sekolah untuk memiliki fasilitas sekolah yang memadai.

Hak Siswa Terhadap Fasilitas Sekolah

Di sekolah biasanya ada banyak fasilitas, salah satunya lapangan olahraga. Sebagai siswa, berhak menggunakan lapangan olahraga yang ada di sekolah ketika mata pelajaran olahraga dimulai. Begitu juga peralatan yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Siswa berhak sepenuhnya untuk menggunakan peralatan yang ada disekolah.

Apa Kewajiban Siswa Sebelum Menggunakan Fasilitas Sekolah

Apa kewajiban siswa sebelum menggunakan fasilitas sekolah ? Apakah kewajiban ini harus di laksanakan oleh siswa di sekolah ?

Sebelum menggunakan fasilitas sekolah, siswa di berikan kewajiban dan tugas yang harus dipatuhi dan dilaksanakan. Umur dari sebuah peralatan itu tergantung dari cara penggunaannya, bahkan faktor lain dari bertahannya seorang guru atau staff  disekolah itu karena dihormati oleh siswa. Maka untuk itu sekolah memberikan yang harus dilaksanakan seorang siswa disekolah adalah sebagai berikut :

  1. Membayar uang sekolah tepat waktu
  2. Ikut menjaga dan merawat fasilitas sekolah
  3. Ikut menjaga kebersihan dan keamanan sekolah.
  4. Menghormati semua guru, staff dan security di sekolah
  5. Membantu kelancaran proses belajar mengajar di kelas.
  6. Menjaga nama baik sekolah.
  7. Memakai pakaian yang sesuai dengan aturan sekolah.

Menggunakan fasilitas yang disediakan sekolah

Dengan fasilitas yang lengkap dan tepat, siswa pun bisa semakin termotivasi untuk belajar dan merasa senang, sekolah pun jadi semakin cemerlang.