Perbedaan Fakultas, Jurusan, dan Program Studi

05-10-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Ketika calon mahasiswa ingin mendaftar kuliah, mereka mungkin menemukan berbagai istilah yang mungkin asing atau tidak pernah didengar sebelumnya.

Istilah-istilah khas dunia perkuliahan muncul dan sebagai orang yang baru pertama kali mendengar, calon mahasiswa seringkali bingung.

Istilah penting yang harus diketahui sebagai calon mahasiswa atau mahasiswa baru meliputi fakultas, jurusan, dan program. Ketiganya memiliki arti yang berbeda dan calon mahasiswa harus memahami perbedaan tersebut.

Apa itu Fakultas, Jurusan, dan Program Studi

Sebelum membahas tentang pengertian fakultas, jurusan, dan program studi, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan universitas.

Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi yang menaungi berbagai fakultas, jurusan, dan program studi.

Universitas menawarkan pendidikan di berbagai bidang pengetahuan tanpa batas. Misalnya ilmu humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, dan ilmu agama, dan sebagainya.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa universitas merupakan jenis perguruan tinggi dengan cakupan ilmu yang paling luas.

Adapun jenis-jenis perguruan tinggi di Indonesia sendiri adalah Universitas, lembaga penelitian, sekolah tinggi, politeknik dan akademi.

Pengertian Fakultas

Fakultas adalah bagian dari universitas yang mempelajari disiplin ilmu yang terdiri dari beberapa jurusan.

Dari segi makna, fakultas terletak di bawah universitas dan merupakan kumpulan berbagai jurusan dalam bidang akademik yang sama.

Sebagai contoh, Universitas Indonesia (UI) memiliki beberapa fakultas, salah satunya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, dan sebagainya.

Universitas memiliki banyak disiplin ilmu. Untuk mengatur struktur kampus agar lebih terorganisir, fakultas diciptakan untuk menampung jurusan yang berbeda dari rumpun ilmu yang sama.

Pengertian Mata Kuliah

Jurusan adalah bagian dari fakultas atau sekolah tinggi yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan suatu bidang studi.

Jurusan berada di bawah fakultas dan fokus pada bidang tertentu seperti sejarah, akuntansi, dan manajemen. Mahasiswa dari jurusan yang berbeda akan mempelajari hal yang berbeda pula, bahkan jika mereka termasuk dalam fakultas yang sama.

Pengertian Program Studi

Program studi atau prodi adalah bagian dari sebuah jurusan. Jurusan dapat terdiri dari beberapa program studi dengan fokus ilmiah yang sama. Misalnya, Jurusan Sejarah memiliki dua jurusan yaitu Ilmu Sejarah dan Pendidikan Sejarah. Keduanya mendalami hal yang sama, namun tujuan perkuliahannya berbeda.

Pada saat penerimaan mahasiswa baru, program studi inilah yang dipilih oleh calon mahasiswa. Perguruan tinggi akan langsung memberikan pilihan yang spesifik kepada pendaftar sesuai dengan minat masing-masing.

Beberapa perguruan tinggi dan universitas ada banyak perbedaan ketika menggunakan istilah program studi dan jurusan. Beberapa perguruan tinggi seperti kampus yang belum memiliki banyak program studi, menggunakan istilah jurusan dan jurusan itu sama.

Namun, beberapa universitas besar yang sudah memiliki banyak jurusan dan program studi, paling sering menggunakan jurusan sebagai wadah program studi.