Sistem perekonomian negara Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas (Foto: Istock)

Pastinya sobat bangun tahu dong negara yang dijuluki sebagai negara Petro Dollar Asia Tenggara? Yapz benar, negara tersebut adalah negara Brunei Darussalam.

Brunei Darussalam adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Negara ini berada di bagian utara pulau Borneo dan berbatasan dengan Malaysia di sebelah utara dan selatan. Brunei Darussalam memiliki sistem pemerintahan monarki absolut, di mana Sultan Brunei adalah kepala negara dan kepala pemerintahan. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Melayu, dan mayoritas penduduknya mengidentifikasi diri sebagai muslim.

Brunei Darussalam menjadi salah satu negara terkaya di Asia Tenggara, selain Singapura. Negara ini bukanlah negara yang besar, namun memiliki kekayaan melimpah yang berasal dari minyak bumi dan gas. Oleh sebab itu, perekonomian negara Brunei Darussalam bertumpu pada sumber daya alam yang berupa minyak bumi dan gas.

Perekonomian negara ini sepenuhnya bergantung pada eksploitasi cadangan minyaknya yang begitu melimpah. Sehingga banyak warga negara Brunei memanfaatkan cadangan minyak sebagai komoditas untuk dijual di dalam negeri maupun di luar negeri.

Perekonomian Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah negara dengan bentuk pemerintahan kerajaan yang bertransformasi menjadi kesultanan Islam serta menjunjung tinggi ajaran Islam dalam berbagai aspek.

Ajaran-ajaran Islam sudah dilaksanakan sejak sultan pertama menjabat yaitu Sultan Awang Alak Betatar hingga era Sultan Hasanal Bolkiah saat ini. Sistem perekonomian negara Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas.

Negara dengan ibukota Bandar Sri Begawan ini memiliki penduduk sekitar 442 ribu orang berdasarkan dari hasil sensus penduduk tahun 2018. Penduduknya terdiri dari etnis Melayu, Cina, suku Kadazan, Kadayan, Dayak Iban, serta imigran-imigran dari negara lain seperti Eropa, Eurasia, Ameria, Malaysia, Afrika, dan Singapura.

Perekonomian negara Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas, maka mata pencaharian penduduknya berada di bidang layanan jasa ekspor impor dan perindustrian yang mana bergerak pada pertambangan minyak bumi dan gas. Hal ini membuat negara Brunei Darussalam menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia meskipun statusnya adalah negara berkembang.

Selain dari minyak bumi dan gas, mata pencaharian penduduk Brunei Darussalam juga bergerak di bidang perkebunan dan pertanian yang bergantung pada sungai-sungai, seperti Sungai Belait, Brunei, Temburong, dan Tudong. Namun, hasil pertanian dari negara ini tidak begitu besar, sehingga hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari rakyatnya saja.

Itulah pembahasan tentang perekonomian negara Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas. Semoga informasi ini bermanfaat ya sobat.


Tag :