Lulusan Ilmu Hukum Bisa Jadi Apa? Berikut Prospek Kerjanya

19-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Dari dulu hingga sekarang, program studi ilmu hukum merupakan salah satu jurusan yang banyak diincar oleh calon mahasiswa baru (maba).

Hal itu tidak mengherankan, karena prodi ini menjanjikan masa depan yang menarik, salah satunya menjadi seorang pengacara.

Lantas, apa saja sih prospek kerja lulusan ilmu hukum yang menjanjikan di masa depan? Penasaran? Simak ulasan berikut!

1. Pengacara

Prospek kerja yang pertama adalah pengacara. Pekerjaan ini merupakan opsi karier utama yang dapat ditekuni oleh sarjana hukum yang berkutat dengan ilmu pidana.

Mereka lebih dikenal dengan panggilan hukum karena bertugas untuk membela kliennya pada meja pengadilan.

Tanggangjawab utama seorang pengacara adalah mewakili kepentingan hukum klien dan mencoba menyelesaikan perselisihan seefektif mungkin.

2. Jaksa

Prospek kerja yang kedua adalah jaksa. Buat kamu yang belum tahu, jaksa merupakan perwakilan hukum dari pemerintah yang bertanggungjawab untuk menghadirkan bukti terhadap tersangka di pengadilan pidana.

Mereka berkeja dengan petugas polisi atau aparat penegak hukum lainnya untuk membawa seorang penjahat ke pengadilan.

3. Hakim

Prospek kerja yang ketiga adalah hakim. Hakim menafsirkan dan menerapkan hukum serta preseden untuk membuat keputusan mengenai masalah hukum.

Mereka bertugas untuk mengawasi persidangan dan proses hukum lainnya guna memastikan masalah sudah ditangani secara adil di bawah payung hukum.

Pekerjaan ini sejatinya bukanlah untuk semua orang. Sebab, kualifikasi utama seorang hakim merupakan moral baik serta skill pengambilan keputusan yang mumpuni.

4. Staf legal

Prospek kerja yang keempat adalah staf legal. Posisi pekerjaan ini dibutuhkan di banyak perusahaan, mulai dari bank, properti, rumah sakit, hingga startup.

Sarjana hukum memiliki kesempatan besar untuk bekerja sebagai staf legal karena menguasai ilmu mengenai aset perusahaan, surat perjanjian kerja dan berkas penting lainnya.

5. Konsultan hukum

Prospek kerja yang kelima adalah konsultan hukum. Kamu akan mengaplikasikan ilmu terkait pasal-pasal dan review dokumen untuk keperluan hukum seperti sidang.

Biasanya kantor yang sedang melakukan ekspansi akan mencari konsultan guna berdiskusi mengenai kelengkapan dokumen dan tata cara prosesnya.

6. Diplomat

Prospek kerja yang keenam adalah diplomat. Pada profesi ini kamu akan menjadi wakil bangsa yang bermukim di negara lain. Mereka akan mendapat banyak kolega baru tentunya di negara tempat bertugas.

Diplomat sendiri bertanggungjawab untuk mengawasi hubungan internasional mengenai kesepakatan perdamaian, ekonomi, budaya, hak asasi manusia, dan lingkungan.

Pekerjaan ini juga mencakup negosiasi dan perundingan perjanjian internasional, jauh sebelum para politisi ikut andil di dalamnya.

7. Notaris

Prospek kerja yang ketujuh adalah notaris. Untuk menjadi notaris, kamu perlu sekolah lagi dan mengambil program magister kenotariatan.

Notaris merupakan salah satu profesi yang dinikmati para sarjana hukum karena selain bisa membuka praktik di rumah, tidak terikat juga pada suatu perusahaan.

8. Staf HRD

Prospek kerja yang kedelapan adalah staf HRD. Sarjana hukum yang menjadi HRD akan ditugaskan untuk mengevaluasi kembali aturan perusahaan yang menyangkut dengan ketenagakerjaan.

Selain itu, HRD juga bertugas untuk menjelaskan ketentuan hukum dalam menggunakan BPJS atau Jamsostek.

9. Staf kementerian

Prospek kerja yang kesembilan adalah staf kementerian. Jika kamu mengikuti perkembangan dan berita CPNS, tentu kamu akan tahu banyak mengenai kementerian yang membutuhkan sarjana hukum.

Namun jika kamu belum sempat mencoba atau belum lulus sebagai staf kementerian, jangan langsung menyerah, ya.

Tetap pantau berita serta situs kementerian yang kamu incar, karena lowongan untuk sarjana hukum sangat banyak terbuka.

10. Pengusaha

Prospek kerja yang keterakhir adalah pengusaha. Menjadi seorang pengusaha bukanhal suatu hal yang baru di kalangan sarjana hukum. Justru kamu akan terbantu karena tahu syarat dan proses hukum yang perlu dilewati.

Misalnya, jika kamu ingin punya usaha properti, kamu akan tahu kelengkapan dokumen yang harus kamu lengkapi.

Intinya, kemampuan kamu sebagai sarjana hukum akan melengkapi bakat entrepreneur yang dapat menjadi sumber penghasilan kamu nantinya.

Itulah 10 prospek kerja lulusan ilmu hukum yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel di atas dapat kamu jadikan referensi sebelum menentukan jurusan yang akan kamu ambil di bangku perkuliahan.