Prospek Kerja Lulusan Teknik Geologi yang Bisa Kamu Pertimbangkan

13-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Mungkin sudah tidak asing di telinga kamu mendengar jurusan Teknik Geologi. Ya, jurusan Teknik Geologi merupakan prodi yang mempelajari ilmu tentang bumi dengan berbagai aspeknya, termasuk di dalamnya adalah batuan, bentuk atau struktur dan hubungan antar batuan serta proses kejadiannya.

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati. Selain pelajarannya yang enak untuk diikuti, lulusan Teknik Geologi juga memiliki peluang kerja yang meluas.

Buat Kamu yang penasaran seperti apa peluang atau prospek kerja dari jurusan ini, simak ulasan berikut!

1. Perusahaan Minyak

Peluang kerja yang pertama adalah bekerja di Perusahaan Minyak. Memang benar bahwa sebagian besar lulusan dari jurusan Teknik Geologi akan memasang target untuk bekerja di sini. Seperti yang kita tahu, jenjang karier di perusahaan ini sangat menarik dan diidamkan oleh banyak orang.

2. Perusahaan Pertambangan

Peluang kerja yang kedua adalah menjadi salah satu anggota di Perusahaan Pertambangan. Lulusan jurusan Teknik Geologi tentu mempunyai bekal ilmu yang cukup untuk diaplikasikan di bidang tambang. Apalagi perusahaan tambang bisa memberikan penghasilan yang cukup menjanjikan buat kamu.

3. Kontraktor

Peluang kerja yang ketiga adalah menjadi seorang Kontraktor. Pada bidang profesi ini kamu juga bisa mengaplikasikan ilmu yang kamu dapat selama berkuliah. Gaji seorang kontraktor juga sangat menjanjikan bahkan kamu dapat meraih ratusan juta rupiah tergantung skala proyek yang kamu kerjakan.

4. Dosen Jurusan Teknik

Peluang kerja yang keempat adalah menjadi Dosen. Jika kamu mempunyai keinginan untuk melanjutkan kuliah pascasarjana maka kamu bisa lanjut melamar menjadi dosen.

5. Bekerja Di LIPI

Peluag kerja yang kelima adalah berkerja di LIPI. Kamu dapat menjadi salah satu peneliti di LIPI. Profesi ini sangat cocok untuk ditekuni buat kamu yang memiliki jiwa peneliti dan hobi melakukan analisis.

6. Pengembang Permukiman

Peluang kerja yang keenam adalah pengembang permukiman. Area permukiman harus terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang bertambah terus-menurus. Kamu bisa ikut berkontribusi dalam mengembangkan area permukiman yang ada di Indonesia.

7. Kementerian Lingkungan Hidup

Peluang kerja yang ketujug adalah bekerja di Kementerian Lingkungan Hidup. Bekerja di lingkungan kementerian tentu menjadi sebuah profesi yang sangat membanggakan. Apalagi jika kamu memiliki jabatan dan peran yang penting di kementerian tersebut.

8. Bekerja di BPPT

Peluang kerja yang kedelapan adalah berkerja di BPPT. BPPT merupakan sebuah instansi pemerintah non-kementerian yang bertugas utnuk melakukan pengkajian serta penerapan teknologi di Indonesia.

9. Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral

Peluang kerja yang ketarakhir adalah bekerja di Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral. Buat kamu yang memiliki keinginan berkarier yang bagus maka profesi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja, proses seleksi untuk menjadi salah satu anggotanya sangatlah ketat dan harus dijalani dengan usaha keras.

Bagaimana, apakah kamu berminat mengambil jurusan ini? Jangan sampai salah jurusan, ya.