Yuk Intip Seputar Mata Kuliah Jurusan Agribisnis

08-11-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Pangan merupakan salah satu komoditas besar Indonesia. Hal ini membuat prospek kerja jurusan Agribisnis pun semakin dibutuhkan. Jika kamu tertarik di bidang pertanian, khususnya yang berkaitan dengan bisnis, jurusan Agribisnis merupakan pilihan yang cocok.

Agribisnis sendiri berasal dari kata agribusiness. Kata ini merupakan gabungan dari agriculture yang bermakna pertanian, dan business yang berarti bisnis.
Oleh karena itu, jurusan Agribisnis adalah bidang keilmuan yang mempelajari bisnis di bidang pertanian, termasuk segala komponen pendukungnya.

Lantas, apa saja sih mata kuliah yang akan ditemui bila mengambil jurusan ini? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Mata Kuliah Agribisnis

1. Pengantar Ilmu Pertanian

Berkuliah di jurusan agribisnis mewajibkan Kamu mengenal lebih jauh mengenai dunia pertanian. Otomatis, Kamu mesti belajar ilmu pertanian dan dibuka dari mata kuliah pendahuluan ilmu pertanian.

2. Pengantar Ilmu Teknologi Pertanian

Di samping mendapatkan dasar-dasar ilmu pertanian, Kamu pun harus belajar ilmu pendahuluan teknologi pertanian. Kamu perlu menelaah lebih jauh tentang teknologi yang dipakai di dunia pertanian saat ini.

3. Dasar-dasar Budidaya Pertanian

Untuk lebih mengetahui seputar dunia pertanian maka Kamu butuh belajar dasar-dasar budidaya pertanian. Di mata kuliah ini Kamu bakal mempelajari lebih jauh mengenai budidaya yang ketika ini dilaksanakan di bidang pertanian.

4. Pengantar Ilmu Ekonomi

Di samping pertanian, di jurusan ini Kamu pun harus menelaah bidang ekonomi. Akan diserahkan pengantar ilmu ekonomi supaya Kamu dapat mengetahui dasar-dasar ilmu ekonomi.

5. Koperasi dan Usaha Pertanian

Kamu bakal masuk lebih dalam ke dunia agribisnis dengan belajar mengenai koperasi dan usaha pertanian. Di mata kuliah ini Kamu bakal mendapatkan bekal ilmu tentang pengelolaan koperasi maupun usaha pertanian.

6. Pengantar Agribisnis

Di semester awal, Kamu bakal mendapatkan pendahuluan ilmu agribisnis. Selanjutnya di semester berikutnya Kamu bakal mendapatkan ilmu agribisnis yang lebih perumahan dan lengkap.

7. Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian

Jurusan agribisnis pun akan menyerahkan pelajaran tentang komunikasi dan penyuluhan pertanian. Kamu bakal belajar bagaimana metodenya berkomunikasi dan menyerahkan penyuluhan di bidang pertanian.

8. Pemasaran Hasil Pertanian

Dari namanya saja kita dapat tahu bahwa jurusan yang satu ini tidak jauh-jauh dari kegiatan bisnis. Oleh sebab itu, otomatis Kamu pun harus belajar tentang pemasaran di bidang pertanian. Kamu bakal belajar kiat pemasaran guna hasil pertanian di Indonesia.

9. Kewirausahaan

Salah satu ilmu yang mesti dipunyai oleh mahasiswa agribisnis ialah ilmu kewirausahaan. Kamu bakal belajar dasar-dasar ilmu kewirausahaan terutama di bidang pertanian.

10. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

Ada tidak sedikit cabang bidang agribisnis yang butuh dipelajari di jurusan ini. Salah satunya ialah ilmu tentang agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

Sobat Bangun Pendidikan, itulah seputar penjelasan mengenai juruan Agribisnis lengkap dengan materi kuliahnya. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan jurusan yang satu ini?