foto: freepik

Surat Al-Baqarah merupakan surat kedua dalam Al-Qur'an yang memiliki 286 ayat. Salah satu bagian yang memuat ayat-ayat penting adalah ayat 284-286.

Ayat-ayat ini sangat berharga karena mengandung makna mendalam tentang iman, tanggung jawab, dan harapan kepada Allah.

Pemahaman mendalam terhadap Surat Al Baqarah Ayat 284-286 dapat membimbing kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT.

Mari eksplorasi bersama-sama kekayaan makna yang terkandung dalam Surat Al Baqarah Ayat 284-286 latin dan terjemahannya untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang ajaran Islam!

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 284-286 Latin, Arab, dan Artinya

1. Surat Al Baqarah Ayat 284

لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ وَإِنْ تُبْدُوا مَا فِي أَنْفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللَّهُ ۖ فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Arab-Latin: lillaahi maa fii alssamaawaati wamaa fii al-ardhi wa-in tubduu maa fii anfusikum aw tukhfuuhu yuhaasibkum bihi allaahu fayaghfiru liman yasyaau wayu'adzdzibu man yasyaau waallaahu 'alaa kulli syay-in qadiirun.

Artinya: Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

2. Surat Al Baqarah Ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Arab-Latin: āmanar-rasụlu bimā unzila ilaihi mir rabbihī wal-mu`minụn, kullun āmana billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulih, lā nufarriqu baina aḥadim mir rusulih, wa qālụ sami'nā wa aṭa'nā gufrānaka rabbanā wa ilaikal-maṣīr

Artinya: "Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali,"

3. Surat Al Baqarah Ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Arab-Latin: lā yukallifullāhu nafsan illā wus'ahā, lahā mā kasabat wa 'alaihā maktasabat, rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil 'alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ 'alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa'fu 'annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Keutamaan Surat Al Baqarah Ayat 284-286 dan Terjemahannya

Keutamaan Surat Al Baqarah ayat 284-286 Latin sangatlah penting dan memiliki nilai yang tinggi dalam Islam. Ayat-ayat ini mengandung ajaran-ajaran berharga yang mencakup aspek iman, ketabahan, dan harapan kepada Allah. Berikut adalah beberapa keutamaan dari Surat Al-Baqarah ayat 284-286:

a. Penguatan Iman

Ayat-ayat ini memberikan penguatan terhadap iman umat Islam, mengajarkan pentingnya kepatuhan dan ketaatan kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan.

b. Pendidikan Moral

Surat Al Baqarah Ayat 284-286 memberikan ajaran moral yang mendalam, mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab.

c. Ketabahan di Tengah Ujian

Ayat-ayat ini menyoroti pentingnya ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan hidup. Mengandung pesan bahwa Allah tidak membebani seseorang melampaui kemampuannya.

d. Harapan kepada Allah

Surat Al Baqarah Ayat 284-286 mengajarkan umat Islam untuk selalu berharap kepada pertolongan dan rahmat Allah, bahkan dalam situasi sulit sekalipun.

e. Pemahaman Konsep Penciptaan dan Akhirat

Ayat-ayat ini mengingatkan manusia tentang konsep penciptaan dan kehidupan akhirat, mengajak untuk selalu merenungkan kebesaran Allah dan mempersiapkan diri untuk kehidupan setelah mati.

f. Doa dan Perlindungan

Terdapat doa-doa dalam ayat-ayat ini yang menjadi perlindungan bagi umat Islam dari godaan syaitan dan bahaya-bahaya lainnya.

Surat Al Baqarah Ayat 284-286 dan terjemahannya memberikan panduan bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan dengan penuh keimanan, kesabaran, dan harapan kepada Allah.

Semoga pemahaman yang mendalam terhadap teks suci ini dapat menjadi sumber inspirasi dan petunjuk dalam mengarungi lika-liku kehidupan.

Keutamaan Surat Al Baqarah Ayat 284-286 Latin dan terjemahannya mengingatkan kamu akan pentingnya memperkuat hubungan spiritual dengan Sang Pencipta, menghadapi ujian dengan ketabahan, dan senantiasa memercayai rencana-Nya.

Dengan demikian, melibatkan diri dalam pembacaan dan pemahaman ayat-ayat suci ini dapat menjadi bekal berharga dalam perjalanan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Mari terus mendekatkan diri kepada Allah dengan membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran-Nya.


Tag :