foto: freepik

Surat Alam Nasroh, atau yang lebih dikenal sebagai Al-Insyirah, merupakan salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki makna mendalam dan penuh hikmah. Surat ini terdiri dari delapan ayat dan termasuk dalam juz ke-30.

Surat Al-Insyirah membahas tentang berbagai nikmat dan kemudahan yang Allah berikan kepada manusia, serta pesan-pesan yang mengajak untuk bersyukur dalam menghadapi berbagai ujian dan kesulitan.

Inti dari surat ini adalah memberikan kabar gembira dan menguatkan hati orang yang sedang mengalami kesulitan, dengan meyakinkan bahwa setiap kesulitan pasti diikuti kemudahan.

Pada kali ini, kamu akan mengulas secara lengkap teks Surat Alam Nasroh Latin dan artinya serta manfaat mengamalkan Surah Alam Nasroh lakasodrok artinya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan memahami dan mengamalkan surat ini, diharapkan kamu dapat meraih keberkahan dan kesuksesan dalam segala aspek kehidupan.

Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Surat Alam Nasroh Latin dan Arab serta Artinya

Berikut adalah bacaan Surat Alam Nasroh Latin dan artinya:

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ

1. Alam nasyrah laka sadrak

Apakah Kami tidak telah melapangkan dadamu?

 وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ

2. Wa wada'na 'anka wizrak

Dan Kami telah mengurangi bebanmu darimu,

الَّذِي أَنقَضَ ظَهْرَكَ

3. Alladzi anqada zhahrak

yang merintangi punggungmu?

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

4. Wa rafa'na laka dzikrak

Dan Kami telah meninggikan sebutan (nama)mu?

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

5. Fa innama'al 'usri yusra

Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

6. Innama'al 'usri yusra

sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan,

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ

7. Fa idzaa faraghta fanshab

maka apabila engkau telah selesai (dari satu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ

8. Wa ilaa rabbika farghab

dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya engkau berharap.

Manfaat Mengamalkan Surat Alam Nasroh

Mengamalkan Surah Alam Nasroh lakasodrok artinya dapat memberikan sejumlah manfaat yang mendalam bagi kehidupan spiritual dan psikologis seseorang. Berikut manfaat mengamalkannya:

1. Menguatkan Hati dan Memberikan Ketenangan Hidup

Surat ini mengandung pesan-pesan yang menguatkan hati dan memberikan ketenangan dalam menghadapi cobaan hidup.

Ayat-ayat yang menjelaskan bahwa setiap kesulitan pasti diikuti kemudahan menjadi sumber motivasi untuk tetap bersabar dan optimis dalam menghadapi tantangan.

2. Mengajarkan Cara Bersyukur

Surat Alam Nasroh lakasodrok artinya juga mengajarkan nilai syukur atas nikmat-nikmat yang diberikan Allah. Dengan mengamalkan surat ini, seseorang diingatkan untuk senantiasa bersyukur atas segala anugerah dan kemudahan yang diberikan, sehingga membentuk sikap mental yang positif.

3. Memperkuat Hubungan Manusia dengan Allah SWT

Menghafal dan mengamalkan Surat Alam Nasroh lakasodrok Latin dapat memperkukuh hubungan spiritual dengan Allah. Surat ini mengingatkan kita tentang kehadiran-Nya yang senantiasa memberikan pertolongan dan rahmat kepada hamba-Nya yang berserah diri.

4. Menjadi Wadah untuk Meraih Keberkahan

Surat Alam Nasroh Latin dan Arab menjadi sarana untuk meraih keberkahan dalam setiap langkah kehidupan. Dengan membaca, memahami, dan mengamalkan surat ini, diharapkan seseorang dapat menemukan petunjuk dan bimbingan dari Allah dalam setiap aspek kehidupannya.

Surat ini tidak hanya menjadi petunjuk spiritual, tetapi juga merupakan sumber motivasi dalam menghadapi berbagai cobaan dan kesulitan.

Dengan memahami manfaat Surat Alam Nasroh Latin dan artinya, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan kamu dapat merasakan manfaat positif yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Mari terus mendalami ajaran Al-Qur'an sebagai petunjuk hidup dan semoga setiap langkah yang kamu ambil selalu mendapatkan bimbingan-Nya.

Terima kasih telah menyimak informasi ini, semoga menjadi ladang amal dan kebaikan bagi umat Islam!


Tag :