foto: Nada Lingga Afrili

Idul Fitri merupakan puncak ibadah selama satu bulan penuh yang dijalankan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Seiring berakhirnya bulan Ramadhan, tiba saat yang dinanti-nanti yaitu Hari Raya Idul Fitri yang penuh berkah. Ketika momen ini tiba, umat Islam saling mengucapkan Taqabbalallahu minna wa minkum.

Arti Taqabbalallahu minna wa minkum adalah suatu ungkapan harapan untuk meraih keridhaan dan penerimaan ibadah dari Allah SWT.

Lebih dari sekadar doa, ungkapan ini mencerminkan nilai-nilai solidaritas dan persaudaraan dalam ajaran Islam. Hal ini sangat dianjurkan sejak zaman Rasulullah SAW untuk dilakukan seluruh umat Muslim.

Lantas, apa arti taqabbalallahu minna wa minkum lainnya yang penuh dengan makna? Temukan jawaban selengkapnya pada ulasan artikel dibawah ini, ya!

Makna Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Taqabbalallahu minna wa minkum (تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ) artinya "Semoga Allah menerima dari kita dan dari kalian." Ini adalah doa yang umat Islam ucapkan kepada sesama mereka untuk merayakan keberhasilan menyelesaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Ungkapan ini mengandung makna penerimaan, pengampunan, dan berkah Allah atas amal ibadah yang telah dilakukan selama bulan suci.

Sementara itu, Taqabbal Ya Karim (تَقَبَّل يا كَرِيْمُ) artinya adalah mengundang pemahaman lebih dalam tentang sifat Allah. "Taqabbal" adalah bentuk kata kerja yang berarti "menerima," dan "Ya Karim" berarti "Wahai Yang Maha Pemurah." 

Dengan kata lain, ungkapan ini adalah permohonan kepada Allah, Sang Maha Pemurah, agar menerima amal ibadah dan doa-doa umat Islam.

Jadi, Taqabbalallahu minna wa minkum merupakan salah satu ungkapan yang mengandung doa, syukur, dan harapan akan penerimaan ibadah yang telah dilakukan kepada Allah SWT.

Tulisan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Arab Dan Artinya

Terdapat berbagai jenis Taqabbalallahu minna wa minkum yang sejak dulu dilafalkan oleh para Nabi dan Rasulullah, di antaranya:

1. Taqabbalallahu minna wa minkum wa Taqabbal ya Karim

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

Arab-Latin: Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya karim

Artinya: “Semoga Allah menerima amal ibadah kita dan Anda semua, dan terimalah ya (Allah) Yang Maha Mulia.”

2. Taqabbalallahu minna wa minkum wa Ahalahullahu ‘alaik

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَأَحَالَهُ اللَّهُ عَلَيْك

Arab-Latin: Taqabbalallahu minna wa minkum wa ahalahullahu ‘alaik

Artinya: “Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakannya atasmu.”

3. Taqabbalallahu minna wa minkum Shiyamana wa Shiyamakum

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ

Arab-Latin: Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum

Artinya: “Semoga Allah menerima kita dan puasa kita semua.”

4. Taqabbalallahu minna wa minkum Versi Panjang

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Arab-Latin: Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Apabila seseorang mengucapkan Taqabbalallahu minna wa minkum kepada kamu, disarankan untuk merespon dengan dua opsi berikut:

1. Menanggapi dengan Sikap yang Serupa

Sebagai contoh, Habib bin Umar Al Anshari menceritakan bahwa ayahnya pernah bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu saat hari raya. Saat itu, ayahnya mengucapkan kepada Watsilah, "Taqabbalallahu minna wa minkum," dan Watsilah membalas, "Taqabbalallahu minna wa minkum." (Diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat An Nisa ayat 86:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Artinya: "Dan apabila kamu disapa dengan suatu salam, maka balaslah dengan yang lebih baik atau balaslah (sapaan itu) dengan yang sepadan. Sungguh, Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu." (QS. An Nisa:86)

2. Menjawab dengan Minna Waminkum Taqobbal ya Karim

Selain merespons dengan sikap yang serupa, kamu juga dapat menjawab dengan ungkapan:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

Arab-Latin: Minna waminkum taqobbal ya karim

Artinya: "Ya Allah Yang Maha Mulia, terimalah amal kami dan amalmu."

Ucapan selamat hari raya Idul Fitri Taqabbalallahu minna wa minkum juga dapat diperkaya dengan tambahan taqabal yaa kariim, wa ja’alanaallahuu wa iyyakum minal ‘aidin wal faaizin. Ada pula yang menambahkan wal maqbulin kullu amiin wa antum bi khair. Gabungan seluruhnya menjadi:

Arab-Latin: Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadhan) dari kami dan dari kamu. Ya Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Semoga Allah menjadikan kita dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan yang beruntung, dan semoga diterima segala amal ibadah. Setiap tahun, semoga kamu senantiasa dalam kebaikan."

Demikianlah ulasan terkait Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga ibadah yang kita lakukan selama ini dikabulkan oleh Allah SWT.


Tag :