Tips Membuat Suasana Kelas Menjadi Menyenangkan

30-12-2022

BANGUN PENDIDIKAN – Sebagai fasilitator utama, seorang guru berperan untuk membuat suasana kelas menjadi menyenangkan. Penyajian materi dengan cara yang baru dapat menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil dari proses belajar mengajar di kelas. Suasana kelas yang segar, menyenangkan , menarik, dan tidak membosankan akan mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Siswa juga merasa senang dan dapat menerima pelajaran engan baik. Lalu bagaimana seorang guru dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan menarik? Yuk, simak tipsnya!

  • Buat Suasana Kelas yang Berbeda

Coba susun ulang ruangan kelas menjadi suasana berbeda, misalnya dapat menukar posisi meja dan kursi yang melingkar. Jadi posisi guru berada di tengah – tengah dan siswa dapat melihat guru dengan lebih baik.

Bapak/Ibu Guru juga dapat mencoba metode mobile teaching. Saat belajar matematika misalnya, guru bisa benar-benar turun untuk membantu murid menjelaskan penggunaan rumus dan sebagainya. Hal ini dapat membantu murid lebih relax dan menciptakan suasana bahwa mereka memang sedang belajar bersama guru, bukan sekadar diajari atau digurui.

  • Perbanyak Interaksi dengan Murid

Full attention atau perhatian penuh juga bisa didapatkan dari memancing pendapat, diskusi atau debat argumen antara murid dan guru. Memang tidak semua anak bisa dengan leluasa mengeluarkan ide mereka. Cara ini dapat melatih anak untuk belajar mendengarkan orang lain, keberanian untuk berbicara dan lebih terbuka pada perbedaan pendapat. Hal ini sangat penting untuk mereka karena akan menjadi bekal saat berinteraksi dengan orang lain, baik itu dengan teman, guru, orang tua atau masyarakat pada umumnya.

  • Manfaatkan Teknologi

Tidak hanya menjelaskan dengan menulis di papan tulis bisa jadi sudah tidak zaman, lho. Penggunaan teknologi dapat membantu guru menciptakan suasana aktif dan segar di dalam kelas. Gunakan laptop, internet dan proyektor untuk mengubah materi pelajaran text book ke dalam audio visual. Jika ingin lebih mudah, Bapak/Ibu Guru bisa langsung memperlihatkan video yang ada di ruang belajar sesuai dengan materi yang sedang disampaikan. Dengan penyajian yang baik dan menarik, fokus anak akan lebih terarah pada materi yang disampaikan.

  • Miliki Sifat Humoris

Siswa mana sih yang tidak suka dengan guru yang lucu? Untuk meningkatkan semangat mereka, penting untuk Bapak/Ibu Guru memberikan humor segar di tengah-tengah pengajaran yang sedang diberikan. Tidak hanya itu, sifat humoris yang dimiliki oleh seorang guru juga dapat memberikan efek kedekatan antara siswa dan guru. Semakin murid merasa dekat dengan gurunya, maka apa yang disampaikan oleh guru juga akan lebih mudah diserap oleh mereka.

Cara lain yang bisa diberikan seorang guru kepada murid adalah dengan bernyanyi. Bernyanyi merupakan salah satu cara yang efektif untuk menciptakan suasana kelas menjadi menyenangkan. Guru bisa menyuruh murid - murid bernyanyi bersama - sama. Anak - anak zaman sekarang pasti paham lagu- lagu yang hits, apalagi sekarang banyak sekali lagu - lagu lama yang diaransemen ulang oleh penyanyi - penyanyi baru, misalnya chord dermaga biru.

  • Berikan Perhatian pada Semua Anak

Terkadang guru akan lebih cenderung memerhatikan murid yang pintar dan aktif di kelas. Anak yang diam saja di kelas biasanya akan kesulitan untuk mendapatkan kesempatan untuk menuangkan ide ataupun mengaktualisasikan dirinya di kelas. Maka sering dikatakan untuk menjadi anak yang “paling” di kelas, baik itu paling pintar, paling suka telat, paling cantik, paling nakal, dan sebagainya. Karena dengan menjadi yang “paling” barulah anak akan diperhatikan oleh guru.