Tips Menulis Cerpen dengan Mudah untuk Pemula

24-12-2022

BANGUN PENDIDIKAN – Kebanyakan dari kamu mungkin ragu ketika ingin membuat cerpen hanya karena kamu bukan penulis cerita yang handal. Padahal, membuat cerpen sebenarnya sangat mudah. Hanya saja kamu harus memperhatikan beberapa tips di bawah ini , agar cerpen yang kamu buat dapat memiliki kualitas yang bagus.

Perhatikan tips berikut:

  • Sisihkan Waktu 10 hingga 20 Jam

Cara membuat cerita pendek yang mudah bagi pemula dan menarik poin pertama adalah menyisihkan waktu selama 10 hingga 20 jam. Waktu 10 hingga 20 jam adalah akumulasi waktu yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan karya cerpen, mulai dari penemuan ide hingga penyusunan tulisan.

Pada umumnya, penggunaan waktu ini akan berbeda – beda untuk setiap penulis cerita pendek. Perbedaan penggunaan waktu didasarkan oleh dua faktor. Pertama, waktu pengerjaan yang berbeda disebabkan oleh banyaknya jumlah kata yang digunakan.

Penulis yang menghasilkankarya dengan 1000 kata biasanya dapat menyelesaikan karya tersebut dalam waktu 5 hingga 10 jam. Berbeda dengan penulis yang menggunakan 2000 hingga 3000 kata dalam karya cerpen bisa menghabiskan waktu 10 hingga 20 jam.

Perbedaan penggunaan waktu dalam membuat cerpen yang kedua disebabkan oleh kemampuan pengarang dalam menulis. Meskipun kamu belum pernah menghasilkan karya cerpen, tapi jika kamu sudah sering menulis besar kemungkinan kamu akan lebih cepat dan mudah menyusun cerita. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan cerita cerpen juga akan lebih singkat.

  • Mencari Ide

Tips kedua untuk menulis cerpen yaitu mencari ide. Ide yang digunakan tidak harus menggambarkan cerita yang rumit. Sebagai pemula dalam menulis cerita pendek, kamu bisa fokus pada bagaimana menampilkan cerita dengan baik dengan menggunakan ide yang ringan terlebih dahulu.

Sebagai contoh kamu bisa menggunakan ide cerita dari kehidupan sehari – hari. Ide cerita dari kehidupan sehari – hari akan lebih mudah kamu kembangkan karena unsur emosional pada cerita lebih mudah kamu kuasai.

Agar mempermudah proses penemuan ide, jangan fokus untuk langsung menemukan satu ide saja. Kamu bisa menulis semua ide yang ada di kepala kamu apapun itu tanpa terkecuali. Bahkan jika ide yang terfikir ide gila sekalipun tidak masalah. Nantinya, kamu dapat memilah dari semua ide yang kamu temukan, ide mana yang akan kamu pilih untuk dikembangkan menjadi cerpen.

  • Menulis dengan Gaya Bahasa Sendiri

Tips yang ketiga yaitu menulis dengan gaya bahasa sendiri. Menulis dengan gaya bahasa sendiri adalah menulis dengan kemampuan yang kamu miliki sendiri. Kamu tidak perlu berusaha untuk menjadi orang lain dalam menghasilkan tulisan.

Kamu hanya perlu menulis sesuai dengan karakter dan kemampuan yang kamu miliki. Apabila saat ini kamu bisa menghasilkan beberapa dialog saj dalam cerpen tidak masalah.  Intinya menulis dengan gaya sendiri akan mempermudah kamu untuk mengetahui ciri khas kemampuan yang ada pada diri sendiri.

Menghasilkan tulisan dengan gaya sendiri akan lebih baik dibandingkan jika kamu meniru karakter dan ciri khas tulisan orang lain. Semakin banyak kamu berlatih menulis, makan semakin lama kualitas tulisan kamu akan berkembang dengan sendirinya. Prinsipnya hanya satu, ketika kamu mampu menulis sebuah cerpen, maka kamu akan merasa puas.

  • Menentukan Tema

Tema pada tulisan cerpen sangat dibutuhkan untuk menentukan ide pokok atau gagasan pokok pada sebuah cerpen. Penggunaan tema bisa mempermudah dalam membuat alur cerita. Jika diibaratkan dengan sebuah bangunan, tema sama halnya dengan pondasi bangunan. Begitu pula dalam membuat cerpen, tema dibutuhkan untuk menjadi dasar cerita yang kamu hasilkan. Tema dapat menjadi jembatan untuk menyampaikan pikiran utama pada cerita yang kamu buat.

  • Membuat Alur dan Plot

Tips selanjutnya dalam menulis cerpen yang mudah bagi pemula yaitu membuat alur dan plot. Alur dan plot perlu kamu pikirkan sebelum kamu melangkah jauh dalam menghasilkan

sebuah tulisan. Alur dan plot dalam cerita digunakan untuk menggerakkan cerita agar maksud dan tujuan dari pengaragng tersampaikan.

  • Menentukan Tokoh

Tips dalam membuat penokohan yang baik dalam cerpen yaitu menampilkan citra tokoh senyata mungkin. Citra yang dimaksudkan adalah watak dan karakter tokoh yang digunakan.

Semakin nyata watak, karakter ataupun sifat tokoh digambarkan, maka akan semakin mudah pembaca ikut larut dalam peran yang dimainkan tokoh.

Secara umum, sifat penokohan dibedakan menjadi dua yaitu sifat lahir dan sifat batin. Sifat lahir mencakup bentuk dan rupa tokoh, sedangkan sifat batin mencakup karakter dan watak tokoh.

  • Tentukan Latar atau Setting

Dalam membuat cerpen yang mudah bagi pemula juga harus menentukan latar atau setting peristiwa. Latar atau setting adalah segala sesuatu yang menunjukkan waktu, tempat dan suasana yang digunakan pada cerita.

Latar dan setting diperlukan untuk menunjang tema dan plot cerita. Tanpa penggunaan alur atau setting sulit bagi pengarang dapat menyampaikan plot secara gamblang kepada pembaca. Menghilangkan unsur latar atau setting juga akan membuat permasalahan dalam cerita sulit untuk dipecahkan.

  • Membuat Sudut Pandang

Tips yang terkahir adalah membuat sudut pandang. Sudut pandang digunakan sebagai cara pengarang untuk menampilkan penokohan dengan gaya yang diinginkan pengarang.

Lebih mudahnya sudut pandang adalah cara pengarang dalam penyebutan tokoh pada cerita. Kebanyakan pengarang menggunakan sudut pandnag orang pertama seperti penggunaan subjek “saya” “aku” untuk menyampaikan cerita.

Meski begitu, ada pula pengarang yang menggunakan sudut pandang orang ketiga dengan menyebut subjek “mereka” “dia” untuk menyampaikan cerita.

Demikianlah tips – tips menulis cerpen untuk pemula. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat bangun yang ingin mencoba menulis sebuah cerpen.