5 Universitas Favorit yang Ada di Kota Pematang Siantar

26-12-2022

Universitas Di Pematang Siantar tersedia dalam beberapa pilihan. Jarak Pematang Siantar dari Medan yaitu 128 kilometer. Sedangkan jaraknya dari Parapat mencapai 50 meter. Pematang Siantar adalah salah satu kota perlintasan wisata yang dapat kamu temukan di Sumatera Utara.

Sektor industri dan ekonomi berkembang pesat di Pematang Siantar. Hal ini juga tidak lepas dari peran berbagai perguruan tinggi yang ada di daerah tersebut. Itulah mengapa tersedia berbagai nama kampus di kota Pematang Siantar.

Universitas di Pematang Siantar

Dengan total 8 kecamatan, Pematang Siantar merupakan wilayah yang didominasi oleh keberadaan Suku Simalungun, Batak Toba, Jawa, Tionghoa, dan Batak Karo. Sebagian besar penduduk Pematang Siantar merupakan masyarakat Kristen Protestan. Hal tersebut juga menjadi alasan yang mempengaruhi ketersediaan perguruan tinggi di Pematang Siantar.

Walaupun demikian, terdapat berbagai akademi juga universitas umum yang menyediakan pilihan program studi bagi calon mahasiswa. Perkembangan pendidikan Pematang Siantar terus berkembang pesat, sehingga kamu bisa mempertimbangkan pilihannya sebagai berikut:

1. Universitas Simalungun (USI)

Perguruan tinggi swasta ini masuk dalam salah satu Universitas Di Pematang Siantar, tepatnya di Kecamatan Siantar Sitalasari. Lembaga perguruan tinggi tersebut berdiri tahun 1966, dengan kampus USI yang menyediakan lima fakultas: Fakultas Ekonomi, Hukum, Teknik, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

2. STT-HKBP Nomensen

Sekolah Tinggi Teologi HKBP adalah perguruan tinggi swasta milik Gereja Huria Kristen Batak Prostestan (HKBP), berbasis di Kecamatan Siantar Timur. Lembaga perguruan tinggi ini berdiri tahun 1978, yang membuat STT-HKBP secara administratif memisahkan diri dari Fakultas Teheologia Universsitas HKBP Nommensen.

STT-HKBP seluruhnya menyediakan Ilmu Teologi, termasuk pada jenjang pendidikan S1, S2, dan S3. STT-HKBP tujuannya adalah mencetak sarjana Teologi berkualitas dengan spiritualitas tangguh demi Kemuliaan Tuhan juga kesejahteraan umat. Itulah mengapa mahasiswa STT-HKBP mempunyai pemahaman Alkitab bermutu.

3. Perguruan Tinggi Advent Surya Nusantara

Pilihan berikutnya sebagai alternatif Universitas di Pematang Siantar, yaitu Institusi sekolah yang berada di bawah pengelolaan organisasi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Perguruan tinggi ini juga berdiri secara resmi pada tahun 1949 oleh Karl tambunan, lokasinya di Kecamatan Siantar Utara. Selain itu, PTASN merupakkan bagian dari Jaringan Sistem Pendidikan Advent di seluruh dunia.

Ada beberapa jurusan yang disediakan oleh PTASN yaitu Akademi Keperawatan Surya Nusantara pada jenjang pendidikan D3 jurusan Ilmu Keperawatan, STIE Surya Nusantara jenjang pendidikan S1 Fakultas Akuntansi dan Manajemen, juga Sekolah Tinggi Filsafaat Teologi jenjang pendidikan S1 Ilmu Teologi dan Guru Agama.

4. STIE Sultan Agung

STIE merupakan alternatif Universitas yang berada di Kecamatan Siantar Barat. Berdiri tahun 2000, lembaga perguruan tinggi ini menyediakan empat program studi. Kamu bisa memilih jurusan Manajemen dan jurusan Akuntansi pada jenjang pendidikan S1. Ada juga jurusan Akuntansi jenjang pendidikan D3 bersamma dengan jurusan Manajemen Pemasaran. Seluruh program studi tersebut telah terakreditasi oleh BAN-PT.

5. STIKOM Tunas Bangsa

Sekolah Tinggi Ilmu Komputer atau STIKOM Tunas Bangsa berada di Kecamatan Siantar Barat dan didirikan melalui Yayasan Muhammad Natsir. Lembaga perguruan tinggi tersebut tersedia untuk menyediakan kebutuhan tenaga kerja pada Pematang Siantar. Sehingga, bisa menjadi pusat industri juga pusat perdagangan, bahkan untuk sektor agrobisnis.

Tersedia dua program studi unggulan di STIKOM Tunas Bangsa yaitu jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatik. Pada jurusan tersebut, kamu bisa meningkatkan wawasan terkait bidang IT.

Itulah informasi lengkap tentang perkuliahan di Universitas di Pematang Siantar. Kamu bisa menggunakan informasi di atas sebagai sumber referensi untuk kebutuhan rencana kuliah.