10 Wisata di Malaysia ( Foto : RDS)

Liburan merupakan momen penting dalam kehidupan manusia. Setelah melewati berbagai aktivitas dan rutinitas sehari-hari, liburan memberikan kesempatan bagi seseorang untuk beristirahat, melepaskan stres, dan menyegarkan pikiran serta tubuh.

Liburan ke negara Malaysia dapat menjadi pilihan yang baik. Malaysia dan Indonesia memiliki kemiripan dari segi makanan, kebudayaan, dan tempat wisatanya.

Hal ini yang membuat masyarakat Indonesia datang ke Malaysia untuk melepaskan penat atau berlibur bersama keluarga. Malaysia memiliki tempat wisata menarik yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga tercinta.

Lantas, apa sajakah destinasi wisata di Malaysia yang dapat kamu kunjungi? Berikut ulasannya.

Tempat Wisata di Malaysia

1. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas (Foto: Instagram/Albertorguezrguez)

Tempat wisata pertama di Malaysia ini adalah Menara Kembar Petronas, yang merupakan ikonik Malaysia dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Menara Kembar Petronas merupakan objek wisata di Malaysia Kuala Lumpur yang juga pernah menjadi menara tertinggi di dunia dari tahun 1998 hingga 2004. Saat ini, gelar tersebut telah beralih ke Burj Khalifa di Dubai.

Menara Kembar Petronas terhubung oleh dua jembatan yang berada di lantai 41 dan 42. Jembatan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang dan mengambil foto di menara ikonik Malaysia ini.

Pengunjung juga dapat mengunjungi Menara Kembar Petronas pada malam hari untuk menikmati pemandangan negara Malaysia yang memukau dari ketinggian lantai 88. Harga tiket masuk untuk dewasa adalah RM80 dan RM33 untuk anak-anak (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

2. Batu Caves

Batu Caves(Foto: Instagram/Zdenek-janosik)

Batu Caves atau gua batu kapur ini terdiri dari tiga gua utama dan beberapa gua kecil lainnya. Tempat wisata ini berlokasi di kawasan Selangor, dan memiliki patung Dewa Murugan setinggi 42,7 meter yang dilapisi emas. Untuk mencapai Batu Caves, pengunjung harus menaiki 272 anak tangga yang cukup curam, namun tetap ramai didatangi wisatawan yang ingin berfoto.

Selama perjalanan menaiki anak tangga, pengunjung akan sering melihat sekawanan monyet liar. Setiap tahun, Batu Caves juga menjadi tempat pelaksanaan Festival Thaipusam, yang merupakan bagian dari budaya Hindu yang dipraktikkan di Malaysia selain perayaan Deepavali.

Batu Caves terletak sekitar 13 km dari Kuala Lumpur. Pengunjung dapat mencapainya menggunakan kereta, bus, atau taksi. Tempat wisata ini buka dari jam 07.00 hingga 21.00.

3. Genting Highlands

Genting Highlands(Foto: Unplash/Aaron Lee)

Tempat wisata di Malaysia ini tersedia berbagai macam ragam wisata yang menarik. Mulai dari penginapan, restoran lokal dan internasional, kasino, taman bermain, wisata alam, hingga wisata edukatif.

Tempat wisata di genting highland Malaysia ini berlokasi sekitar 51 km dari pusat Kuala Lumpur, dan pengunjung dapat mencapainya menggunakan transportasi Express Bus atau menyewa kendaraan. Genting Highlands juga dikenal sebagai kota hiburan atau "The City of Entertainment" Malaysia.

4. Langkawi Cable Car

Langkawi Cable Care (Foto: Instagram/Gregjpeam

Tempat wisata ini menyediakan kereta gantung untuk mencapai puncak gunung tertinggi kedua di Langkawi, dengan ketinggian 709 meter di atas permukaan laut.

Ketika cuaca cerah, pengunjung yang naik wahana ini dapat menikmati pemandangan Indonesia di arah barat daya, serta Thailand di arah utara. Perjalanan dengan kereta gantung ini mencakup jarak sepanjang 2,2 km dan berlangsung selama sekitar 20 menit.

Namun, perlu diketahui bahwa jam operasional tempat wisata ini dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi cuaca di hari tersebut, mengingat kereta gantung akan bergerak menuju ketinggian gunung.

5. Legoland Malaysia

Legoland (Foto: Instagram/Erintaulany)

Tempat wisata di Malaysia ini merupakan destinasi yang sangat cocok untuk anak-anak. Legoland adalah taman bermain yang paling populer di Malaysia, terdiri dari dua wahana utama, yaitu Legoland Theme Park dan Legoland Water Park.

Tiket masuk ke Legoland Malaysia dijual seharga RM289 untuk dewasa dan RM240 untuk anak-anak untuk durasi dua hari. Namun, jika pengunjung hanya ingin mengunjungi selama satu hari, tiketnya dihargai sebesar RM239 untuk dewasa dan RM290 untuk anak-anak.

Salah satu daya tarik utama Legoland Malaysia adalah desainnya yang menyerupai tumpukan blok Lego secara nyata. Tempat wisata ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore. Untuk mencapai Legoland Malaysia, pengunjung dapat menggunakan bus dari Bandara Senai atau Changi Singapura, atau menyewa kendaraan dengan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Kuala Lumpur.

6. Kuil Kek Lok Si

Tempat wisata di Malaysia ini juga dikenal dengan nama Kuil Kebahagiaan Agung atau Temple of Supreme Bliss. Daya tarik utama dari kuil ini adalah bangunan pagoda 7 lantai yang dijuluki sebagai kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara.

Di dalam kuil, terdapat sekitar 10.000 patung Buddha yang terbuat dari pualam dan perunggu, serta sebuah patung Dewi Kwan Im berbahan perunggu dengan tinggi mencapai 30,2 meter.

7. Gunung Mulu National Park

Gunung Mulu National Park merupakan tempat wisata di Malaysia yang memiliki dua gua terpanjang di dunia. Gua pertama bernama Deer Cave, yang memiliki sarang kelelawar menggantung sepanjang 2 km di langit-langit gua. Sementara itu, gua kedua disebut Cave of The Winds, yang menampilkan keindahan stalaktit dan stalakmit di langit-langitnya.

Pengunjung juga memiliki opsi untuk menyewa perahu mesin di sungai yang berada di antara kedua gua tersebut. Gunung Mulu National Park buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

8. Pulau Redang

Bagi para pecinta menyelam, tempat wisata di Malaysia ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pulau Redang menawarkan banyak spot menarik untuk diselami, dengan keindahan air laut yang sangat jernih dan keberagaman biota laut yang menakjubkan.

Pulau Redang juga menyediakan berbagai pilihan penginapan yang hampir semuanya dilengkapi dengan fasilitas snorkeling dan diving. Pengunjung bahkan dapat menyewa kamera bawah air untuk mengabadikan momen menyelam yang seru.

9. The Habitat Penang Hill

The Habitat Penang Hill merupakan salah satu tempat wisata di Malaysia yang menghadirkan pengalaman memperkenalkan alam dan hutan dengan cara yang menarik. Tempat ini terkenal sebagai destinasi wisata edukatif di mana pengunjung dapat menikmati keindahan hutan dan berbagai jenis flora yang ada di dalamnya, sambil menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Di The Habitat Penang Hill, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menaiki wahana The Canopy Walk dan berjalan di atas ketinggian, melintasi hutan yang berada di bawahnya. Harga tiket masuk berkisar antara RM30 hingga RM50, dan tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 9 pagi hingga 7 malam.

10. Pulau Lankayan

Pulau Lankayan adalah salah satu pulau indah di Malaysia yang sangat disarankan untuk dikunjungi. Banyak wisatawan mengungkapkan bahwa pesona pulau ini menyerupai Maldives.

Keindahan pulau Lankayan semakin menarik dengan gugusan karang yang teratur. Meskipun pulau ini dulunya merupakan penghasil minyak di kawasan Sabah, keindahan alamnya menarik banyak orang untuk datang berkunjung. Terdapat banyak penginapan dengan harga terjangkau yang tersedia untuk para wisatawan yang ingin menginap. Di sini, kita dapat menikmati keindahan pulau sambil bersantai di tepi pantai.

Itulah 10 tempat wisata di Malaysia yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke negara tersebut. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya.


Tag :