Yuk Intip Apa Saja yang Dipelajari pada Program Studi Ilmu Perpustakaan

19-10-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Ilmu Perpustakaan kok dipelajari? Iya dong, sangat penting mempelajari Ilmu Perpustakaan ya teman-teman.

Apa sih Ilmu perpustakaan itu? Ilmu Perpustakaan adalah suatu ilmu yang mengajarkan pengelolaan buku dan informasi lainnya, terutama melalui pengumpulan, pelestarian, dan organisasi buku dan bahan lain yang ditemukan di perpustakaan.

Selain itu, disini kalian juga akan mempelajari cara mengatasi masalah ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan mengolahnya kedalam bentuk cetak maupun digital seperti arsip dan record.

Magister Ilmu Perpustakaan umumnya merupakan persyaratan bagi mereka yang menginginkan pekerjaan sebagai pustakawan profesional. Gelar ini biasa disebut sebagai Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Dalam mempelajari Ilmu Perpustakaan mempunyai dasar ilmu pada bidang informasi teknologi. Daya Analisa teman-teman akan diasah pada program studi Ilmu Perpustakaan, karena program studi ini akan mengajari kalian mengenai etika keperpustakaan dengan maksud menjadikan pustakawan yang kompeten dan membekali diri dengan ketrampilan mengorganisasi sumber-sumber informasi, mengelola informasi, dan melakukan pelayanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi secara prima.

Keahlian yang akan didapatkan saat dan setelah kalian belajar pada program studi ilmu perpustakaan ini meliputi: kemampuan pengelolaan data, kemampuan teliti, detail, dan tekun, kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi, kemampuan bekerja secara individu maupun tim, dan kemampuan problem solving.

Seorang pustakawan memiliki peran penting dalam pendidikan di sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat lokal. Mereka mengelola materi yang mencakup buku, majalah, DVD, CD, dan sumber daya komputer. Siswa belajar bagaimana merawat sumber daya. Mereka harus mahir melayani siswa dan masyarakat dengan membantu mereka mengakses dan menggunakan sumber daya dengan cara yang praktis dan kreatif.

Bukan hanya menjadi seorang pustakawan ya teman-teman untuk prospek lulusan kerja pada program studi Ilmu Perpustakaan; instansi pemerintahan maupun swasta juga membutuhkan seorang sekretaris yang tidak menutup kemungkinan dari lulusan Ilmu Pespustakaan.

Keahlian membuat surat perintah, menata dokumen dll tentu sangat dibutuhkan banyak perusahaan; Menjadi seorang arsiparis juga salah satu prospek lulusan Ilmu Perpustakaan, kemahiran pengelolaan data atau arsip dengan baik dibutuhkan dalam bidang administrasi dan kearsipan; Sekretaris Redaksi Penerbitan, yang mengelola surat masuk, mengurus invoice royalty penulis dan lain-lain; Selain itu lulusan Ilmu Perpustakaan juga mampu bekerja di Lembaga manajemen record, dan Lembaga dokumentasi yang memerlukan keahlian bidang kepustakaan, kearsipan, dan pengelolaan informasi.

Lalu, dari serangkaian pengertian Ilmu perpustakaan dan prospek kerjanya yang sudah tersebutkan diatas apa si yang terlintas dalam pikiran kalian? Mata Kuliah? Iya, mari kita simak apa saja mata Kuliah dalam program studi Ilmu Perpustakaan ini:

•     Sistem informasi

•     Database

•     Multimedia

•     Rekod dan arsip elektronik

•     Aplikasi teknologi pengelolaan informasi

•     Manajemen koleksi

•     Klasifikasi

•     Kosa Kata indeks

•     Pangkalan data untuk lembaga informasi

•     Rekod dan arsip elektronik

•     Manajemen perpustakaan

•     Jaringan lembaga informasi

•     Dll.

Nah, itulah beberapa deretan mata Kuliah yang akan dipelajari Ketika kalian memasuki program studi Ilmu Perpustakaan.