Yuk Intip Peluang Pekerjaan Lulusan Broadcasting

04-12-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Jika membahas prospek kerja untuk lulusan broadcasting pasti yang ada dipikiran kamu bekerja TV, bukan begitu? Ya, memang jurusan ini biasanya bekerja di TV. Namun, bukan hanya di TV saja ya. Masih banyak macam profesi yang bisa ditekuni dan bisa jadi pilihan untuk lulusan penyiaran.

Lantas, apa saja sih prospek kerja lulusan broadcasting yang menjanjikan? Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut!

Apa Itu Jurusan Broadcasting?

Sebelum kita masuk ke prospek pekerjaan, ada baiknya kita mengulas sedikit mengenai jurusan broadcasting. Jurusan Broadcasting merupakan salah satu pilihan peminatan dalam jurusan ilmu komunikasi.

Dalam ilmu broadcasting sebenarnya yang paling dominan dikaji adalah bagaimana membuat konten sebuah siaran mulai dari praproduksi-produksi-pascaproduksi, jadi bukan hanya belajar secara teori saja tetapi praktek bagaimana membuat sebuah tayangan atau konten yang menarik dan enak untuk dilihat atau didengar.

Broadcasting dibedakan menjadi 2 jenis, yakni:

Broadcasting Radio atau Kepenyiaran Radio di frekuensi AM, FM, sistem Digital, sistem satelite, maupun online di internet

Broadcasting Televisi atau Kepenyiaran Televisi di frekuensi VHF, UHF, sistem Digital, sistem satelite, maupun online di internet.

Prospek Kerja Lulusan Broadcasting

1. Editor

Prospek kerja yang pertama adalah editor. Profesi ini menjadi salah satu yang difavoritkan oleh lulusan broadcasting. Tidak sedikit orang yang ingin menjadi editor dan memutuskan untuk masuk ke jurusan ini.

Dalam dunia penyiaran di TV, radio, maupun di production house, pasti membutuhkan editor. Apalagi saat ini, media video sudah banyak dipakai untuk menyampaikan informasi.

Bukan hanya di TV, kini media video juga bisa disiarkan di Youtube atau media sosial lainnya. Dengan perkembangan tersebut, dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam hal pengeditan video atau audio.

2. Penyiar Radio

Prospek kerja kedua adalah penyiar radio. Dalam dunia penyiaran, bukan hanya diutamakan keahlian untuk mengedit, menulis, atau mengoperasikan alat. Kamu yang tertarik berkarier di dunia radio dan ingin menjadi penyiar, bisa mengambil jurusan ini.

3. Sutradara

Prospek kerja ketiga adalah sutradara. Bekerja di bidang kreatif, pastinya menuntutmu untuk memiliki pemikiran yang luas dan out of the box. Ini agar kamu bisa menciptakan karya-karya yang berbeda dari yang lain. Sutradara sendiri sangat dibutuhkan dalam dunia perfilman maupun di bidang kreatif lainnya.

Seorang sutradara harus mempunyai kemampuan untuk mengarahkan orang-orang yang bekerjasama dengannya, agar tercipta hasil karya yang sempurna. Selain itu, sutradara harus mengerti tentang naskah yang ada agar bisa terealisasikan dengan baik.

4. Reporter

Prospek kerja keempat adalah reporter. Reporter adalah salah satu profesi yang banyak diimpikan oleh lulusan penyiaran. Tidak jarang ditemukan, orang-orang jurusan ini ingin memiliki karier menjadi reporter.

Jika ingin menjadi seorang reporter kamu harus memiliki kemampuan berbicara yang baik dan sikap percaya diri. Kemampuan itu dibutuhkan oleh seorang reporter ketika melaporkan suatu peristiwa langsung dari tempat kejadian.

5. Penulis naskah

Prospek kerja terakhir adalah penulis naskah. Gak cuma kemampuan bicara saja yang diutamakan, kemampuan dalam menulis juga sangat penting. Salah satu prospek kariernya bisa menjadi penulis naskah di TV, radio, maupun di production house. Cocok banget loh buatmu yang punya kemampuan menulis.

Nah sahabat Bangun Pendidikan, itulah seputar informasi mengenai peluang kerja lulusan Broadcasting.